Stop! Kesalahan Biker Saat Musim Hujan

Kesalahan Biker Saat Musim Hujan – Pada awal tahun 2015 ini, tepatnya bulan Januari saat ini intensitas hujan masih terjadi cukup tinggi pada beberapa wilayah di Indonesia. Meskipun hujan mengguyur dengan tidak terlalu sering seperti akhir tahun 2014 lalu. Namun sekalinya hujan mengguyur, butiran air yang berjatuhan dari langit terjadi cukup deras. Sehingga dengan kondisi ini harus diwaspadai oleh siapapun. Tak terkecuali untuk pengguna jalan yakni biker yang merupakan pengendara kendaraan roda dua atau motor. Kerap kali beberapa biker di Indonesia salah kaprah dalam menghadapi kondisi hujan. Apa sajakah kesalahan biker tersebut? Simak informasi selengkapnya yang Mas Sena rangkum dibawah ini ya bro dan sis.

Kesalahan Biker Saat Musim Hujan

Pertama adalah berteguh di bawah fasilitas umum baik itu jembatan layang atau sejenisnya. Dengan memanfaatkan fasilitas umum untuk berteduh ini sebenarnya sangat dilarang karena makin banyaknya biker yang berteduh di tempat tersebut maka akan menimbulkan macet yang cukup panjang dan juga menimbulkan resiko terjadinya kecelakaan karena banyaknya sepeda motor yang diparkir dipinggir jalan.

Kedua memilih mantel yang kurang tepat, biasanya terjadi pada beberapa biker yang memilih mantel dengan warna gelap. Karena pilihan warna ini sebenarnya dapat menimbulkan kecelakaan karena tidak terlihat dengan jelas oleh pengendara lain. Selain itu beberapa biker di Indonesia juga masih memilih mantel berbentuk jubah. Padahal pilihan mantel berbentuk jubah ini dapat menimbulkan resiko kecelakaan karena sangat rawan tersangkut pada roda maupun rantai. Sebaiknya pilihlah mantel yang mampu memantulkan cahaya dan memiliki bentuk pakaian yang terdiri dari baju dan celana.

Ketiga sering kali biker tidak menyiapkan sepatu khusus hujan dan hanya menggunakan sandal atau bahkan tidak menggunakan alas kaki. Padahal dengan hal tersebut dapat menimbulkan perlindungan kaki yang tidak maksimal jika terjadi resiko yang tidak diinginkan.

Keempat mengganti warna lampu, baik itu depan maupun belakang dengan warna lampu putih kebiru-biruan. Dengan penggantian lampu ini maka cahaya kurang ampuh untuk menembus kegelapan saat hujan lebat dibandingkan lampu warna kekuningan biasanya. Bahkan dengan lampu putih yang terang juga dapat mengganggu pengendara lain yang dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Kelima yakni mengurangi tekanan ban. Anggapan mengenai mengurangi tekanan ban agar mendapatkan traksi yang lebih baik saat hujan ternyata sangat salah karena dengan kekurangan tekanan ini maka pola dari aliran pemecah air di bagian ban tidak dapat berfungsi dengan baik.

Dengan kesalahan tersebut maka sebaiknya biker menyiapkan perlengkapan tepat yang memadai ketika hujan, memantau kondisi kendaraan dalam keadaan yang baik dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas agar selamat sampai tujuan. Baca juga Mengemudi yang Baik Saat Hujan dan Penjualan Yamaha Mio M3 Melejit.

Top