Harga Honda Cross Cub 110, Review, Spesifikasi & Gambar Mei 2019

Harga Honda Cross Cub 110 dan Spesifikasi – Kabar menarik datang dari pabrikan Honda Jepang yang mana belum lama ini dikabarkan telah merilis motor baru bernama Honda Cross Cub 110 dan Cross Cub 50. Kedua motor tersebut sebenarnya sudah resmi dirilis pada Tokyo Motor Show (TMS) yang diselenggarakan pada tahun 2017 lalu bersamaan dengan perkenalan All New Super Cub. Namun, pada pertemuan kali ini, Mas Sena tak akan mengulas review keduanya melainkan lebih fokus untuk menilik spesifikasi dan harga dari Honda Cross Cub 110. Dimana, motor yang satu ini dianggap sebagai kendaraan “kelas pekerja” dari jajaran All New Super Cub. Hanya saja, kali ini kendaraan jadul ini hadir dengan tampang yang terkesan lebih modern. Sehingga kesan unik dari motor ini kian terpancar. Akan tetapi di sisi lain, walaupun sudah resmi diperkenalkan namun belum ada kabar yang jelas apakah Honda Cross Cub 110 ini akan masuk ke ranah pasar otomotif di Indonesia atau tidak.

Honda Cross Cub 110

Di samping itu, apabila kita menilik dari segi spesifikasi yang dibawa Honda Cross Cub 110, tampaknya tak memiliki banyak perbedaan dengan All New Super Cub. Namun, hanya saja ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar, terutama di sisi eksteriornya. Dimana kali ini Honda Cross Cub 110 akan hadir dengan membawa headlamp unik telanjang berpadu dengan lamp guard. Sedangkan, fender depan seperti motor laki menempel ban, serta tambahan rak belakang. Tak hanya itu, Honda Cross Cub 110 ini pun juga akan dibekali mesin cukup handal, yang mana bakal dipersenjatai dengan mesin satu silinder berpendingin udara 110 cc. Meski kapasitas mesinnya kecil namun Honda Cross Cub 110 ini sanggup mencapai power maksimal yang cukup handal dikelasnya. Bahkan, mesinnya sendiri sudah dikalibrasi ulang untuk mengurangi getaran, termasuk perbaikan konsumsi bahan bakar. Nah, untuk mengenal lebih jauh, yuk kita simak bersama ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Honda Cross Cub 110 pada segmen-segmen di bawah ini.

Motor Honda Cross Cub 110

Review Honda Cross Cub 110

Eksterior

Desain Ala Super Cub Series dengan Balutan Konsep yang Lebih Modern

Sebagai salah satu motor yang hadir di era modern seperti sekarang, tentu saja sektor eksterior pada spesifikasi Honda Cross Cub 110 pun memiliki tampilan yang menyesuaikan dengan zamannya. Dimana, dalam hal ini pihak pabrikan tetap mempertahankan gaya klasik judulnya namun dikemas atau dipadukan dengan konsep desain yang lebih futuristik. Hal itu pun tampak jelas dari setiap sektor pada bodi fisiknya. Lihat saja pada bagian depan, telah terpasang lampu LED berbentuk bundaran yang dilengkapi Headlight Guard. Inilah yang membuat desain Honda Cross Cub 110 terlihat unik dan berbeda dari motor bebek lainnya. Sedangkan di sisi lain, pada bagian sampingnya sendiri tak banyak mengalami perbedaan. Menariknya, kuda besi ini mendapatkan penutup knalpot krom bergaya scrambler yang makin mempertegas tampilan motor ini. Sementara itu untuk bagian joknya sendiri mengusung tipe jok single. Di sisi lain, jok belakang pun dibuat seperti keranjang atau rak kecil datar yang akan membuatnya sesuai sebagai tempat membawa barang, sehingga motor ini cocok dibawa saat berbelanja. Sementara itu menginjak pada sektor belakang, stop lamp dibuat seperti pada model dulu dengan bentuk klasik yang membuat sektor eksterior pada spesifikasi Honda Cross Cub 110 ini semakin terkesan unik dan menarik.

Spesifikasi Honda Cross Cub 110

Interior

Speedometer Usung Panel Analog Bergaya Klasik yang Informatif

Nah, menginjak pada segmen selanjutnya, kini waktunya bagi Mas Sena untuk mengulas sektor speedometer yang diusung spesifikasi Honda Cross Cub 110. Sebagaimana dengan konsep desain yang dibawanya, pada bagian instrumen indikatornya pun juga mengikuti alur gaya desain bodi fisiknya. Bukan tak ada sebab mengingat kali ini motor klasik buatan pabrik berlogo kepakan sayap tersebut akan mengusung speedometer unik bergaya klasik dengan panel analog. Dimana, panel ini akan memberikan tampilan informasi singkat namun jelas. Seperti kecepatan Km/jam, indikator bahan bakar, jarak tempuh, indikator lampu sein, lampu jarak jauh, dan lampu netral. Meski terbilang minim panel namun Mas Sena berpendapat bahwa sektor panel indikator atau speedometer yang dibawa spesifikasi Honda Cross Cub 110 ini terbilang sudah cukup informatif dengan pembawaan yang simple.

Spesifikasi Motor Honda Cross Cub 110

Dimensi

Struktur Bodi Simple dan Minimalis dengan Dimensi yang ideal

Tak lupa juga bahwa kali ini kita juga akan turut mengulas sektor dimensi pada spesifikasi Honda Cross Cub 110. Pasalnya, sektor dimensi di sini memang memiliki peranan yang sangat penting sebagai bagian dalam pembentuk kesan desain bodinya. Dimana, kali ini pihak pabrikan telah merancang model ini dengan rangka tipe Backbone dan memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1935 mm, lebarnya 795 mm, tinggi 1090 mm dengan jarak sumbu roda 1230 mm dan memiliki bobot 106 Kg. Tentu saja, dengan struktur yang begitu pas dan ideal tersebut maka tak heran jika Honda Cross Cub 110 ini bakal sangat mudah dikendarai oleh siapa saja. Apalagi, dengan ukuran ketinggian tempat duduknya yang mencapai 784 mm, dipastikan bakal membuat para pengendara menjadi lebih mudah dalam mengendalikan atau menjaga keseimbangan motor ini ketika berhenti di lampu merah. Tak hanya itu saja, kenyamanan dalam berkendara pun juga akan kian terasa mengingat Honda Cross Cub 110 ini dibuat dengan ukuran ground clearance 157 mm. Sehingga pengendara tetap merasa nyaman ketika melalui jalanan yang penuh bebatuan mengingat bagian bawah motor tak akan mudah tergesek. Dengan begitu maka tak heran jika struktur dimensi pada spesifikasi Honda Cross Cub 110 ini menjadi salah satu bagian yang membuat motor ini cocok dikendarai di berbagai medan.

Review Honda Cross Cub 110

Suspensi

Kaki-Kaki Kuat dan Handal Berkat Suspensi Tangguh dengan Pengereman Mumpuni

Sedikit berkaitan dengan dimensi rangka, Mas Sena juga akan mengulas sektor kaki-kaki yang diusung spesifikasi Honda Cross Cub 110. Memang, jika kita melihat dimensinya sendiri, motor ini terbilang cukup ramping dan minimalis. Namun, meskipun demikian pihak pabrikan tetap akan melengkapinya dengan struktur kaki-kaki yang kokoh dan kuat. Dimana, kali ini Honda Cross Cub 110 akan dibekali dengan suspensi Telescopic (depan) dan Swing Arm (belakang) yang akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan terasa empuk meski melewati jalan yang tak rata. Tak hanya itu saja, bahkan pada bagian rodanya sendiri, Honda Cross Cub 110 ini akan mengandalkan velg berdiameter 17 inci dan akan dibalut ban berukuran 80 / 90-17 M / C 44 P, baik pada bagian depan maupun belakang. Sedangkan untuk memberikan kemudahan dalam mengendalikan laju motor ini maka Honda telah melengkapinya dengan rem Tromol di bagian depan dan belakang. Tentu saja, bisa dikatakan bahwa sektor kaki-kaki yang diusung spesifikasi Honda Cross Cub 110 ini bisa dibilang sudah cukup memenuhi syarat keamanan dan kenyamanan berkendara.

Harga Motor Honda Cross Cub 110

Mesin

Dibekali Mesin OHC Berkapasitas 110 cc Berikan Power yang Cukup Handal di Kelasnya

Menginjak pada sesi berikutnya, Mas Sena akan menilik sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda Cross Cub 110. Jika kita mencoba mengulas dan meneliti secara rinci bagian permesinannya ini, tentu saja tampak jelas bahwa pihak Honda ingin membekali motor ini dengan mesin yang sepadan. Bukan tanpa alasan mengingat berdasarkan informasi yang beredar, Honda Cross Cub 110 ini akan dibekali mesin tipe OHC Silinder Tunggal 4 langkah dengan kapasitas 109 cc. Mesin yang diusung motor jadul ini pun juga akan dikawinkan dengan sistem transmisi 4 percepatan manual yang membuatnya sanggup memberikan power maksimal hingga 7.8 bhp (8 PS)@ 7500 rpm dan torsi puncak hingga 8.5 Nm @ 5500 rpm. Tentu saja, melihat keluaran tenaga dan torsi puncak tersebut bisa dikatakan bahwa motor ini cukup bertenaga. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan Honda Cross Cub 110 ini pun juga akan mengandalkan sistem suplai bahan bakar Electronically controlled fuel injection device (PGM-FI) milik Honda yang membuatnya menjadi lebih irit bahan bakar. Bahkan, memiliki tingkat kompresi perbandingan 9.0:1. Dengan begitu tak heran jika sektor mesin berpendingin cair yang dibawa spesifikasi Honda Cross Cub 110 ini menjadi salah satu bagian yang ditonjolkan untuk menarik minta konsumen.

Fitur

Fitur-Fitur Handal nan Canggih dengan Mengedepankan Fungsionalitas Tinggi

Melangkah pada sesi terakhir dari pembahasan mengenai spesifikasi Honda Cross Cub 110, kini Mas Sena akan mengulas fitur apa saja yang disematkan. Bukan tanpa sebab mengingat motor klasik bergaya modern ini tetap akan memiliki sejumlah fitur unggulan yang meski terbilang cukup sederhana dan tak secanggih motor modern masa kini. Dari segi keselamatan, Honda Cross Cub 110 akan dipersenjatai dengan fitur rem Tromol yang tersematkan di bagian depan dan belakang sehingga cukup untuk mengendalikan laju kecepatan motor secara maksimal. Selain itu, speedometer dengan panel analog yang diusung Honda Cross Cub 110 pun juga akan menjadi salah satu fitur yang cukup menunjang si pengendara untuk mengetahui informasi terkait kondisi motor yang tengah dikendarai secara lebih informatif. Bahkan, di sisi lain penggunaan lampu utama LED dan rak kecil pada jok bagian belakang pun semakin memperkuat kesan bahwa motor ini memiliki tingkat fungsional yang cukup tinggi dan futuristik. Nah, dari semua hal yang telah diungkapkan terkait dengan spesifikasi Honda Cross Cub 110 tersebut, apakah teman-teman sudah meraba-raba harganya.

Spesifikasi Honda Cross Cub 110

Mesin
Type Mesin OHC Silinder Tunggal 4
Kapasitas 109 cc
Tenaga Maksimal 7.8 bhp (8 PS)@ 7500 rpm
Torsi Maksimal 8.5 Nm @ 5500 rpm
Diameter x Langkah 50mm x 55.6mm
Rasio Kompresi 9.0:1
Transmisi 4-Speed
Sistem Injeksi Electronically controlled fuel injection device (PGM-FI)
Sistem Pengapian Full transistor type battery ignition
Dimensi
Panjang 1,945 mm
Lebar 815 mm
Tinggi 1,150 mm
Jarak Sumbu Roda 1,225 mm
Jarak Terendah 155 mm
Berat 105 kg
Kapasitas Tangki 4,3 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan Telescopic type
Suspensi Belakang Swing arm type
Rem Depan Front Brake
Rem Belakang
Ban Depan 2.75-17 41P
Ban Belakang 2.75-17 41P

Harga Honda Cross Cub 110

Setelah kita mengulas soal spesifikasinya, kini Mas Sena bakal mengulas informasi harga Honda Cross Cub 110. Jika kita melihat keunggulan yang ditawarkannya, tentu saja satu hal yang pasti bahwa motor ini memiliki kelebihan unik yang berbeda dari model kendaraan roda dua lainnya. Dari segi desain saja sudah tampak begitu berbeda dengan membawa kombinasi gaya klasik-modern. Sementara itu, mesinnya sendiri juga terbilang cukup handal dengan bekalan kapasitas 110 cc OHC dan sudah berteknologi FI untuk menunjang performanya lebih efisien. Nah, melihat akan keunggulan yang ditawarkannya tersebut, kira-kira berapa ya harga Honda Cross Cub 110 ini.

Harga Honda Cross Cub 110

Harga Honda Cross Cub 110 Terbaru

Memang, apabila kita menilik harga Honda Cross Cub 110, tentu menjadi sebuah topik yang membuat kawan-kawan penasaran. Oke, untuk mengobati rasa penasaran maka kali ini Mas Sena akan menyebutkan berapa nominal harga Honda Cross Cub 110 ini. Nah, berdasarkan atas beberapa informasi yang didapatkan, motor klasik-modern buatan Honda ini diketahui akan dibadnerol 275.400 Yen. Yang mana, apabila kita rupiahkan akan setara dengan Rp 36 jutaan. Harga yang menurut Mas Sena cukup mahal untuk sekelas motor 110 cc mengingat di Indonesia, harga Honda Cross Cub 110 tersebut sudah bisa mendapatkan CBR150.

Harga Yamaha SR400
Rp. 36.000.000,-

Catatan : 

  • Harga motor Honda Cross Cub 110 diatas merupakan kisaran harga di Negara Jepang
  • Harga yang dipasarkan di Indonesia kemungkinan akan berbeda dengan di Negara Jepang

Namun, perlu untuk teman-teman ketahui juga bahwa harga Honda Cross Cub 110 di atas adalan harga untuk negara Jepang. Sehingga, tak heran jika nantinya masuk ke pasar Tanah Air mengalami perbedaan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pajak atau bea cukai. Selain itu, untuk saat ini pun belum ada informasi yang cukup jelas kapan motor jadul buatan Honda ini masuk ke ranah pasar Tanah Air. Kita tunggu saja kabar selanjutnya. Sekian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda Cross Cub 110. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat buat kawan-kawan semua.

Top