Toyota Pastikan Pajak Sedan Akan Turun

Pajak Mobil Sedan Toyota Bakal Turun – Belum lama ini tersiar kabar bahwa Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan khusus terkait dengan revisi pajak sedan akan segera diselesaikan pada kuartal pertama 2018. Apabila tarif Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) diturunkan dan setara dengan mobil model lain, maka secara otomatis harga jualnya pun bisa lebih terjangkau.

Pajak Mobil Sedan Toyota Bakal Turun

Bukan tanpa alasan mengingat biaya pajak sedan untuk sekarang ini dinilai sangat tinggi. Dimana, untuk model sedan mini (1.500 cc ke bawah) dikenakan 30 persen sedangkan di sisi lain, untuk kelas sedan kecil (di atas 1.500 cc) 40 persen.

Melihat kenyataan tersebut maka dalam hal ini Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto pun angkat bicara. Dimana, ketika dimintai pendapat soal hal tersebut, pihaknya mengatakan bahwa penurunan pajak sedan akan memberikan dampak positif bagi industri otomotif nasional.

“Harganya menjadi turun, ada kemungkinan pasar sedan menjadi bergairah,” ucap pria yang akrab disapa Soerjo pada Rabu (14/2/2018) malam.

Di sisi lain, ternyata bukan hanya domestik saja. Pasalnya, menurut Soerjo sendiri bahwa pihaknya juga memprediksi akan mendorong produsen termasuk Toyota untuk melakukan ekspor sedan ke beberapa negara. Hal itu juga tak berbeda jauh sebagaimana dengan yang diungkapkan Airlangga. Pasalnya, menurut dia potensi ekspor sedan akan menjadi terbuka, terutama ke Australia, karena pabrik di negara itu banyak yang tutup.

Dengan demikian maka bukan hal yang mustahil jika nantinya pasar mobil sedan di Tanah Air pun mengalami peningkatan penjualan. Bahkan, dengan penurunan biaya pajak ini, tentu saja sangat dimungkinkan bahwa Toyota Indonesia bisa mengeskpor produk sedan buatannya ke pasar global. Dengan begitu maka suatu hal yang positif dan tentu akan disambut baik oleh masyarakat luas.

Selain itu, sebagai tambahan informasi saja bahwa sedan yang sekarang ini dijual TAM di Indonesia, yaitu Vios, Corolla Altis, Camry, hingga FT 86 yang merupakan sedan yang menyasar di kelas sport.

Top