LCGC Daihatsu Lokal Kini Diekspor Secara Global

Daihatsu Berhasil Ekspor LCGC Buatannya – Sepatutnya sebuah kebanggan jika produsen otomotif lokal yang ada di Indonesia sanggup mengekspor produknya ke kancah pasar otomotif global. Dimana, kali ini Astra Daihatsu Motor (ADM) tampaknya patut untuk berbangga mengingat pabrikan tersebut bisa memproduksi model spesifikasi Low Cost Green Car (LCGC) ke luar negeri yang mana kali ini di Filipina. Model itu adalah rebadge Ayla versi setir kiri yang dijual ke Filipina dengan nama Toyota Wigo.

Daihatsu Berhasil Ekspor LCGC Buatannya

“Yang ekspornya bagus, cukup membanggakan itu LCGC Toyota Wigo ke Filipina. Dulu rencananya 500 unit sebulan, saat ini sudah 3.200 unit (per bulan), setahun kira-kira 40.000 unit ” kata Wakil Presiden ADM Sudirman MR, di Jakarta pada Selasa (13/2/2018).

Walaupun perannya sebagai produsen, ADM bukanlah pengekspor Wigo. Mengapa? Bukan tanpa alasan mengingat hal itu dilakukan oleh Toyota Indonesia. Tak cukup sampai di situ saja, bahkan sepanjang 2017, Sudirman menjelaskan bahwa pihak ADM memproduksi 506.000 unit, sekitar 60 persen merupakan produk merek Toyota yang dijual di dalam negeri termasuk ekspor.

Dirasa masih belum puas hanya Filipina, ADM pun juga dikatakan sedang mencari pasar baru buat Wigo. Wilayah yang diincar ke luar Asia Tenggara.

“Sekarang sedang ada pembicaraan untuk negara lain,” ungkap Sudirman tanpa mau menjelaskan lebih rinci.

Di samping itu, dengan aktivitas ekspor mobil LCGC milik Daihatsu tersebut pun merupakan suatu bukti bahwa produk buatan pabrik lokal kini sudah memiliki kualitas yang cukup mampu bersaing di pasar global. Selain itu, nama ADM sendiri pun dipastikan mampu melejit meski secara struktur masih berada di bawah anak perusahaan Toyota.

Terlepas dari itu semua, memang bisa dikatakan bahwa mobil LCGC buatan Daihatsu ini memiliki nilai tersendiri di mata konsumen, baik dari segi spesifikasi maupun harganya yang bisa dibilang relatif terjangkau. Tentu saja, hal tersebut menjadi nilai tambah tersendiri bagi pihak Astra Daihatsu Motor.

Top