Mercedes Benz Terancam Absen dari GIIAS, Kenapa Ya?

Mercy Tak Terdaftar Lagi di GIIAS – Melangkah di tahun pertama 2018, kabar otomotif dalam negeri dikejutkan dengan kabar terkait dengan hengkangnya Mercedes-Benz Indonesia, dari keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Berita yang begitu mengagetkan ini pun terungkap melalui surat resmi pemberhentian yang telah dikirimkan ke pihak asosiasi pada Kamis (15/2/2018).

Mercy Tak Terdaftar Lagi Di GIIAS

Tentu saja, dengan tidak menjadi anggota lagi maka merek asal Jerman ini otomatis terbebas dari kewajiban, salah antara lain membayar iuran dan menyerahkan data penjualan wholesales dan produksi. Namun, di sisi lain Mercy juga akan mendapat dampak buruk. Dimana, pabrikan asal Jerman tersebut pun nantinya juga akan kehilangan kesempatan khusus yang hanya dimiliki para anggota Gaikindo, salah satunya jadi peserta pameran yang digagas Gaikindo.

Terkait dengan hal tersebut, Jongkie D Sugiarto sebagai Ketua I Gaikindo pun turut angkat bicara dan mengatakan bahwa kesempatan untuk mengikuti pameran masih ada. Hanya saja, kalau masih tersedia lahan di lokasi pameran.

“Ikut GIIAS bisa saja, kalau ada lahan atau tempat yang tersisa. Kami mengutamakan anggota Gaikindo terlebih dahulu,” kata Jongkie pada Minggu (18/2/2018).

Tak berbeda jauh dengan Jongkie, pendapat senada pun juga disampaikan Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara. Di mana, dalam hal ini pihaknya telah menyebut kalau kesempatan memang masih terbuka, meski tak lagi menjadi prioritas. Pasalnya status Mercedes-Benz Indonesia yang sudah bukan lagi anggota.

“GIIAS diutamakan bagi anggota, kalau masih ada tempat luang siapa saja bisa Ikut,” kata Kukuh.

Akan tetapi meski begitu, kembali ke kasus Mercedes-Benz Indonesia, Jongkie sendiri juga telah mengungkapkan kalau Mercedes-Benz diharapkan bisa kembali lagi menjadi anggota Gaikindo.

“Iya, itu harapan kami semua. Semoga pihak kantor pusat Jerman bisa menerima aturan-aturan yang ada di Indonesia,” kata Jongkie.

Namun, satu hal yang pasti bahwa meski sudah keluar dari GIIAS, Mercy tetap menjadi salah satu produsen otomotif ternama dengan produk-produk mobilnya yang begitu bergengsi.

Top