Harga Daihatsu Sirion, Review, Spesifikasi & Gambar April 2018

Harga Daihatsu Sirion dan Spesifikasi – Akhirnya, Daihatsu Sirion terbaru generasi ke tiga resmi diperkenalkan di Jakarta pada 13 Februari 2018 lalu. Menariknya, hatchback yang diimpor langsung dari Negeri Jiran, Malaysia ini dihadirkan dengan gaya desain yang langsung dirancang oleh Insinyur Perodua dengan konsep yang telah disesuaikan pasar di kawasan Asia Tenggara khususnya. Selain itu, untuk pertama kalinya juga Perodua mendesain sendiri bentuk model hatchback ini, tanpa ada campur tangan dari Daihatsu. Di sisi lain, Daihatsu Sirion ini pun juga disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Perodua Myvi yang dijual di Malaysia. Bukan tanpa alasan mengingat Daihatsu sendiri merupakan pabrik yang berada di bawah payung usaha Toyota Group sementara Perodua adalah rekanan Daihatsu. So, tak heran jika desain Daihatsu Sirion ini dianggap kembaran dari Perodua Myvi. Lalu, apa saja sih sisi menarik dari hatchback ini?

Daihatsu Sirion

Sebagai salah satu hatchback modern, tentu saja Daihatsu Sirion akan hadir dengan konsep yang unik. Dimana, kali ini akan menampilkan konsep yang lebih mengedepankan mobil perkotaan modern yang khas dan didesain khusus sesuai kebutuhan konsumen di kawasan Asia Tenggara. Di samping itu, dari sisi eksteriornya sendiri, Daihatsu Sirion memiliki desain dengan mengedepankan aura sporty yang lebih tegas. Sehingga, kesan gagahnya pun juga semakin tampak jelas. Tak hanya itu saja, mobil kembaran dari Perodua Myvi buatan Malaysia ini pun juga aka dibekali mesin terbaru 1NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1.3L yang dipastikan bakal memberikan performa cukup handal dan mumpuni di kelasnya. Bahkan, beberapa fitur keamanan maupun kenyamanan serta keselamatan pun juga turut disematkan pada mobil keluaran pabrik asal Negeri Jiran ini. Selain itu, apa lagi ya kelebihan yang dimiliki hatchback ini? Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita simak saja ulasan lengkap mengenai review tentang spesifikasi dan harga Daihatsu Sirion yang akan Mas Sena ulas pada segmen-segmen di bawah ini!

Mobil Daihatsu Sirion

Review Daihatsu Sirion

Eksterior

Hatchback Modern Masa Kini dengan Desain yang Lebih Sporty Khas Mobil Perkotaan

Pertama, dalam segmen awal ini Mas Sena akan mengulas sisi eksterior atau desain fisik dari spesifikasi Daihatsu Sirion.  Memang, mobil yang satu ini memiliki kemiripan yang sama persis dengan Perodua Myvi yang ada di Malaysia. Wajar mengingat model hatchback yang satu ini merupakan hasil desain dari para insinyur yang bekerja di Perodua. Bahkan, Banyak yang mengira desain dari Daihatsu Sirion ini pun juga memiliki kesamaan dengan Daihatsu Boon yang sudah lebih dulu dipasarkan di Negeri Sakura. Pasalnya, konsep desain bodi yang diusung Sirion terbaru ini memang menawarkan rasa sporty lebih menyengat dengan permainan garis-garis menyudut yang mengganti desain lama cenderung membulat. Secara keseluruhan, Sirion berubah makin kekinian menggunakan desain bodi baru berukuran lebih besar. Dari sisi depan, tampak penggunaan lampu berteknologi LED dengan pengaturan otomatis. Bahkan, desain headlamp yang diusung Daihatsu Sirion ini pun tampak begitu modern khas mobil masa kini. Di sisi lain, grille pun dibuat lebih futuristik mengikuti alur desain dari headlamp sehingga keseimbangan konsep desain dari mobil ini pun tampak begitu pas. Tak hanya itu, fog lamp pun juga terpasang manis di bawah headlamp yang membuatnya semakin terlihat modern. Di sisi samping, bisa kita lihat bagaimana ada garis tegas memanjang dari sisi depan ke belakang melewati handle door chrome yang memberikan kesan begitu manis. Tak hanya itu, di bagian belakang pun juga dilengkapi dengan stop lamp LED masa kini dan wiper belakang yang membuatnya semakin tampak terkesan lebih menawan. Secara keseluruhan, memang bisa dikatakan bahwa Daihatsu Sirion ini berubah makin kekinian  menggunakan desain bodi baru berukuran lebih besar dan tampak lebih modern.

Spesifikasi Daihatsu Sirion

Interior

Kabin Lebih Leluasa dengan Fitur Kenyamanan Interior Modern dan Fungsional

Memasuki bagian interior dari spesifikasi Daihatsu Sirion, kita akan disajikan ruang kabin yang lebih leluasa dengan balutan desain yang lebih modern. Selain itu, beberapa fitur canggih dan fungsional pun juga tampak jelas pada sektor, terutama di bagian dashboard. Dimana, kali ini pihak pabrikan telah melengkapi hatchback ini dengan layar sentuh modern yang akan menampilkan beberapa menu entertainment fungsional. Sebut saja seperti radio AM/FM, CD Player, dan sistem navigasi yang lebih jelas nan informatif. Bahkan, 2DIN Audio System serta speaker modern pun juga sudah terintegrasi dengan baik dengan sistem menu pada layar sentuh yang dibawanya sehingga para penumpang bisa mendengarkan lagu kesukaan dengan suara yang begitu merdu. Tak hanya itu saja, di bagian dashboard juga terdapat lubang USB dan Aux input yang akan memberikan kemudahan kepada para penumpang untuk mengintegrasikan smartphone dengan sistem audio. Bahkan, sistem pengaturan AC pun juga turut disematkan untuk memudahkan mereka dalam mengatur kondisi suhu sesuai keinginan. Tak cukup sampai di situ saja, pada bagian ruang duduk pengemudi, Daihatsu Sirion ini akan dilengkapi dengan layar MID yang sangat informatif dan modern khas hatchback masa kini. Sehingga, dengan adanya tampilan MID tersebut maka pengemudi pun akan lebih mudah dalam memahami kondisi mobil saat dikendarai. Sementara itu, untuk jok nya sendiri juga terbilang sangat lembut mengingat terbuat dari bahan yang cukup berkualitas. Bahkan, dilihat dari sisi ruang kabin, mobil ini sanggup menampung hingga 5 penumpang termasuk pengemudinya sekaligus. Tentu saja, dengan kecanggihan fitur serta keleluasaan ruang kabin pada spesifikasi Daihatsu Sirion tersebut dipastikan bakal memberikan kenyamanan kepada para penumpangnya.

Spesifikasi Mobil Daihatsu Sirion

Dimensi

Dimensi Lebih Besar Berbahan Rangka Baja High Tensile dengan Sokongan Suspensi maupun Rem Handal

Sementara itu di sisi lain, tak lupa juga bahwa pada pembahasan mengenai spesifikasi Daihatsu Sirion ini, Mas Sena tak akan melepas sisi dimensi dan kaki-kakinya. Bukan tak ada alasan mengingat sektor ini sangat berkaitan erat dengan tampilan desain, ukuran kabin maupun kekokohannya. Dimana, kali ini, Daihatsu Sirion ini akan dibuat dengan ukuran dimensi 3895 mm, lebarnya 1735 mm, dan tinggi 1525 mm serta memiliki jarak sumbu roda 2500 mm. Melihat struktur dimensinya tersebut maka jelas bahwa mobil ini memiliki bentuk yang lebih besar sehingga wajar jika ruang kabinnya terkesan lebih leluasa. Di samping itu, mobil ini juga dirancang dengan ground clearance setinggi 150 mm yang dirasa cukup standar untuk memudahkan pengemudi dalam berkendara di arena perkotaan yang padat. Tak sampai di situ saja, Daihatsu Sirion ini pun juga dipastikan bakal dilengkapi dengan kaki-kaki kokoh berupa suspensi MacPherson Strut yang terpasang di bagian depan dan suspensi tipe Torsion Beam yang disematkan pada bagian belakang. Dengan adanya kedua suspensi tersebut maka jelas nantinya hatchback ini mampu menahan setiap getaran saat melalui jalan bergeronjal atau penuh lubang sehingga membuat penumpang tetap merasa nyaman dan aman. Sedangkan di sisi lain, pada bagian kaki-kaki dari Daihatsu Sirion ini juga akan membawa roda berupa velg modern tipe Alloy Wheel berukuran 15 inci yang nantinya akan dibalut ban Radial yang berukuran 185/55 R15. Selain itu, pihak pabrikan juga telah memasang rem handal yang sudah berteknologi ABS dan EBD sehingga akan membuat hasil pengeremannya menjadi kian sempurna. Dengan begitu maka tak heran apabila sektor dimensi dan kaki-kaki pada spesifikasi Daihatsu Sirion ini menjadi salah satu bagian yang cukup diandalkan.

Review Daihatsu Sirion

Mesin

Membawa Mesin Handal Tipe 1NR-VE Dual VVT-I Berkapasitas 1.3 Liter

Di sisi lain, untuk sektor permesinan dari spesifikasi Daihatsu Sirion ini pun dipastikan bakal membawa komponen mesin pacu super handal dan modern. Dimana, kali ini diketahui bahwa nantinya model hatchback terbaru ini akan mengusung mesin teknologi tinggi berupa 1NR-VE Dual VVT-I 4 silinder dengan modal kapasitas kubikasi yang mencapai 1.3 liter. Mesin tersebut memang terbilang cukup standar namun tetap tak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya, dengan kombinasi transmisi Gearbox 5 percepatan manual, nantinya mesin yang diusung Daihatsu Sirion tersebut akan sanggup memberikan power maksimal hingga 95 PS dan torsi 12.2 kg-m. Apalagi, sistem suplai bahan bakarnya sudah menggunakan EFI yang dipastikan bakal membuatnya semakin irit dan efisien. Akan tetapi, hanya saja dalam hal ini Astra Daihatsu Motor (ADM) tidak menjual opsi mesin 1.5L seperti tersedia di Perodua Myvi. Namun, satu hal yang jelas bahwa sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Daihatsu Sirion ini terbilang sudah cukup handal dan mumpuni untuk mobil sekelas hatchback.

Harga Mobil Daihatsu Sirion

Fitur

Memiliki Ragam Fitur Handal, Canggih, dan Fungsional

Nah, beranjak pada segmen selanjutnya, kini kita akan mulai bahas fitur spesifikasi Daihatsu Sirion. Oke, langsung saja bahwa yang pertama yaitu fitur keselamatan. Untuk menunjang hal tersebut maka pihak produsen pun telah melengkapinya dengan fitur canggih dan handal, seperti pengereman yang sudah berteknologi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), dan Vehicle Stability Control (VSC). Sementara itu, untuk keamanan di bagian kabin pun juga akan turut disematkan beberapa fitur, antara lain Traction Control, Isofix, sabuk pengaman 3-titik di penumpang tengah jok belakang, pengingat pemakaian sabuk pengaman semua penumpang, serta 4 Airbags (2 di depan dan 2 di samping jok). Dengan begitu, keselamatan dan keamanan penumpang pun akan semakin terjamin. Sedangkan, untuk fitur hiburan Daihatsu Sirion sudah dilengkapi dengan layar sentuh modern yang akan menampilkan beberapa menu entertainment, salah satunya yaitu fitur audio system yang akan memberikan kenyamanan dengan suara musik merdu pada ruang kabin. Tentu saja, dengan ragam fitur yang diusung spesifikasi Daihatsu Sirion tersebut maka akan semakin membuat keselamatan dan kenyamanan dari mobil ini kian terjamin.

Spesifikasi Daihatsu Sirion

M/T A/T
Mesin
Tipe Mesin 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i
Kapasitas 1.329 cc
Jumlah Silinder 4 silinder
Jumlah Katup 16
Tenaga Maksimal 95 / 6.000 (PS/rpm)
Torsi Maksimal 12,2/ 4.200 (kg.m/rpm)
Transmisi Manual, 5 kecepatan laju Otomatis, 4 kecepatan laju
Sistem Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Dimensi
Panjang 3.895 mm
Lebar 1.735 mm
Tinggi 1.525 mm
Jarak Sumbu Roda 2.500 mm
Berat 980 kg 1.000 kg
Kapasitas Tangki 36 L
Kaki-kaki
Suspensi Depan Mac Pherson Struts with coil spring and stabilizer
Suspensi Belakang Torsion beam with coil spring and stabilizer
Rem Depan Ventilated Disc Brake with Booster
Rem Belakang Drum, Leading & Trailing
Ban  185/55 R15

Harga Daihatsu Sirion

Beranjak ke sesi terakhir ini, saatnya Mas Sena untuk membahas tentang harga Daihatsu Sirion. Namun, sebelumnya perlu Mas Sena ulas kembali bahwa memang, secara sekilas mobil ini memiliki bekalan spesifikasi standar namun tetap tak bisa diremehkan begitu saja. Melihat dari sisi desainnya saja sudah tampak jelas bagaimana Daihatsu Sirion ini memiliki konsep yang lebih modern khas hatchback Asia Tenggara. Kemudian, sisi mesin pacunya sendiri sudah menggunakan teknologi 1NR-VE Dual VVT-I yang berkapasitas 1.3 Liter yang akan memberikan power secara maksimal. Sementara itu di sisi lain, fitur yang diusungnya juga lumayan lengkap dengan fungsionalitas tinggi guna menunjang kenyamanan maupun keselamatan penumpang. Dengan kehandalan yang dimilikinya tersebut, kira-kira berapa ya banderol harga Daihatsu Sirion ini?

Harga Daihatsu Sirion

Harga Daihatsu Sirion Terbaru

Nah, menyinggung soal harga Daihatsu Sirion, tentunya menjadi sebuah informasi yang kawan-kawan semua tunggu bukan? Oke, jangan khawatir ya kawan. Sebab, kali ini Mas Sena sudah mengantongi informasi terkait dengan berapa banderol dari mobil ini. Dimana, berdasarkan informasi resmi saat peluncurannya, harga Daihatsu Sirion ini akan dibanderol dengan tawaran dua varian sesuai sistem transmisi yang digunakan. Untuk varian manual akan dibanderol Rp 182.5 juta sedangkan varian otomatis Rp 193.5 juta. Tentu, sebuah angka yang menurut Mas Sena cukup terjangkau untuk sekelas hatchback. Bagaimana kawan? Dengan harga Daihatsu Sirion tersebut, apakah kawan-kawan sudah siap untuk membelinya?

Harga Daihatsu Sirion

Tipe Harga
Daihatsu Sirion M/T Rp 182.500.000,-
Daihatsu Sirion A/T Rp 193.500.000,-
Daftar Harga Mobil Daihatsu

Catatan : 

  • Harga Daihatsu Sirion diatas merupakan harga On The Road untuk wilayah DKI Jakarta
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harganya

Selain informasi tentang harga Daihatsu Sirion, perlu untuk kawan ketahui bahwa generasi ke tiga dari jajaran Sirion Series ini merupakan model yang dirancang dari Malaysia. Di Negeri Jiran sendiri, kabarnya ditawarkan sebanyak 5 varian dengan harga yang relatif tak berbeda jauh dengan banderol harga Daihatsu Sirion yang diperkenalkan di Indonesia. Tentu saja, dengan hadirnya model terbaru ini maka secara tak langsung akan membuat persaingan pasar hatchback semakin ketat. Apalagi, dengan banderolnya yang terbilang cukup terjangkau. Nah, itulah ulasan mengenai spesifikasi dan harga Daihatsu Sirion, sekian dan sampai jumpa. Baca juga Daihatsu Xenia dan Daihatsu Ayla.

Top