Harga Honda X-Blade, Review, Spesifikasi & Gambar Juli 2018

Harga Honda X-Blade dan Spesifikasi – Di ajang Auto Expo 2018, Honda India kabarnya telah merilis motor barunya yang bertajuk Honda X-Blade. Motor ini merupakan tipe adventure bike. Dimana memiliki desain fisik yang bisa dibilang sebagai motor masa depan. Bukan tanpa alasan mengingat pihak pabrikan pembuatnya sendiri telah menyematkan robo head-lamp, yang tak hanya dapat memberikan pencahayaan secara maksimal karena didalamnya terdapat LED, akan tetapi membuatnya terlihat begitu futuristik. Meski namanya sama dengan motor Blade yang ada di Indonesia, namun Honda X-Blade yang satu ini menampilkan konsep yang lebih macho khas motor adventure. Bahkan, hadirnya Honda X-Blade tersebut disebut-sebut bakal menjadi pesaing berat bagi Suzuki Gixxer, Bajaj Pulsar NS 160, Yamaha FZ dan TVS Apache RTR 160. Lantas, kira-kira apa saja sih keunggulan yang ditawarkan Honda X-Blade ini.

Honda X Blade

Motor adventure yang mengusung nama Honda X-Blade ini memang memiliki konsep yang sangat menarik secara keseluruhan. Bagaimana tidak? Secara detail, kita bisa lihat spesifikasi yang dibawanya memang terbilang sangat handal dan canggih. Dari segi desain fisik pun tampak jelas bagaimana model yang satu ini hadir dengan konsep desain yang lebih sporty dan terkesan garang. Bahkan, Honda X-Blade sendiri kabarnya akan didukung oleh mesin tunggal single silinder 162.7cc dengan sistem pendingin udara yang dipastikan sanggup memberikan semburan power secara maksimal. Tak cukup sampai di situ saja, Sebagai motor modern, X-Blade dilengkapi dengan fitur seperti instrument cluster digital, cakram rem depan dan lima jari pelek alloy yang pasti bakal semakin membuat para konsumen kepincut untuk membelinya. Oke, tak perlu berlama-lama, mari kita simak saja ulasan lengkap terkait review mengenai spesifikasi dan harga Honda X-Blade yang akan Mas Sena ulas di bawah ini.

Motor Honda X Blade

Review Honda X-Blade

Desain

Motor Adventure Series Membawa Konsep Desain Sporty dan Tajam

Di awal sesi pembahasan mengenai spesifikasi Honda X-Blade ini, Mas Sena akan memulai ulasan dari sektor desain fisiknya. Sebagaimana dengan yang sudah disinggung di atas, sportbike yang satu ini memang akan membawa desain yang tajam dan modern. Hal itu tampak jelas dari berbagai sisi. Mulai dari bagian depan, terlihat bagaimana model ini akan mengusung headlamp modern yang sudah berteknologi LED sehingga akan sanggup memancarkan cahaya yang lebih maksimal. Selain itu, desainnya pun kini lebih disempurnakan dengan barisan depan dan layar penghalang angin yang tinggi untuk melindungi pengendara dari terpaan angin. Di sisi lain, pada bagian tangkinya pun juga dibuat dengan konsep lebih tajam yang diklaim mampu menampung bahan bakar cukup banyak. Kemudian, sedikit mundur ke belakang, Honda telah melengkapi jok dual straight yang dibentuk sedikit meninggi ke belakang untuk memberikan posisi riding yang lebih pas dan nyaman. Tak cukup sampai di situ saja, menginjak pada bagian belakang, stop lamp dibuat sangat unik meski masih menggunakan lampu Bulb dengan bentuk menyerupai huruf “W” terbalik sehingga kesan modern pun tampak jelas. Dengan demikian, tak heran jika sisi desain fisik pada spesifikasi Honda X-Blade ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para konsumen.

Spesifikasi Honda X Blade

Speedometer

Instrumen Indikator Usung Panel  Full Digital yang Informatif dan Canggih

Masih berkaitan dengan sektor luar, kini kita akan mengulas panel indikator yang diusung spesifikasi Honda X-Blade. Sektor yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri. Pasalnya, memang kali ini pihak Honda sendiri akan mengusung instrumen indikator yang lebih pas dan pantas untuk disematkan. Dimana, Honda X-Blade diketahui akan mengusung speedometer yang berpanel full digital masa kini. Pada panel tersebut, akan ditampilkan beberapa informasi lengkap melalui layar LCD. Beberapa informasi yang ditampilkan antara lain seperti kecepatan dalam hitungan Km/jam, indikator bahan bakar, jarak tempuh, odometer, posisi gear atau gigi, dan jam digital. Selain itu, ada juga lampu indikator yang terletak di bagian bawah kanan dari panel digital, seperi indikator lampu netral, lampu sein, dan lampu jarak jauh atau High Beam. Setelah kita mengetahui kelengkapan panel indikator yang diusung spesifikasi Honda X-Blade tersebut, tentu nantinya pengendara akan lebih mudah dalam memahami segala informasi mengenai kondisi motor.

Spesifikasi Motor Honda X Blade

Dimensi

Sportbike dengan Dimensi Ideal dan Pas

Di sisi lain, spesifikasi Honda X-Blade pun juga memiliki sektor dimensi yang bisa dikatakan cukup ideal untuk sekelas motor adventure. Hal tersebut tentu juga tak lepas dari upaya pihak Honda untuk memberikan tampilan desain yang lebih terkesan maskulin khas motor adventure. Dimana, dalam hal ini diketahui bahwa Honda X-Blade ini memiliki panjang 2013 mm, lebarnya 786 mm, tinggi 1115 mm dengan jarak sumbu roda 1347 mm serta memiliki bobot seberat 226 Kg. Apabila kita lihat secara mendetail, tentu ukuran dimensi tersebut dirasa sudah sangat pas dan sesuai untuk sekelas motor adventure. Tak hanya itu saja, Honda X-Blade sendiri juga dirancang dengan ukuran jarak terendah ke tanah setinggi 160 mm. Tentu saja, dengan ukuran ground clearance tersebut maka dipastikan bakal membuat pengemudi aman dan nyaman ketika melalui berbagai medan jalan. Dengan begitu maka tak heran jika sektor dimensi yang diusung spesifikasi Honda X-Blade ini terbilang sudah cukup pas dan sesuai dengan segmentasinya sebagai motor adventure zaman now.

Review Honda X Blade

Suspensi

Dilengkapi Kaki-Kaki Kuat dan Rem Handal

Sedangkan di sisi lain, selain memiliki struktur dimensi yang pas, pada spesifikasi Honda X-Blade ini pun juga telah dilengkapi dengan sektor kaki-kaki yang cukup handal, kuat, dan kokoh. Bukan tanpa alasan mengingat kali ini sektor kaki-kaki pada motor ini akan mengusung suspensi handal berupa Telescopic Fork di bagian depan dan Mono Shock yang disematkan di bagian belakang. Dengan demikian maka dipastikan bakal memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman dan aman. Selain itu, velg sporty pun juga akan menjadi bagian pada sektor kaki-kaki yang siap mendukung laju dari motor ini. Dimana, velg tersebut nantinya akan dibalut ban tipe Tubeless dengan ukuran 130 mm dan 80 mm. Hanya saja, untuk sementara ini, ukuran velg masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, satu hal yang jelas dan pasti bahwa nantinya Honda akan mengandalkan rem cakram berukuran 276 mm untuk bagian depan. Sedangkan, untuk sektor belakang, akan mengandalkan rem Drum yang berukuran 130 mm. Sehingga akan memberikan daya cengkraman yang sangat kuat ketika pengereman dilakukan. Pastinya, hal tersebut akan menjadi salah satu keunggulan yang bakal diandalkan dari sisi spesifikasi Honda X-Blade untuk menarik para konsumen.

Harga Motor Honda X Blade

Mesin

Berbekal Mesin Handal Berkat Mesin 4 Langkah Berkapasitas 162.71 cc

Nah, pada sesi kali ini, waktunya bagi Mas Sena untuk mengulas sisi mesin pacu yang diusung spesifikasi Honda X-Blade. Pada sektor dapur pacu dari motor ini jelas akan dibekali komponen mesin yang canggih dan modern untuk bersaing dengan para kompetitornya. Bukan tak ada sebab mengingat berdasarkan info yang beredar, diketahui bahwa nantinya Honda X-Blade ini akan dipersenjatai mesin 4 langkah berpendingin udara yang memiliki kapasitas kubikasi mencapai titik 162.71 cc. Mesin yang diusung motor tersebut pun nantinya akan dikawinkan dengan sistem transmisi 5 percepatan manual. Dari kombinasi tersebut, dipastikan bahwa motor adventure buatan Honda yang satu ini bakal sanggup memberikan power maksimal hingga 10,92 bhp @ 8500 rpm dan torsi maksimal hingga 13,9 Nm @ 6000 rpm. Tentu saja, dengan bekalan mesin yang memiliki performa mumpuni tersebut maka tak heran jika sektor dapur pacu pada spesifikasi Honda X-Blade ini bakal menjadi segmen yang cukup diunggulkan.

Fitur

Dilengkapi Beberapa Fitur Modern nan Canggih

Tak cukup hanya pada sektor dapur pacunya saja melainkan spesifikasi Honda X-Blade pun juga bakal dilengkapi dengan ragam fitur yang begitu canggih dan memiliki tingkat fungsional tinggi. Dari segi keselamatan saja sudah jelas bahwa nantinya motor ini akan mengandalkan rem disc (cakram) dan Drum yang dipastikan siap memberikan kualitas rem yang cukup mumpuni. Selain itu, panel indikator pun kini sudah mengandalkan panel full digital melalui layar LCD. Dengan begitu maka dipastikan bakal membuat panel ini berfungsi dengan baik dan menampilkan informasi yang lebih akurat serta mudah dipahami oleh para penumpangnya. Tentu saja, dengan beberapa fitur-fitur canggih yang disematkan pada spesifikasi Honda X-Blade tersebut maka jelas akan membuat motor ini kian diburu oleh para calon konsumen.

Spesifikasi Honda X-Blade

Mesin
Tipe Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, SI Engine
Kapasitas 162.71 cc
Tenaga Maksimal 14.12 PS @ 8500 rpm
Torsi Maksimal 13.9 Nm @ 6000 rpm
Jumlah Silinder 1
Rasio Kompresi  – – –
Transmisi 5 Percepatan
Sistem Bahan Bakar Karburasi
Tipe Starter – – –
Sistem Pendinginan Pendingin Udara
Dimensi
Panjang 2013 mm
Lebar 786 mm
Tinggi 1115 mm
Jarak Sumbu Roda 1347 mm
Jarak Terendah 160 mm
Berat 140 kg
Kapasitas Tangki 12 Liter
Rangka dan Kaki-kaki
Rangka Diamond
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monoshock
Rem Depan 276 mm Single Disc
Rem Belakang 130 mm Drum
Ban Depan 80/100- 17 inci
Ban Belakang 130/70- 17 inci

Harga Honda X-Blade

Akhirnya, sampailah kita pada pokok bahasan mengenai harga Honda X-Blade. Nah, kaitannya dengan banderol, tentu tak lepas dari spesifikasinya bukan? Perlu diketahui kembali bahwa model yang satu ini merupakan motor adventure yang resmi diperkanlkan perdana di India. Dimana, motor ini menampilkan gaya desain yang lebih mengedepankan desain elegan, sporty nan tajam. Selain itu, Honda X-Blade sendiri juga akan dipersenjatai dengan mesin 4 langkah berkapasitas 162.71 cc yang dipastikan bakal memberikan hasil power secara maksimal. Tak hanya itu, beberapa fitur pun juga turut serta disematkan sebagai penunjang keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Nah, sampai di sini kira-kira berapa sih banderol harga Honda X-Blade ini?

Harga Honda X Blade

Harga Honda X Blade Terbaru

Sejauh menyangkut soal harga Honda X-Blade, produsen asal Jepang ini akan berusaha menjaga agar harga motor tetap kompetitif. Perusahaan telah menyebutkan bahwa motor tersebut akan dijual di bawah INR 79.000. Nilai tersebut jika kita konversikan ke mata uang rupiah akan setara dengan Rp 16.6 jutaan. Cukup terjangkau bukan? Apalagi, jika kita bandingkan dengan spesifikasi yang dibawanya maupun beberapa fitur yang turut serta disematkan. Tentu saja, dengan angka tersebut, dipastikan bakal sanggup menarik perhatian konsumen. Apakah menurut kawan-kawan, harga Honda X-Blade di atas cukup mahal?

Harga Honda X-Blade
Rp 16.600.000,- (Perkiraan)
Daftar Harga Motor Honda
  • Harga Motor Honda X-Blade di atas merupakan harga perkiraan berdasarkan harga konversi di yang  berlaku di India
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Kawasaki Ninja 250SL

Namun, perlu diketahui juga bahwa banderol dari harga Honda X-Blade tersebut masih berlaku untuk pasar India saja. Bahkan, saat ini belum dijual di dealer resmi, sekedar perkenalan saja. Sehingga, sangat dipastikan bahwa nantinya harga Honda X-Blade ini akan mengalami perubahan dan cenderung lebih mahal dari nominal semula, apalagi ketika masuk ke pasar Indonesia. Wajar, mengingat akan terkena biaya administrasi impor dan bea cukai. Namun, satu hal yang jelas dan pasti bahwa harga tersebut terbilang sudah cukup pas ketika dibandingkan dengan spesifikasi yang dibawanya. Nah, sampai di sini dulu ulasan mengenai spesifikasi dan harga Honda X-Blade. Baca juga Honda CB150 Verza dan Honda CB150R.

Top