Pasar Otomotif ASEAN Kembali Tumbuh

Pasar Otomotif ASEAN Menggeliat Kembali – Sempat lesu beberapa tahun terakhir lalu, kini dikabarkan bahwa geliat pasar otomotif di enam negara ASEAN pada Januari 2018 mengalami pertumbuhan yang cukup membaik. Pertumbuhan tersebut diketahui mengalami kenaikan hampir dua digit atau 9 persen. Indonesia, Thailand, dan Vietnam menjadi penyumbang terbesar, dengan pertumbuhan dua digit.

Pasar Otomotif ASEAN Menggeliat Kembali

Di sisi lain, jika mendasarkan atas laporan yang dilansir dari Nikkei pada Selasa (6/3/2018) penjualan secara keseluruhan terhadap beberapa mobil baru di negara-negara utama ASEAN mencapai angka 274.679 unit. Melihat angka tersebut, tentu saja merupakan awal yang kuat untuk 2018, yang mana diproyeksikan menjadi tahun ketiga dengan pertumbuhan pasar otomotif berturut-turut.

Perlu untuk diketahui bahwa enam negara yang masuk dalam penghitungan adalah Indonesia, Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Singapura. Pasar Asia Tenggara saat ini menjadi incaran para merek-merek global, lantaran masih punya potensi pertumbuhan yang besar.

Secara lebih detail, pertumbuhan penjualan mobil baru di Indonesia yang dikenal sebagai pasar terbesar ASEAN melonjak 11 persen menjadi 95.869 unit. Penjualan kendaraan komersial dan mobil penumpang mengalami pertumbuhan signifikan.

Selain itu, di negeri Gajah Putih Thailand, penjualan mobil baru naik lebih tinggi mencapai 16 persen atau sebanyak 66.545 unit. Perolehan pada Januari 2017 lalu melambat karena masih dalam masa berkabung Raja Bhumibol Adulyadej. Peluncuran model baru dari produsen otomotif seperti Toyota selama paruh kedua 2017, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan.

Sementara itu di sisi lain, pertumbuhan yang begitu positif juga terjadi di Vietnam yang melonjak 29 persen menjadi lebih dari 26.000 unit. Ada kemungkinan atau dugaan bahwa mayoritas konsumen membeli stok mobil yang diimpor tahun lalu, di tengah kekhawatiran akan pembatasan impor dan berlaku awal tahun ini, dan mengurangi pasokan dari Indonesia dan Thailand.

Di samping itu, jika melihat pertumbuhan yang cukup signifikan tersebut, tentu menjadi sebuah tren yang baik bagi perkembangan dunia otomotif di kawasan Asia Tenggara. Pasalnya, secara tak langsung juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di negara-negara yang tergabung dalam lingkup ASEAN.

Top