Nissan Masih Bingung, Antara Juke Facelift atau Kicks untuk Indonesia

Nissan Belum Pastikan Juke atau Kicks yang Diluncurkan – Segmen crossover maupun SUV di pasar Indonesia tampaknya semakin ketat saja. Bahkan, hal itu membuat beberapa produsen pun siap-siap untuk terus menerapkan inovasi pada setiap SUV atau crossover buatannya. Begitu juga dengan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mulai mempertimbangkan masa depan segmen crossover mereka untuk pasar dalam negeri. Saat ini, NMI masih mengandalkan Juke untuk bertarung di kelas tersebut.

Nissan Belum Pastikan Juke Atau Kicks Yang Diluncurkan

Di samping itu, belum lama ini pun diketahui juga bahwa Nissan melakukan penyegaran Juke yang ditampilkan pada ajang Geneva Motor Show 2018. Akan tetapi, pihak Nissan Indonesia kemudian seolah tengah dihampiri rasa kebingungan, apakah memilih untuk mendatangkan Juke terbaru itu atau menggantikannya dengan memasukkan model lain.

Terkait dengan model lainnya, Davy J Tuilan yang mana selaku Vice President Director of Marketing and Sales PT NMI pun juga turut mengatakan bahwa akan ada opsi Nissan Kicks. Namun, hanya saja sebagai perwakilan Nissan di Indonesia, Davy sendiri tampaknya masih enggan untuk membeberkan sedikit informasinya.

“Itu namanya strategy product yang harus kami pikirkan. Sebenarnya buat Indonesia kami punya beberapa pilihan yang setara dengan crossover. Kami sedang mempertimbangkan apakah Juke (baru) atau ada crossover lain, seperti yang diketahui ada Nissan Kicks, kami masih analisa,” ujar Davy pada Sabtu (10/3/2018).

Di samping itu, jika menyoal Nissan Juke sendiri di Indonesia, penjualannya terus menukik tajam seperti model Nissan lain. Sampai-sampai rumors discontinue kembali menimpanya, dan pihak Nissan sendiri juga sudah menampiknya. Juke sendiri dirakit lokal di pabrik Purwakarta.

Di sisi lain, bahkan sampai sejauh ini, Nissan Juke pada 2017 lalu wholesales-nya hanya mencapai 229 unit, atau terus turun sejak pertama kali hadir di dalam negeri. Sedangkan Januari 2018, jumlahnya cuma 38 unit.

Terlepas dari itu semua, memang perlu diakui bahwa sebelumnya lewat Antonio Zara, yang pada 2016 lalu menjabat Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia menyatakan ketertarikannya, memboyong Nissan Kicks di tengah pertumbuhan segmen SUV secara global termasuk di dalam negeri. Namun sampai saat ini masih belum terealisasi.

Top