Harga Kawasaki KSR Pro, Review, Spesifikasi & Gambar Agustus 2018

Harga Kawasaki KSR Pro dan Spesifikasi – Hadir sebagai mini moto, Kawasaki KSR Pro tampaknya menjadi produk spesial yang cukup menarik untuk kita bahas. Pasalnya, motor mini buatan PT KMI tersebut akan hadir dengan menawarkan desain yang lebih kecil namun tetap memiliki performa yang dijamin tak akan mengecewakan. Selain itu, motor super sport mini yang sebelumnya sudah dirilis pada Mei 2014 silam tersebut juga akan dilengkapi dengan ragam fitur teknis yang lebih canggih dan unggul dari tipe standarnya. Dimana, Kawasaki KSR Pro ini sudah menggunakan starter elektrik dan kopling tangan. Sistemnya sama seperti sepeda motor bebek dengan kopling manual, memindah gigi langsung dengan tuas yang diinjak. Tentu hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri yang dimiliki motor ini. Selain itu, kira-kira apa saja ya keunggulan lain yang dimiliki Kawasaki KSR Pro ini?

Kawasaki KSR Pro

Perlu untuk diketahui bahwa walaupun Kawasaki KSR Pro ini memiliki dimensi kecil namun bukan berarti mini motor sport ini diperuntukkan bagi anak-anak. Tenaga besar dan kemampuan menjelajah mumpuni, tapi bodi pendek serta ramping yang mana justru bakal memberikan sensasi berkendara tersendiri untuk pengguna dewasa. Di samping itu, soal bodinya pun juga tampak begitu sporty dengan striping modern khas motor sport series. Sehingga, memberikan penampilan yang terkesan garang. Tak hanya itu, Kawasaki KSR Pro ini pun juga akan dipersenjatai dengan mesin SOHC berkapasitas 111 cc karburator berpendingin udara yang akan membuatnya memiliki performa cukup handal dan mumpuni. Menariknya, kini motor ini juga telah dilengkapi dengan fitur baru berupa kopling manual dan electric starter yang akan memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengendarai motor ini. Nah, sampai di sini, berikutnya Mas Sena akan mengulas secara lebih detail terkait spesifikasi dan harga Kawasaki KSR Pro yang akan diulas pada segmen-segmen di bawah ini!

Motor Kawasaki KSR Pro

Review Kawasaki KSR Pro

Desain

Motor Super Sport Mini dengan Desain Sporty dan Striping Khas Motor Sport Series

Di awal segmen pembasahan mengenai spesifikasi Kawasaki KSR Pro ini, Mas Sena akan memulainya dengan mengulas sisi eksterior atau bodi fisiknya. Memang, jika kita lihat secara sekilas, tampak bahwa motor yang satu ini terkesan lebih minimalis. Namun, jika kita telisik secara lebih mendalam dari setiap bagian fisiknya, desain dari Kawasaki KSR Pro ini tampak begitu elegan dan sporty. Dilihat dari sisi depan, terlihat headlamp berdesain modern khas motor Streetfighter dengan windshield minimalis yang semakin membuatnya terkesan begitu gagah layaknya motor touring. Kemudian, kegagahan dari motor mini sport buatan Kawasaki ini juga terlihat jelas dari desain tegas pada tangki bahan bakarnya yang berkapasitas 7.3 liter. Dimana, tampak jelas tangki pada Kawasaki KSR Pro tersebut dibuat dengan mengusung konsep sporty berlekuk tajam dan tegas dengan striping modern “KSR”. Sehingga, kesan modern dan elegan pun tampak begitu jelas. Tak sampai di situ, jika kita lihat dari sisi samping, sedikit terlihat blok mesin yang tertata begitu rapi dalam balutan tulang rangka kokoh sehingga membuatnya terkesan begitu gagah dan terkesan elegan. Sementara itu, pada bagian joknya dibuat layaknya motor cross dengan model tunggal memanjang ke belakang untuk memberikan posisi berkendara yang lebih nyaman. Nah, menginjak pada bagian belakangnya pun juga cukup menarik. Dimana, pihak pabrikan telah mengusung konsep yang mengikuti alur dari jok meruncing ke belakang dengan stoplamp modern. Dengan begitu maka jelas bahwa sektor desain eksterior pada spesifikasi Kawasaki KSR Pro ini terkesan begitu gagah, elegan , dan modern.

Spesifikasi Kawasaki KSR Pro

Speedometer

Dilengkapi Instrumen Indikator Minimalis Namun Tetap Informatif

Menginjak pada pembahasan terkait spesifikasi Kawasaki KSR Pro selanjutnya, kini Mas Sena bakal mengulas sisi instrumen indikator atau panel indikatornya. Bukan tanpa alasan meski keberadaannya tak begitu mendapat perhatian namun panel indikator atau speedometer ini sangat penting untuk diketahui. Mengingat, fungsinya sebagai sumber informasi mengenai kondisi motor. Nah, dalam kaitannya dengan speedometer, kali ini Kawasaki KSR Pro akan mengusung instrumen indikator minimalis dalam balutan konsep modern. Dimana, dalam hal ini Kawasaki akan mengusung panel indikator analog yang menampilkan informasi mengenai jarak tempuh Km/jam dan kecepatan dalam hitungan rpm. Sementara itu di sisi lain, tepatnya di bagian kiri dari panel analog tersebut, Kawasaki akan menyematkan beberapa lampu indikator penting. Antara lain yaitu lampu jarak jauh 9high beam), lampu sein, dan lampu netral. Meski terkesan begitu minimalis namun sektor panel indikator yang diusung spesifikasi Kawasaki KSR Pro ini tampak begitu informatif dan mudah dipahami oleh pengendaranya.

Spesifikasi Motor Kawasaki KSR Pro

Dimensi

Usung Dimensi Minimalis Namun Tetap Terkesan Gagah

Di sisi lain, sektor dimensi pada spesifikasi Kawasaki KSR Pro pun juga turut menjadi topik pembahasan yang tak luput dari perhatian Mas Sena. Pasalnya, sektor ini sangat berpengaruh pada desain tampilan pada bodi dari mini motor sport buatan Kawasaki ini. Dimana, kali ini Kawasaki KSR Pro sendiri diketahui telah dirancang dengan ukuran dimensi 1.725 x 740 x 1020 mm berbobot 94 Kg dan memiliki jarak poros roda (wheelbase) 1170 mm. Dengan melihat ukuran dimensi dan wheelbase tersebut maka wajar jika model motor mini sport ini terkesan begitu minimalis namun tetap tampak gagah. Selain itu, Kawasaki KSR Pro sendiri juga telah dibuat dengan jarak terendah ke tanah (ground clearance) setinggi 225 mm. Sehingga, akan sangat cocok dan aman dikendarai di medan jalan mana saja, terutama ketika melalui medan off road. Nah, jika kita menelusuri secara keseluruhan sektor dimensinya, termasuk bobot, jarak terendah ke tanah dan wheelbase, tentu jelas jika spesifikasi Kawasaki KSR Pro ini sangat cocok bagi kawan-kawan yang berjiwa petualang.

Review Kawasaki KSR Pro

Suspensi

Mendapat Sokongan Kaki-Kaki Kokoh dan Rem Handal

Sementara itu di sisi lain, kaki-kaki pada spesifikasi Kawasaki KSR Pro tersebut juga menjadi sorotan mengingat sangat berkaitan erat dengan dimensinya. Bagaimana tidak? Dengan membawa dimensi yang minimalis, tampaknya pihak Kawasaki juga tetap mengusung kaki-kaki kuat sebagai penyokong bebannya. Dimana, dalam hal ini Kawasaki KSR Pro akan mengusung suspensi handal berupa 30 mm Teleskopik (inverted) (depan) dan suspensi tipe Single Shock (belakang). Kedua suspensi tersebut tentunya diyakini bakal sanggup memberikan keseimbangan secara maksimal dan mampu meredam setiap goncangan ketika melewati medan jalan bergeronjal. Sehingga, pengendara pun tetap akan merasa nyaman. Di samping itu, pada bagian kaki-kaki dari Kawasaki KSR Pro ini juga akan dilengkapi velg sporty berdiameter 12 inci. Yang mana, baik velg depan maupun velg belakangnya akan dibalut ban Tubeless 100/90-12 49J. Tak sampai di situ saja, bahkan untuk memberikan kemudahan dalam sistem pengendalian laju motor maka Kawasaki pun akan mengandalkan rem cakram dari NISSIN. Dimana, untuk bagian rem depan akan menggunakan piringan cakram berukuran 200 mm sedangkan di bagian belakang 184 mm. Dengan demikian, maka keselamatan dan kemudahan pengguna dalam mengendalikan laju motor ini bakal semakin mudah. Tentu, semua itu merupakan kelebihan dari spesifikasi Kawasaki KSR Pro pada sektor kaki-kakinya yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Harga Motor Kawasaki KSR Pro

Mesin

Dipersenjatai Mesin Handal 111 cc Berteknologi SOHC Hasilkan Performa Mumpuni

Beranjak ke sektor berikutnya, kini Mas Sena akan menilik dapur pacu pada spesifikasi Kawasaki KSR Pro. Berkaitan dengan ruang pacu, tentu saja menjadi topik bahasan yang cukup menarik untuk kita ulas. Pasalnya, motor mini super sport ini meski memiliki bodi yang minimalis, ternyata untuk soal performa tak bisa diremehkan begitu saja. Sebab, Kawasaki KSR Pro ini diketahui akan dipersenjatai dengan mesin SOHC 2 katup dengan kapasitas 11 cc. Dengan mesin tersebut, super mini motor sport buatan Kawasaki ini diklaim mampu menawarkan power maksimum 8.6 PS pada saat putaran mesin mencapai 8.000 rpm dan torsi 8.6 Nm pada putaran 6.000 rpm. Cukup handal bukan? Tak hanya itu saja, Meski masih berada dibawah Kawasaki Z125 Pro yang mampu menawarkan power dan torsi yang lebih baik, namum motor ini diklaim mampu menghasilkan akselerasi yang cukup cepat. Kemudian dengan mahalnya harga Kawasaki KSR Pro yang satu ini, para pengguna juga nantinya akan mendapatkan sebuah sistem pendingin berupa udara dan juga sistem pengapian berupa Digital DC-CDI dengan perbandingan rasio kompresi 9.5:1. Namun sangat disayangkan dengan mesin kecil yang dibawanya, Kawasaki hanya menempatkan transmisi manual dengan 4 tingkat percepatan yang tetap akan mampu mengoptimalkan kinerja performa mesin pada spesifikasi Kawasaki KSR Pro.

Fitur

Dibekali Ragam Fitur Unggulan yang Fungsional

Mengacu dari performanya, tentu pembahasan kali ini tak akan lepas dari sektor mesin pada spesifikasi Kawasaki KSR Pro. Meski terbilang standar namun salah satu fitur yang cukup handal dari motor mini garapan pabrik asal Jepang tersebut yaitu pada pengeremannya yang mengandalkan rem cakram dari NISSIN. Sehingga, akan memberikan kemudahan pengendara dalam mengendalikan laju dari motor ini. Selain itu, ada juga panel indikator analog yang sangat minimalis namun tetap informatif yang menjadi fitur untuk memberikan info kepada pengendara terkait kondisi motor yang sedang dikendarainya. Sementara itu di sisi lain, fitur canggih pada Kawasaki KSR Pro ini juga terletak pada sektor dapur pacunya. Dimana, kali ini sudah mengandalkan sistem pengapian Digital CD-DCI yang akan yang akan memberikan performa handal namun juga efisien dengan perbandingan kompresi 9.5:1. Dengan demikian, tak heran jika fitur pada spesifikasi Kawasaki KSR Pro ini menjadi salah satu sektor yang cukup layak untuk diunggulkan.

Spesifikasi Honda X-Blade

Mesin
Tipe Mesin  Single cylinder, four-stroke
Kapasitas 111 cc
Tenaga Maksimal  8.60 HP @ 8000 RPM
Torsi Maksimal 8.60 Nm @ 6000 RPM
Jumlah Silinder 2
Bore x stroke  53.0 x 50.6 mm
Transmisi 4 Percepatan
Sistem Bahan Bakar Karburasi, Keihin BP18
Tipe Starter – – –
Sistem Pendinginan Pendingin Udara
Dimensi
Panjang 1.725 mm
Lebar 740 mm
Tinggi 1020 mm
Jarak Sumbu Roda 1170 mm
Jarak Terendah 50% mm
Berat 94 kg
Kapasitas Tangki 7.3 Liter
Rangka dan Kaki-kaki
Rangka – – –
Suspensi Depan Inverted fork
Suspensi Belakang Single shock
Rem Depan Single disc 220 mm
Rem Belakang Single disc 180 mm
Ban Depan 100/90-12
Ban Belakang 100/90-12

Harga Kawasaki KSR Pro

Tak cukup hanya spesifikasi yang diusungnya saja melainkan kita juga akan mengulas harga Kawasaki KSR Pro. Akan tetapi, sebelumnya perlu untuk kita ulas kembali juga bahwa mini motor super sport yang satu ini memiliki sejumlah keunggulan dari setiap sektornya. Salah satunya yaitu dari soal desainnya yang minimalis namun tampak begitu gagah dengan mengusung konsep Mini Motor Sport. Selain itu, dari sektor dapur pacunya sendiri, Kawasaki KSR Pro pun juga dibekali dengan ragam komponen canggih. Salah satunya yaitu mesin 111 cc tipe SOHC yang sudah menggunakan sistem pengapian Digital DC-CDI. Tentu saja, dengan segala keunggulan yang dibawanya tersebut, secara tak langsung akan berpengaruh pada harga Kawasaki KSR Pro sendiri.

Harga Kawasaki KSR Pro

Harga Kawasaki KSR Pro Terbaru

Mengenai harga Kawasaki KSR Pro, perlu untuk kawan pahami bahwa informasi soal banderolnya sudah diketahui. Tentu saja, hal tersebut akan memudahkan para konsumen untuk mengetahui berapa pasaran harganya. Dimana, jika mendasarkan atas informasi yang Mas Sena kutip sendiri dari situs resmi Kawasaki Motor Indonesia, harga Kawasaki KSR Pro tersebut senilai Rp 28.8 juta. Sekilas, angka tersebut memang sedikit terasa mahal jika dibandingkan dengan motor di segmen lain. Namun, jika melihat sisi keunikan dan keunggulan yang ditawarkan mini motor buatan Kawasaki tersebut, tentunya harga Kawasaki KSR Pro tersebut terbilang cukup ideal.

Harga Kawasaki KSR Pro
Rp 28.800.000,-
Daftar Harga Motor Honda
  • Harga Motor Kawasaki KSR Pro di atas merupakan harga yang berlaku untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Kawasaki KSR Pro

Di samping itu, harga Kawasaki KSR Pro yang disebutkan di atas merupakan harga OTR untuk wilayah JADETABEKSER. Sehingga, mau tak mau untuk daerah di luar OTR tersebut, harga motor ini akan cenderung sedikit lebih mahal. Di sisi lain, jika kita bandingkan antara harga dan spesifikasi Kawasaki KSR Pro tersebut, maka menurut Mas Sena sendiri sudah sepadan dan sesuai. Apalagi, dengan model desain uniknya dan performa dapur pacunya yang tak kalah handal dengan beberapa motor lain. Sekian ulasan mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki KSR Pro. Baca juga Honda CRF150L dan KLX 150.

Top