Meski Dibuat Lokal, PCX Masih Kalah dengan Nmax

Penjualan PCX Masih Belum Saingi Nmax – Ketatnya persaingan di segmen skutik premium berkapasitas 150 cc di pasar otomotif Tanah Air tampaknya semakin sengit. Setelah skutik gambot milik PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang bernama NMax bermain sendiri, kini PT Astra Honda Motor (AHM), juga menghadirkan Honda PCX lokal. Dimana, keduanya sama-sama menyasar di segmen skutik kelas premium.

Penjualan PCX Masih Belum Saingi Nmax

Akan tetapi, tampaknya kehadiran Honda PCX buatan pasar lokal di pasar roda dua Tanah Air masih belum bisa membendung mengalahkan dominasi Yamaha NMax. Tentu, hal tersebut menjadi sebuah tanda tanya besar. Mengingat, jika kita memandang dari segi harga, banderol dari Honda PCX lokal sudah jauh lebih terjangkau ketimbang model sebelumnya yang didatangkan utuh dari Vietnam.

Hal itu juga tak lepas dari informasi yang diambil dan berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Yang mana, dalam data tersebut dikabarkan bahwa Yamaha NMax masih melaju kencang di segmen skutik premium bermesin 150 cc.

Tak sampai di situ saja, bahkan untuk penjualan motor bermesin 155 cc milik pabrikan berlambang garpu tala ini mengalami kenaikan atau meningkat dari 28.402 unit pada Januari 2018, menjadi 34.044 unit pada Februari 2018. Tentu, hasil tersebut membuat pabrikan Yamaha menjadi semakin percaya diri meski pesaingnya, Honda masih berupaya untuk menyainginya. Di samping itu, berbicara soal total penjualan dua bulan awal 2018, Yamaha NMax sudah terdistribusi hingga 62.446 unit.

Sementara itu di sisi lain, justru Honda PCX baru dilakukan distribusi pada Februari 2018. Untuk pengirimannya sendiri, skutik gambot milik pabrikan berlambang sayap mengepak ini baru terdistribusi 9.661 unit. Dengan demikian, tak heran jika skutik gambot garapan Honda ini harus perlu ada pengembangan pemasaran agar bisa bersaing atau mengalahkan jumlah penjualan yang telah diraih oleh Yamaha Nmax sejauh ini.

Top