Harga Yamaha R1M, Review, Spesifikasi & Gambar April 2018

Harga Yamaha R1M dan Spesifikasi – Pada ajang GIIAS 2017 lalu, Yamaha R1M menjadi salah satu motor sport kelas super premium yang diluncurkan oleh Yamaha. Motor gagah full fairing ini diboyong oleh pihak PT YIMM dengan membawa satu varian warna, yaitu Silver Blue Carbon. Sebenarnya, jika kita telisik secara lebih mendalam, Yamaha R1M ini tak memiliki banyak perbedaan dengan varian YZF R1 yang mana keduanya bakal mengadopsi teknologi balap khas MotoGP. Hanya saja, motor super sport ini akan mengusung mesin lebih tangguh, yaitu dengan membawa mesin 4 silinder yang membuatnya menjadi salah satu motor sport tercepat di dunia. Di sisi lain, motor super sport buatan pabrik asal Jepang ini dipastikan bakal menjadi pesaing berat bagi Ninja H2 Carbon. Dengan begitu, tak heran jika segmentasi di level kelas super premium ini akan menjadi tantangan berat bagi Yamaha R1M mengingat keduanya dibekali spesifikasi yang sama-sama mumpuni.

Yamaha R1M

Berbicara soal spesifikasi, tentu saja Yamaha R1M akan dibekali dengan ragam keunggulan di berbagai sektor. Dimana, motor sport buatan pabrik berlogo garpu tala ini mengusung material rangka kokoh namun ringan untuk menunjang akselerasinya. Secara desain pun juga sangat gagah dan terkesan sporty khas MotoGP Series yang membuatnya semakin tampak begitu elegan. Tak hanya itu saja, Yamaha R1M ini juga dipastikan bakal mengusung mesin handal berkapasitas 998 cc tipe DOHC dengan 4 silinder sehingga akan mampu memberikan power maksimal dan torsi puncak yang tak mengecewakan. Sementara itu, sebagai salah satu produk kelas premium, tentu saja Yamaha juga akan melengkapi motor sport full fairing buatannya ini dengan beberapa fitur canggih dan memiliki fungsionalitas tinggi. Sehingga, tak heran apabila motor ini akan banyak diburu oleh para konsumen kelas atas yang hobi akan motor super sport. Nah, untuk mengenal lebih lengkap, simak saja ulasan detailnya mengenai spesifikasi dan harga Yamaha R1M pada segmen-segmen di bawah ini.

Motor Yamaha R1M

Bagan Review

Review Yamaha R1M

Motor Super Sport Full Fairing dengan Bodi Gagah Ala MotoGP Series

Di segmen pertama ini, Mas Sena tentu akan memulai pembahasan spesifikasi Yamaha R1M ini dengan mengulas di bagian bodi fisiknya. Bukan tanpa alasan, mengingat sektor tampilan luarnya ini akan memberikan kesan awal bagi para konsumen. Dimulai dari sisi depan, Yamaha akan mengusung dua buah lampu berteknologi LED yang dibentuk bulat untuk memberikan penerangan secara lebih maksimal ketika dikendarai di waktu malam hari. Menariknya, desain dari headlamp Yamaha R1M ini dibuat begitu gagah dengan bentuk meruncing dan tajam sehingga kesan garang pun tampak begitu jelas ketika dilihat dari sisi depan. Selain itu, tersedia pula lampu sein depan yang terpasang pada bagian spion sebagai tanda berbelok arah. Sementara itu, jika kita melihat pada bagian sampingnya, full fairing pada Yamaha R1M ini pun tampak menutup sebagian besar sisi samping hingga blok mesinnya yang mengesankan sebagai motor sport premium layaknya MotoGP. Di sisi lain, tangki bahan bakarnya yang berkapasitas 17 liter pun dibuat berlekuk tegas dan tajam khas Yamaha Motor Sport Series dengan balutan cat almunium. Kemudian, joknya juga mengusung konsep ala motorsport dengan desain meninggi tajam ke belakang untuk memperkuat kesan sporty yang diusungnya. Sedangkan, menginjak pada bagian belakang, tampak stop lamp yang memang dibuat berlubang untuk mengarahkan angin dan di bagian tengahnya terpasang tail light berteknologi LED. Dengan begitu maka secara keseluruhan bisa dipastikan bahwa sektor bodi fisik pada spesifikasi Yamaha R1M ini terbilang sangat sporty dan gagah khas MotoGP.

Spesifikasi Yamaha R1M

Speedometer Modern Usung Panel Full Digital dengan Layar LCD yang Informatif

Di satu sisi, instrumen indikator pada spesifikasi Yamaha R1M pun juga tampaknya menarik untuk kita ulas bersama. Pasalnya, sektor yang satu ini memang memiliki fungsi yang cukup penting dan diperlukan guna memberikan informasi terkait kondisi motor saat dikendarai. Nah, sebagai motor sport super premium, tentu saja Yamaha tak akan mengusung instrumen indikator yang “biasa-biasa” saja. Melainkan, kali ini Yamaha R1M akan membawa panel full digital dengan membawa layar LCD yang menampilkan tampilan begitu jernih dan tajam. Terkait dengan informasi yang ditampilkan, pada panel indikator digital dari motor ini akan memberikan informasi mengenai kecepatan dalam hitungan mph atau rpm/jam, temperatur suhu, jarak tempuh, sistem injeksi, jam digital, dan posisi gear. Selain itu, pada bagian bawah dalam panel digital ini, akan ditampilkan pula mode berkendara berupa Mode-A yang memberikan pilihan menu mode berkendara, seperti PWR1, TCS3, dan SCS2 yang bisa dipilih oleh pengemudi saat berkendara. Sementara itu, di samping sisi layar LCD pada instrumen indikatornya tersebut juga akan disematkan lampu indikator netral, lampu sein, lamp high beam, dan indikator rem ABS. Tentu saja, dengan kecanggihan dan kelengkapan panel indikator yang diusung spesifikasi Yamaha R1M tersebut akan membuat pengemudi semakin mudah dalam memahami kondisi motor saat berkendara.

Spesifikasi Motor Yamaha R1M

Bodi Gagah Berbahan Serat Karbon dengan Dimensi Ideal Khas Motor Sport Full Fairing

Menginjak pada pembahasan spesifikasi Yamaha R1M lain, kini Mas Sena akan mengulas sisi dimensi dan rangka yang diusung motor buatan Yamaha ini. Sektor dimensi memang menjadi salah satu sektor yang perlu untuk kita kenali dan pahami. Bukan tanpa alasan mengingat dimensi pada motor ini juga sangat berdampak pada bentuk desain bodinya. Dimana, kali ini Yamaha R1M sendiri dibuat dengan bodi Carbon Fiber (serat karbon) yang begitu ringan namun sangat kokoh. Selain itu, didukung pula dengan rangka Delta Box Aluminium serta memiliki ukuran dimensi yang sangat ideal 2.055 mm x 690 mm x 1.150 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1.405 mm berbobot 199 Kg. Dengan melihat ukuran dimensi bodi tersebut maka jelas jika Yamaha R1M ini akan terasa begitu kokoh namun ringan ketika dipacu dengan kecepatan super tinggi. Tak hanya itu saja, untuk menunjang momen berkendara yang lebih nyaman maka motor super sport ini pun juga akan dibangun dengan ukuran tinggi jok 860 mm dan ground clearance 130 mm. Sehingga, akan memberikan posisi riding yang sangat nyaman dan membuat motor ini mudah diajak bermanuver di medan perkotaan. Tentu saja dengan segala aspek sisi dimensi dan rangka yang diusung spesifikasi Yamaha R1M tersebut, dipastikan bakal memberikan pengalaman berkendara kepada para pengemudinya yang lebih nyaman dan aman.

Review Yamaha R1M

Mengusung Kaki-Kaki Super Kokoh Berkat Suspensi Handal dan Pengereman Canggih

Di satu sisi, kaitannya dengan dimensi pada motor ini, spesifikasi Yamaha R1M pun juga akan dilengkapi dengan fitur kaki-kaki yang dinilai sangat gagah dan dipastikan kokoh dalam menunjang bodinya. Hal itu tentunya tak lepas dari teknologi suspensi yang digunakan pihak pabrikan untuk memberikan sokongan kuat. Dimana, kali ini Yamaha R1M sendiri akan dibekali dengan suspensi Upside-down telescopic fork, Ø 43 mm di bagian depan dan Swingarm (Link suspension) di sektor belakang. Meski berbeda tipe namun kedua suspensi yang diusung motor super sport buatan Yamaha tersebut dipastikan bakal mampu memberikan keseimbangan secara maksimal dan sanggup meredam setiap goncangan ketika berkendara di medan jalan yang bergeronjal. Di sisi lain, Yamaha R1M pun juga akan membawa velg sporty ukuran 17 inci yang dibalut ban berukuran 120/70 ZR17M/C (depan) dan 190/55 ZR17M/C. Sementara itu, untuk menunjang pengendalian laju motor maka pabrikan asal Negeri Samurai tersebut akan membekali motor super sport buatannya tersebut dengan rem depan Dual Hydraulic disc 310 mm dan rem belakang Single Hydraulic 220 mm. Bahkan, pada sektor pengereman yang diusung spesifikasi Yamaha R1M tersebut juga dipastikan bakal dilengkapi teknologi ABS sehingga dipastikan bakal memberikan hasil pengereman yang lebih optimal.

Harga Motor Yamaha R1M

Dipersenjatai Mesin 4 Silinder DOHC Berkapasitas 998 cc Hasilkan Performa Super Gahar dan Handal

Nah, beranjak ke sektor berikutnya, kini waktunya bagi Mas Sena untuk membahas sektor dapur pacu yang diusung spesifikasi Yamaha R1M. Sebagaimana dengan yang sudah kita tahu bahwa motor ini merupakan produk yang bakal menyasar di kelas super premium MotoGP Series. Tentunya, untuk urusan mesin pacunya pun akan dibekali dengan komponen super handal dan canggih. Salah satu hal menarik dari sektor permesinan pada sektor mesin dari Yamaha R1M ini yaitu bekalan tipe mesin DOHC dengan 4 silinder 16 katup yang memiliki kapasitas kubikasi hingga 998 cc dan mengusung sistem pendingin cairan (liquid cooled). Selain itu, untuk sistem transmisinya sendiri, motor sport ini akan mengandalkan sistem transmisi 6-speed; multiplate assist and slipper clutch. Dimana, membuatnya sanggup menyemburkan power maksimal hingga 147.1 kW (200.0PS) per 13.500 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi 112.4 Nm (11.5) kg-m @ 11.500 rpm. Dengan begitu, tak heran jika Yamaha R1M ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan tenaga yang begitu gahar. Tak sampai di situ saja, bahkan Yamaha sendiri juga telah menyertai motor ini dengan sistem pembakaran bertipe Fuel Injection dengan ignition system bertipe TCI (digital). Sementara untuk menghidupkan mesinnya Yamaha menandemkan sistem starter berjenis Electric. Pastinya, dengan kegaharan dan kecanggihan pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Yamaha R1M tersebut membuatnya kian menarik perhatian para konsumen, terutama para penggemar motor super sport premium.

Berbekal Fitur Canggih dan Fungsional

Selain memiliki performa handal dan gahar, tentu saja spesifikasi Yamaha R1M ini juga akan hadir dengan ragam fitur menarik dan canggih. Bukan tak ada sebab mengingat kali ini pihak pabrikan berlogo garpu tala itu akan melengkapi motor sport ini dengan beberapa fitur modern yang memiliki fungsional tinggi. Pertama, untuk memberikan jaminan keselamatan maka Yamaha R1M pun sudah dilengkapi dengan teknologi rem ABS yang jelas akan memberikan hasil pengereman handal. Sementara itu di sisi lain, motor ini sudah menggunakan Electronic Racing Suspension (ERS) yang dikembangkan oleh Öhlins untuk meningkatkan kontrol redaman, sehingga handling semakin sempurna. Tak sampai di situ saja, Yamaha R1M ini pun juga akan mengusung beberapa fitur canggih lainnya, seperti teknologi 3-Dimension Control yang terdiri dari Slide Control System (SCS), Traction Control System (TCS), Lift Control System (LIF), Quick Shift System (QSS) dan Launch Control System (LCS). Serta, tak lupa juga mode berkendara pada instrumen indikator full digital dengan tampilan layar LCD yang membuat spesifikasi Yamaha R1M ini semakin canggih dan modern.

Spesifikasi Yamaha R1M

Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, liquid-cooled, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves
Kapasitas 998 cc
Tenaga Maksimal 147.1 kW (200.0PS) @ 13,500 rpm
Torsi Maksimal 112.4 Nm (11.5 kg-m) @ 11,500 rpm
Jumlah Silinder 4
Bore x stroke 79.0 mm x 50.9 mm
Transmisi 6 Percepatan, constant mesh
Sistem Bahan Bakar Karburasi, Keihin BP18
Sistem Pengapian TCI (digital)
Konsumsi Bahan Bakar 7.2 l / 100km
Dimensi
Panjang 2,055 mm
Lebar 690 mm
Tinggi 1,150 mm
Jarak Sumbu Roda 1,405 mm
Jarak Terendah 130 mm
Berat 201 kg
Kapasitas Tangki 17 litres
Rangka dan Kaki-kaki
Rangka Diamond
Suspensi Depan Telescopic forks, 43 mm
Suspensi Belakang Swingarm, (link suspension)
Rem Depan Hydraulic dual disc, 320 mm
Rem Belakang Hydraulic single disc, 220 mm
Ban Depan 120/70 ZR17M/C (58W)
Ban Belakang 200/55 ZR17M/C (78W)

Harga Yamaha R1M

Beralih pada sektor pembahasan berikutnya, kini saatnya kita membahas harga Yamaha R1M. Sebagai motor kelas super premium, tentunya banderol motor yang satu ini akan sangat mahal. Lihat saja, dari segi desain bodinya sendiri, Yamaha telah mengusung bahan material fiber carbon yang sangat ringan namun super kokoh. Bahkan, dari segi dapur pacunya, Yamaha R1M sendiri akan mengusung mesin 4 silinder DOHC yang berkapasitas 998 cc sehingga akan memberikan hasil performa yang sangat handal dan gahar di kelasnya. Tak lupa juga, motor super sport full fairing ini juga dibekali ragam fitur canggih dan fungsional untuk memberikan kemudahan dalam berkendara. Tentu saja, dengan ragam keunggulan yang ditawarkannya tersebut, secara tak langsung akan membuat harga Yamaha R1M ini semakin mahal.

Harga Yamaha R1M

Harga Yamaha R1M Terbaru

Seperti yang sudah diutarakan di atas, harga Yamaha R1M ini tak mungkin dibanderol dengan angka yang murah. Wajar mengingat spesifikasinya yang canggih dan segmentasinya sudah selevel dengan MotoGP. Dimana, menurut informasi yang kini sudah beredar, diketahui bahwa harga Yamaha R1M ini akan dibanderol senilai Rp 812 Juta. Sangat mahal bukan? Bahkan, nominal angka tersebut dinilai lebih mahal dibanding tipe R1 standar yang berada pada kisaran 600 jutaan. Selisih keduanya sangat banyak, karena varian dari R1M memiliki fitur lebih canggih dan dibalut bodi carbon. Bagi kalangan berduit pasti tidak akan ragu membelinya, karena Yamaha R1M sendiri telah dilengkapi teknologi motor balap MotoGP yang membuatnya siap berlari di atas sirkuit ataupun di jalan raya. Lalu, dengan harga Yamaha R1M tersebut, apakah teman-teman sudah siap untuk membelinya?

Harga Yamaha R1M
Rp 812.000.000,-
Daftar Harga Motor Honda
  • Harga Motor Yamaha R1M di atas merupakan harga yang berlaku untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha R1M

Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa informasi mengenai harga Yamaha R1M tersebut merupakan banderol resmi. Pasalnya, informasi tersebut Mas Sena kutip langsung dari situs resmi milik Yamaha Indonesia. Di samping itu, banderol yang disebutkan di atas juga berstatus OTR untuk wilayah DKI Jakarta. Sehingga, untuk daerah lain tentu banderolnya akan cenderung sedikit lebih mahal. Tentu saja, dengan harganya yang sangat mahal tersebut maka tak semua orang bisa membelinya, hanya kalangan konsumen berdompet tebal kelas konglomerat saja yang akan mampu membayar mahar dari motor super sport tersebut. Demikian, ulasan spesifikasi dan harga Yamaha R1M. Baca juga ulasan menarik lainnya dari Mas Sena tentang Kawasaki Ninja H2R dan Honda CBR1000RR.

Top