Kini, Mazda Lebih Fokus SUV

Mazda Siapkan SUV dengan Inovasi Terbaru – Melihat perumbuhan pasar SUV di Indonesia, tampaknya ajaran sport utility vehicle (SUV) hingga crossover Mazda di Indonesia dinilai cukup banyak. Tentu saja hal itu merupakan salah satu bukti yang menguatkan bahwa segmen SUV memang menjadi pusat perhatian dari para produsen.Mulai CX-3, selanjutnyca tersedia CX-5, hingga yang baru saja diluncurkan pada awal Februari 2018, yaitu CX-9.

Mazda Siapkan SUV Dengan Inovasi Terbaru

Di sisi lain, Roy Arman Arfandy yang mana dalam hal ini selaku Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengatakan bahwa pertumbuhan di segmen itu juga cukup bagus, meski tidak setinggi multi purpose vehilce (MPV). “Tetapi sesuai dengan arahan prinsipal di Jepang, kita atau secara global memang fokus bermain di SUV daripada MPV,” ujar Roy di Jakarta belum lama ini.

Sementara itu di satu sisi, perlu diketahui juga bahwa untuk model MPV, tambah Roy seperti Biante bukan berarti tidak dijual lagi di Indonesia. Konsumen yang berminat masih bisa membeli di seluruh diler Mazda, dan unit tidak inden terlalu lama.

“Inden normal sekitar satu bulan saja. Jadi MPV tetap kita jual, hanya saja porsi SUV sepeti CX-5, CX-9 atau CX-3 kita perbanyak tahun ini,” kata Roy.

Sedangkan jika kita menelisik atas data data wholesales yang dilansir dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang 2017, model Mazda CX-3 terjual 848 unit sedangkan CX-5 sekitar 812 unit. Sementara itu di satu sisi, untuk dua bulan pertama di tahun ini, model CX-3 terjual 108 unit, dan CX-5 tembus 289 unit. Biante sepanjang Januari hingga Februari 2018 terkumpul 92 unit, dan tahun lalu 455 unit.

Terlepas dari itu semua, satu hal yang pasti bahwa dengan adanya peningkatan penjualan mobil SUV, tentu saja menjadi suatu data yang membuat Mazda akan terus memproduksi dan mengembangkan SUV buatannya. Maka dari itu, tak heran jika saat ini pihak Mazda lebih terfokus garap mobil tipe SUV untuk pasar Indonesia.

Top