PCX Lokal Masih Kesulitan Saingi NMAX

Yamaha NMAX Masih Difavoritkan – Pasar skutik premium di Indonesia tampaknya mulai menunjukkan tanda-tanda persaingan yang mulai menguat. Namun, sampai detik ini pun ternyata Yamaha NMAX 155 tetap perkasa walau nada ancaman sudah dinyanyikan Honda lewat PCX 150 rakitan lokal sejak Desember lalu. Pada bulan pertama PCX mulai dijual, Februari, hasilnya 9.661 unit. Sementara itu di sisi lain, untuk Yamaha NMAX terjual 34.044 unit.

Yamaha NMAX Masih Difavoritkan

Hasil penjualan dari Yamaha NMAX pada Febuari naik 5.642 unit dari Januari. Selama dua bulan awal tahun ini NMAX sudah laku 62.446 unit atau tumbuh lebih dari 50 persen bila dibandingkan periode sama tahun lalu.

Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan facelift NMAX pada Desember 2017, beberapa hari sebelum PCX diperkenalkan. Walau menyegarkan namun kekuatan NMAX bukan itu saja, tapi juga citra skutik maxi murah yang sudah melekat lebih dulu.

Sementara itu di sisi lain, untuk Honda PCX yang saat ini sedang berusaha mengubah persepsi masyarakat dari produk mahal menjadi terjangkau mendapatkan penjualan awal dihimpun dari pemesanan konsumen sejak Desember 2017. Distribusi ke konsumen belum selesai pada Februari sebab Astra Honda Motor pernah menyebut bulan lalu total pesanan mencapai 12.000 unit.

Akan tetapi, tampaknya merupakan suatu kesimpulan yang terlalu buru-buru jika menganggap PCX lokal tidak bisa mengalahkan NMAX. Namun, hanya saja jika kita melihat data yang ada, memang kenyataannya sekarang posisi NMAX diakui jauh lebih unggul. Pertarungan kedua model ini diharapkan bisa mengangkat pasar skutik maxi 150 cc, ujungnya bisa meningkatkan volume penjualan nasional.

Terlepas dari itu, jika kita tarik secara lebih luas, tampaknya pasar skutik gambot kelas premium memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan, dengan adanya perkenalan PCX lokal tersebut, secara tak langsung menunjukkan bahwa produsen sudah mulai mencium dominasi pasar skutik gambot di Indonesia mulai mengalami peningkatan yang dinilai cukup signifikan. Tentu saja, hal ini menjadi suatu hal positif bagi perkembangan industri otomotif Tanah Air.

Top