Auto2000 Optimistis Avanza Masih Kuat

Meski Terancam, Toyota Yakin Avanza Masih Kuat – Tampaknya, jika kita melihat adu persaingan di segmen low multipurpose vehicle (LMPV) semakin ketat. Apalagi, saat ini telah hadir dua merek baru, yaitu Mitsubishi dan Wuling. Bahkan, penjualan Xpander dan Confero sejak pertama diluncurkan tahun lalu sampai sekarang cukup bagus dan menandakan ada angin segar yang siap menjadi keuntungan bagi pihak pabrikan.

Meski Terancam, Toyota Yakin Avanza Masih Kuat

Melihat kondisi seperti itu, Chief Executive Auto2000 T Martogi Siahaan mengatakan bahwa Toyota Avanza masih cukup kuat meski mendapatkan gangguan dari sudut kiri-kanan, atas, dan bawah.

“Setiap merek punya pasar tersendiri termasuk Avanza,” kata Martogi pada Selasa (20/3/2018).

Martogi menjelaskan, pada dasarnya masyarakat akan melihat produk itu dari sisi layanan purnajual dan ketersediaan bengkel, hingga suku cadang. Toyota punya semuanya, bahkan hingga ke pelosok sehingga bisa memudahkan pelanggan.

“Jaringan penjualan dan bengkel kami sudah tersebar di mana-mana. Permintaan Avanza sejak dulu sampai sekarang juga cukup bagus,” kata dia.

Dis amping itu, perlu diketahui juga bahwa per bulan, lanjut Martogi, rata-rata penjualan Avanza di seluruh jaringan Auto2000 sekitar 5.000 unit. Tak sampai di situ saja, bahkan pernah mencapai 6.000-an unit. Jumlah itu dinilai bertahan meskipun persaingan semakin ketat.

Di satu sisi, jika kita mendasarkan atas data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales Avanza pada dua bulan pertama 2018 sudah mencapai 14.316 unit. Per bulan rata-rata di atas 6.000-an unit, bahkan di Januari 2018 tembus 7.543 unit.

“Stok Avanza di semua jaringan diler kami juga cukup sehat,” kata Martogi.

Terlepas dari itu semua, Toyota sendiri juga telah mempersiapkan Avanza terbarunya tersebut sebagai salah satu upaya dalam mempertahankan segmentasi pasarnya yang kini mulai tergerus oleh para pesaingnya. Maka dari itu, tak heran jika persaingan di segmen ini bakal semakin menguat.

Top