Wow! Penjualan Ninja 250 Melesat

Angka Penjualan Ninja 250 Melambung Tinggi – Ketatnya persaingan otomotif di segmen motor sport full fairing tampaknya sangat menarik. Bahkan, semenjak kemunculan model terbaru Honda CBR250RR, pertarungan di segmen sport fairing 250 cc pun bisa dibilang sangat seru. Pasalnya, pemimpin pasar roda dua dalam negeri itu gelontorkan investasi untuk memproduksi secara lokal untuk mendominasi pasar.

Angka Penjualan Ninja 250 Melambung Tinggi

Entah hanya sekedar sebuah euforia kemunculan atau bukan. Pasalnya, jika kita melihat alur sejarahnya, di awal-awal Honda CBR250RR sempat menggeser jagoan lama Kawasaki Ninja, namun tampaknya hal itu tak berlangsung lama. Performa penjualan motor sport buatan pabrik berlogo kepakan sayap asal Jepang tersebut kemudian melempem, bahkan pada dua bulan pertama 2018 ini anjlok cukup dalam dengan penurunan yang sangat signifikan.

Bukan tanpa alasan mengingat jika kita melihat dari data distribusi Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penurunannya mencapai 78,92 persen, atau hanya mencapai 508 unit. Padahal, sebelumnya, di awal tahun 2017 lalu atau lebih tepatnya p0ada kurun waktu Januari-Februari 2017 lalu, disribusinya mencapai 2.410 unit.

Sementara itu, tampaknya sang raja motor sport full fairing dari Kawasaki kembali menguasai takhtanya lagi, dengan pertumbuhan mencapai 29,33 unit, atau dengan kata lain kali ini sudah terdistribusi sebanyak 3.078 unit. Tak hanya itu saja, bahkan tahun lalu, posisi tertingginya sempat kandas direbut CBR250RR, tapi kali ini berhasil direbut kembali bahkan ditinggal jauh.

Memang, jika kita menilik beberapa waktu sebelumnya, semenjak kelahiran generasi ketiga baru Kawasaki Ninja 250, pihak Kawasaki Motor Indonesia (KMI) optimistis bakal semakin dominan di kelas fairing 250cc. KMI bahkan mematok target penjualan sampai 15.000 unit pada tahun ini, atau naik dua kali lipat dari hasil 2017.

Kemudian di posisi terakhir ada R25 yang tampaknya juga turut merosot pada dua bulan ini, dengan hasil minus 58,61 persen. Pada tahun ini jagoan dari lini Yamaha tersebut hanya memperoleh 161 unit saja, padahal periode yang sama tahun lalu sebesar 389 unit.

Tentu saja, dengan data penjualan dari ketiga pabrikan tersebut, sepertinya bakal menjadi topik menarik untuk kita pantauterus sampai akhir tahun 2018 ini.