Pengagum Avanza Veloz Kini Beralih ke Rush

Pesona Rush Kian Memikat Para Konsumen – Pasar SUV dengan 7 penumpang di Indonesia tampaknya menjadi segmen dengan perkembangan maupun peningkatan yang sangat pesat. Hal itu pun diikuti dengan hadirnya beberapa SUV buatan pabrik Jepang, salah satunya yaitu Toyota Rush. Dimana, daya tarik SUV 7-penumpang Toyota Rush terbaru yang meluncur pada Januari 2018 lalu ternyata sangat kuat. Bahkan, pesona dari mobil yang satu ini pun sampai mampu membalikkan hati para konsumen Avanza. tentu saja, secara tak langsung Toyota Rush justru menjadi salah satu tersangka penyebab penjualan Avanza turun pada awal tahun 2018 ini.

Pesona Rush Kian Memikat Para Konsumen

Tak hanya itu, daya tarik SUV berkapasitas 7 penumpang ini pun juga terlihat jelas dari jumlah penjualannya secara keseluruham. Pasalnya, penjualan Rush terekam lagi naik selama Januari–Februari 2018 ini, yaitu rata-rata 3.500 unit per bulan. Tahun lalu penjualan model lama rata-rata 1.600 unit per bulan. Bersamaan dengan itu, ketika Rush melonjak, penjualan Avanza pun juga turun drastis. Yang mana, Toyota Avanza pada Januari 7.543 unit kemudian drop jauh ke 6.773 unit pada Februari.

Melihat fakta yang cukup mengejutkan tersebut, Excecutive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto pernah menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mengkaji lebih jauh seberapa besar pengaruh model baru Rush ke penjualan Avanza. Kajian itu dilakukan bareng menganalisis persaingan kompetitor Mitsubishi Xpander.

Di sisi lain, jika mengutip dan mempelajari penjelasan grup diler terbesar Toyota, Auto2000, tambahan konsumen Rush berasal dari varian tertinggi Avanza, yaitu Toyota Avanza Veloz. Banyak yang berspekulasi bahwa konsumen tertarik karena harga Rush terbaru tidak berubah dari model lama. Banderolnya cuma beda tipis dari Veloz varian tertinggi. Tentu saja, hal tersebut menjadi magnet kuat bagi para konsumen.

“Jadi Avanza Veloz kami yang lari ke Rush. Kemudian Avanza. Suplainya juga sedikit turun karena kami sedikit fokus suplai Rush,” kata Operation Manager DKI II Auto2000 Ardian Nur di Jakarta pada Jumat (23/3/2018).

Top