Harga Yamaha R6, Review, Spesifikasi & Gambar Mei 2019

Harga Yamaha R6 dan Spesifikasi – Generasi terbaru dari Yamaha R6 akhirnya sudah dirilis dengan tampilan yang lebih fresh dan tentunya sporty. Bahkan, motor sport full fairing buatan pabrik berlogo garpu tala tersebut kabarnya sudah mengaspal di Thailand. Namun, sampai detik ini di Indonesia sendiri masih menjual R6 tipe lawas. Tentu saja ada harapan tinggi dari pihak para konsumen dengan mendesak pihak Yamaha Indonesia untuk segera membawa Yamaha R6 ini ke Tanah Air. Bukan tanpa alasan mengingat motor sport full fairing yang satu ini memiliki desain sporty dan elegan dengan berbagai keunggulan yang sangat menarik. Dengan begitu, tak heran jika banyak pihak yang menunggu-nunggu kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya itu saja, yang membuat konsumen kian kepincut pada motor ini yaitu banyaknya perbedaan yang diusung generasi baru dari Yamaha R6 terbaru dibanding versi lawasnya.

Yamaha R6

Bukan tanpa alasan, kini penyegaran yang diterapkan pada Yamaha R6 sendiri mengusung konsep desain yang hampir mirip dengan model R1. Dimana, kesan agresif dan futuristik pun kian tampak kuat menghias tampilan bodi fisiknya. Selain itu, keunggulan yang dimiliki motor sport buatan Yamaha yang satu ini juga terletak pada rangkanya yang cukup ringan namun kokoh berbahan magnesium sehingga akan memberikan kenyamanan dalam berakselerasi. Di samping itu, Yamaha R6 ini juga dipastikan bakal dibekali dapur pacu handal dengan membawa mesin DOHC berkapasitas 599 cc. Yang mana, meski mesin yang digunakan punya kapasitas sama dengan R6 lama, tapi performanya berbeda. Hal ini dikarenakan penyesuaian standar emisi Euro 4 yang diklaim ramah lingkungan. Tak sampai di situ saja, bahkan akan ada beberapa fitur anyar yang tersemat di R6 genersi baru untuk membuat rasa berkendara lebih menyenangkan. Nah, untuk mengenal lebih jauh keunggulan dari pembaruan pada Yamaha R6 ini, simak saja ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Yamaha R6 di bawah ini!

Motor Yamaha R6

Review Yamaha R6

Desain

Pembaruan Total Usung Desain Lebih Sporty dan Aerodinamis Berikan Kesan Elegan

Mengacu atas tampilan yang akan diperlihatkan desain dari spesifikasi Yamaha R6 tampaknya juga bakal menjadi salah satu sektor yang memiliki daya tarik tersendiri. Wajar saja mengingat pembaruan yang akan diterapkan pada motor sport full fairing garapan Yamaha ini juga menyentuh bagian tampilan fisiknya. Dimana, kali ini Yamaha R6 akan mengusung konsep desain yang hampir mirip dengan sang kakak, YZF-R1. Hal itu bisa dilihat dari setiap sisi bodinya. Dari depan, tampak Yamaha akan mengusung konsep ala MotoGP dengan headlamp modern berteknologi LED nan tajam sehingga semakin memperkuat kesan agresif. Sementara lampu utama diletakkan agak ke bawah. Perubahan lain, windscreen dan fairing dirancang sedemikian rupa agar lebih aerodinamis dengan mengurangi drag coefficient sebanyak delapan persen. Lampu sein yang tadinya ada di bodi, kini diubah terintegrasi dengan spion. Kemudian, untuk bagian sampingnya juga tampak sebuah tangki berkapasitas 17 liter yang didesain begitu sporty layaknya MotoGP Series dengan lekukan tegas dan tajam yang membuatnya semakin begitu tampak sport dan elegan. Lalu, sedikit mundur ke belakang, motor ini akan hadir dengan mengusung jok terpisah bertingkat antara jok pengemudi dan penumpang untuk memberikan posisi riding yang nyaman khas motor sport. Tak sampai di situ saja, Yamaha R6 ini juga akan mengusung knalpot modern berupa Titanium Muffler with Exup System yang semakin mempertegas kehandalannya sebagai motor sport full fairing masa kini. Kemudian, di bagian belakang juga terlihat stop lamp modern yang juga dibekali teknologi LED. Tentu saja, jika kita lihat secara keseluruhan, sektor desain fisik pada bodi dari spesifikasi Yamaha R6 ini memang begitu menarik dan elegan.

Spesifikasi Yamaha R6

Speedometer

Dibekali Speedometer Atraktif dan Modern dengan Kelengkapan Fitur Indikator yang Informatif

Sementara itu di sisi lain, ada satu sektor yang patut untuk kita bahas, yaitu speedometer pada spesifikasi Yamaha R6. Mengapa? Sebab sektor ini menjadi salah satu bagian yang memiliki daya tarik tersendiri. Wajar mengingat speedometer di sini merupakan segmen yang akan memberikan informsi penting terkait kondisi motor. Nah, untuk menunjang hal tersebut maka kali ini Yamaha R6 pun akan mengusung panel digital-analog yang akan menampilkan beberapa info penting. Untuk panel digital, akan memberikan info mengenai Trip Meter, Odo Meter, Average, jarak tempuh Km/jam, Mode berkendara, posisi gear dan GPS. Sedangkan di sisi lain, panel analog yang dibawanya hanya cukup memberikan info tentang rpm. Tak sampai di situ saja, bahkan Yamaha R6 ini pun juga akan dibekali dengan beberapa lampu indikator berupa lampu netral, lampu sein, lampu jarak jauh (high beam), indikator ABS, dan indikator pengingat suhu. Tentu saja dengan kelengkapan info yang ditampilan panel indikator dari spesifikasi Yamaha R6 tersebut akan membuatnya semakin informatif.

Spesifikasi Motor Yamaha R6

Dimensi

Rangka Gagah dan Kokoh dengan Dimensi yang Ideal

Sedangkan di sektor lain, kini Mas Sena akan mengulas pada bagian dimensi bodi yang dibawa spesifikasi Yamaha R6. Sebagaimana dengan yang sudah dikatakan di atas, motor sport full fairing ini memang memiliki gaya desain dengan konsep sport yang sangat aerodinamis. Hal itu tentunya juga tak lepas dari struktur rangka yang kini mengusung rangka Aluminium Deltabox sehingga terkesan kokoh namun tetap ringan. Selain itu, ukuran bodinya juga dinilai ideal dimana kali ini Yamaha R6 ini akan dibangun melalui dimensi dengan ukuran panjang 2040 mm, lebarnya 705 mm, tinggi 1095 dengan jarak sumbu roda 1375 mm dan memiliki bobot 189 Kg. Dengan begitu maka motor ini akan sangat tampak aerodinamis dan nyaman saat berakselerasi. Tak sampai di situ saja, bahkan pihak Yamaha pun juga telah membangun dimensi pada motor sport buatannya tersebut dengan tinggi tempat duduk 850 mm serta dibuat dengan ukuran ground clearance ideal setinggi 130 mm. Maka dari itu, tak heran jika dengan rangka dan ukuran dimensi pada spesifikasi Yamaha R6 yang begitu ideal tersebut akan memberikan posisi berkendara yang nyaman dan aman.

Review Yamaha R6

Suspensi

Mengusung Suspensi Handal Berikan Kestabilan dan Keseimbangan Maksimal

Di satu sisi kaitannya dengan dimensi, pada spesifikasi Yamaha R6 ini juga memiliki kaki-kaki yang cukup handal dan kokoh. Pasalnya, sebagai motor sport yang memiliki bodi cukup berat, tentu sektor kaki-kaki menjadi bagian terpenting untuk menjaga kestabilan. Oleh sebab alasan itulah maka kali ini Yamaha R6 akan mengandalkan suspensi Upside-down Telescopic 41 mm di bagian depan dan Swingarm (link suspension) Monoshock pada bagian belakang. Tentu saja dengan keberadaan kedua suspensi tersebut maka akan membuat keseimbangan berkendara menjadi lebih maksimal serta mampu meredam setiap getaran saat melalui jalanan yang berlubang. Di satu sisi, Yamaha R6 ini juga akan dibekali dengan velg sporty dengan ukuran 17 inci yang siap dibalut ban handal. Yaitu ban berukuran 120/70 ZR17M/C (58W) untuk bagian depan dan 180/55 ZR17M/C (73W) pada bagian belakang. Tak sampai di situ saja, bahkan Yamaha pun juga telah melengkapi motor sport buatannya tersebut dengan rem Hydraulic Dual Disc berukuran 310 mm dan Hydraulic Single Disc yang memiliki diameter 220 mm. Selain itu, sektor pengereman yang diusung spesifikasi Yamaha R6 ini juga sudah dibekali teknologi ABS untuk memberikan kualitas rem yang lebih maksimal.

Harga Motor Yamaha R6

Mesin

Performa Kalem Namun Handal Berkat Mesin 599 cc Berteknologi Fuel Injection

Selanjutnya, pada segmen selanjutnya kita akan mulai menilik keunggulan spesifikasi Yamaha R6 ini pada sektor ruang pacu atau mesinnya. Memang, varian generasi terbaru motor sport yang satu ini akan mengandalkan kapasitas mesin yang tak berbeda jauh dengan varian sebelumnya. Dimana, sama-sama mengusung mesin Liquid-cooled, DOHC, forward-inclined parallel 4-cylinder, 4-valves dengan kapasitas 599 cc. Namun, untuk soal performa, tampaknya bekalan mesin yang diusung Yamaha R6 versi terbaru ini akan sedikit berbeda dengan model terdahulu. Pasalnya, diketahui bahwa mesin yang dibawa motor sport ini mampu menyemburkan power maksimal hingga 118.4 Ps pada 14.500 rpm dan torsi yang dihasilkan cuma 61,7 Nm pada 10.500 rpm. Berbeda dengan varian dulu yang diklaim mampu menyemburkan power maksimal lebih handal hingga 123.7 Ps dan torsi 65.7 Nm. Meskipun demikian namun kali ini Yamaha R6 tetap mampu memberikan hasil yang maksimal dan ramah lingkungan. Pasalnya, ruang mesin yang dibawa motor ini juga sudah dibekali dengan sistem suplai bahan bakar Fuel Injection serta sudah bersertifikasi Standard Emisi EURO 4 yang diklaim bakal ramah lingkungan. Dengan begitu maka tak heran jika sektor permesinan yang diusung spesifikasi Yamaha R6 ini menjadi bagian yang cukup menarik.

Fitur

Dilengkapi Fitur Berlimpah dan Canggih

Di satu sisi, pada spesifikasi Yamaha R6 ini pun juga akan dibekali dengan beberapa fitur canggih yang memiliki fungsionalitas tinggi. Hal itu tentu juga sebagai media untuk melengkapi atau lebih tepatnya memberikan kenyamanan maupun menjamin keselamatan pengguna dalam berkendara. Salah satu fitur yang cukup handal untuk menunjang yaitu adanya fitur pengereman ABS yang akan memberikan kualias rem lebih sempurna serta mencegah terjadinya ban selip. Sehingga keselamatan pun menjadi lebih terjamin. Di samping itu, Yamaha R6 ini juga sudah dilengkapi dengan panel indikator digital-analog dengan mode pengendaraan yang begitu informatif. Tak sampai di situ saja, pihak Yamaha juga telah melengkapi sektor rung pacunya dengan sistem fuel injection dan sudah besertifikasi EURO 4 yang dipastikan bakal membuat performanya lebih efektif dan efisien. Dengan begitu jelas sudah bahwa spesifikasi Yamaha R6 ini memang terbilang handal dan canggih.

Spesifikasi Yamaha R6

Mesin
Tipe Mesin 4-stroke, liquid-cooled, forward-inclined parallel 4-cylinder, DOHC
Kapasitas 599 cc
Tenaga Maksimal 118.4 PS @ 14,500 rpm
Torsi Maksimal 61.7 Nm @ 10500 rpm
Jumlah Silinder 4
Kecepatan Tertinggi 262 kmph
Bore x stroke 67.0mm x 42.5mm
Sistem Pendinginan Cairan
Tipe Transmisi  Constant Mesh, 6 Gigi
Jenis Bahan Bakar Bensin
Dimensi
Panjang 2040 mm
Lebar 695 mm
Tinggi 1150 mm
Jarak Sumbu Roda 1375 mm
Jarak Terendah 130 mm
Berat 190 kg
Kapasitas Tangki 17 Liter
Rangka dan Kaki-kaki
Rangka Aluminium Deltabox
Suspensi Depan Upside-down telescopic fork, 43 mm
Suspensi Belakang Swingarm, link suspension, Monoshock
Rem Depan Hydraulic dual disc, 320 mm
Rem Belakang Hydraulic single disc, 220 mm
Ban Depan 120/70 ZR17M/C
Ban Belakang 180/55 ZR17M/C
Sistem Pengereman ABS

Harga Yamaha R6

Akhirnya, sampailah pada titik di mana kita akan membahas soal harga Yamaha R6. Perlu untuk diketahui bahwa motor sport full fairing buatan pabrik berlogo garpu tala yang satu ini memang menjadi salah satu produk pembaruan dari varian sebelumnya. Dimana, kali ini Yamaha R6 hadir dengan tampilan desain yang lebih macho seperti pada YZF-R1. Selain itu, motor sport garapan Yamaha ini juga akan dibekali dengan mesin yang sama namun dilengkapi teknologi yang sudah bersertifikasi EURO 4 yang akan membuat performanya semakin handal dan mumpuni. Di samping itu, fitur-fitur pun juga turut disematkan untuk menunjang performanya agar semakin maksimal. Nah, dengan segala keunggulan yang diusung motor sport tersebut, lantas kira-kira berapa sih harga Yamaha R6 ini?

Harga Yamaha R6

Harga Yamaha R6 Terbaru

Sebagai model yang telah mendapat pembaruan, tentu akan perbedaan harga Yamaha R6 versi baru dengan yang dahulu. Untuk model sebelumnya, banderolnya menginjak angka 270 jutaan. Namun, untuk harga Yamaha R6 model terbaru ini, sampai sekarang masih belum diketahui secara pasti. Namun, Mas Sena memprediksi bahwa nantinya motor sport full fairing buatan Yamaha ini akan dibanderol di kisaran Rp 270 jutaan sampai Rp 300 jutaan. Perkiraan yang menurut Mas Sena sudah sesuai dengan spesifikasi maupun segmentasinya. Tentu saja, dengan harga Yamaha R6 yang begitu mahal tersebut, hanya akan mampu dibeli oleh kalangan berduit saja.

Harga Yamaha R6
Rp 270.000.000,- s/d Rp 300.000.000,-
Daftar Harga Motor Honda
  • Harga Motor Yamaha R6 di atas merupakan harga perkiraan
  • Beda kota, kemungkinan beda pula harga Yamaha R6

Sekali lagi, perlu Mas Sena pertegas kembali bahwa harga Yamaha R6 yang telah diinformasikan di atas masih berstatus perkiraan atau prediksi saja. Bukan tanpa alasan mengingat kabarnya motor full fairing buatan pabrik berlogo garpu tala ini baru akan meluncurkan sekaligus merilis harga resminya pada Mei 2019 yang akan datang. Namun, kemungkinan besar harganya tak akan berbeda jauh dengan kisaran banderol yang telah disebutkan di atas. Nah, sepertinya sampai di sini dulu ya kawan pembahasan kali ini. Semoga saja ulasan lengkap terkait dengan review spesifikasi dan harga Yamaha R6 ini bisa menjadi sumber referensi bagi teman-teman semua. Baca juga review motor sport menarik lainnya dari Mas Sena seperti Kawasaki Ninja 250SL dan Yamaha R25 ABS.

Top