Toyota Vios 2018 Bakal Tempel Ketat Honda City

Vios dan City Saling Bersaing Ketat – Meski sempat menjadi rumor namun kini akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan New Vios pada Selasa (3/4/2018). Mobil tipe sedan mini garapan Toyota yang satu ini kabarnyak bakal dijual mulai Rp 291,1 juta (E M/T), Rp 304,1 juta (E/CVT), Rp 309,9 juta (G M/T), dan Rp 326 juta (G/CVT) on the road DKI Jakarta dan sekitarnya.

Vios Dan City Saling Bersaing Ketat

Nah, semenjak hadirnya New Vios, tentu secara tak langsung akan menjadi ancaman bagi beberapa sedan mini buatan pabrik lain. Lalu, kaitannya soal persaingan, Vios punya rival abadi, yaitu Honda New City. Kini secara harga kedua sedan mini itu bersaing ketat, bedanya City hanya tersedia satu tipe dengan dua varian, yakni E M/T dan E CVT, sementara Vios dua tipe dengan empat varian.

Sementara itu di satu sisi, jika kita menilik pada situs resmi Honda, New City dijual mulai Rp 313.500.000 (E M/T), dan Rp 322.000.000 (E CVT) on the road DKI Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan di sisi lain, untuk harga yang diinformasikan oleh tenaga penjual per April mulai Rp 316 juta (E M/T) dan Rp 326 juta (E CVT).

Selain itu, apabila mendasarkan pada data yang tertulis di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tercatat bahwa penjualan paling tinggi di kelas sedan mini, dipegang oleh Honda City. Dimana, tertulis bahwa sepanjang 2017 wholesales-nya 1.024 unit, sedangkan Vios hanya 746 unit.

Lantas, dengan adanya model baru ini apakah New Vios bisa lebih menempel ketat New City di pasar otomotif nasional?

“Fokus utama kami yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat di segmen entry sedan, melalui New Vios. Agar customer semakin merasakan peace of mind saat berkendara dengan Toyota,” ujar Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto pada Selasa (3/4/2018).