Suzuki Siap Hadirkan Baleno Facelift

Suzuki Baleno Bakal Diperbarui Lagi – Semakin ketatnya persaingan di dunia otomotif, membuat beberapa produsen pun kerap berlomba dengan memperbarui setiap produknya, terutama di sektor kendaraan roda empat. Nah, belum lama ini Produsen mobil asal Jepang Suzuki, terendus bakal memproduksi Baleno facelift di India tahun ini. Pertama kali model ini muncul di pasar India 2015 lalu, artinya sudah tiga tahun usia hatchback tersebut.

Suzuki Baleno Bakal Diperbarui Lagi

Di samping itu, berdasarkan laporan yang dilansir dari Indianautosblog pada Jumat (6/4/2018), dari sumber terpercaya mereka, peluncuran dan penjualan resmi untuk Baleno Facelift ini akan dilakukan pada kuartal pertama 2019, antara Januari sampai Maret. Sementara itu di sisi lain, untuk langkah produksinya akan berjalan lebih dahulu pada Oktober 2019.

Berkaitan dengan pembaruan apa yang akan diterapkan, Baleno facelift bakal punya lampu proyektor LED, dengan revisi pada grille depan dan bumper. Kemudian, yang tak kalah penting lagi, sumber yang ikut dalam pengembangan Baleno mengatakan, kalau mereka sedang meracik mesin diesel baru Suzuki 1,5 liter dan akan menggantikan mesin 1.3 liter DDiS 190 dengan sedikit penyegaran.

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan mesin diesel 1.3-liter DDiS 190 tidak hanya digunakan pada Baleno tetapi juga Suzuki Ignis, Swift, Dzire, Ciaz, Ertiga dan Suzuki S-Cross. Itu adalah mesin yang dipasok oleh Fiat, yang digunakan juga oleh Tata Motors.

Fiat sendiri tidak berencana untuk meng-upgrade mesin diesel 1.3L demi memenuhi standar emisi di India, BS VI, dan berarti mesin tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi mulai April 2020. Karena itu, untuk menggantikannya, Suzuki mengembangkan mesin diesel 1,5 liter BS VI yang memenuhi standar di Jepang.

Sebelum Baleno facelift, pihak Maruti Suzuki juga bisa menggunakan mesin ini pada Ciaz dan generasi terbaru Suzuki Ertiga. Memang Indonesia juga saat ini sudah masuk pada standar emisi Euro IV, dan mesin tersebut juga akan sesuai di sini.