Generasi Baru Honda PCX 125 Meluncur di Eropa

Honda PCX 125 Bakal Menjadi Pesaing Yamaha Lexi – Geliat Honda Motor dalam bersaing di industri kendaraan bermotor tampaknya selalu saja menunjukkan kesuksesan. Menyusul Honda di Indonesia yang meluncurkan generasi baru PCX 150, versi lain dengan mesin lebih kecil, yaitu Honda PCX 125 pun akhirnya baru diperkenalkan untuk pasar Eropa pada Jumat (5/4/2018). Perlu diketahui bahwa model yang sebenarnya bakal menjadi pesaing berat Yamaha Lexi itu punya desain mirip seperti PCX 150.

Honda PCX 125 Bakal Menjadi Pesaing Yamaha Lexi

Di sisi lain, Honda PCX 125 memang sebelumnya juga menjadi salah satu skutik yang laris di Eropa. Pasalnya, hal itu terbukti dengan angka penjualannya yang tinggi dimana sejak 2010 penjualannya sudah mencapai 140.000 unit. Tak hanya itu saja, bahkan model ini merupakan yang pertama di Eropa menggunakan fitur Idling Stop Technology dan mesin enhanced Smart Power (eSP).

Nah, kini menginjak tahun 2018 ini, generasi baru PCX 125 hadir dengan sasis baru dengan mengusung duplex cradle menggantikan underbone. Bahkan, kini PCX 125 pun juga memiliki mesin lebih bertenaga, desain modern, dimensinya ideal dan semakin ringan 2,4 kg, serta dapat tambahan teknologi pengereman berupa anti-lock braking system (ABS).

Kemudian, untuk dimensinya sendiri, PCX 125 ini memiliki berat 130 kg, tinggi jok 764 mm, ban 14 inci depan-belakang, kapasitas tangki bahan bakar 8 liter, lampu depan-belakang LED, dan konsumsi bahan bakar 47,6 kml.Tak cukup sampai di situ saja, bahkan untuk wheelbase pun dijelaskan berkurang 2 mm, menjadi 1.313 mm. Suspensi depan sama seperti sebelumnya telescopic 31 mm, namun shockbreaker belakang sedikit maju ke depan mendekati mesin untuk menunjang kenyamanan berkendara.

Di samping itu, sektor dapur pacu dari PCX 125 pun juga akan mengandalkan teknologi SOHC berkapasitas 125 cc dan mengusung sistem pembakaran berupa PGM-FI berpendingin udara yang telah dikembangkan agar lebih bertenaga pada putaran tinggi. Tenaganya kini dinilai lebih handal, yaitu mampu mencapai titik power dari 3 kW menjadi 9 kW @8.500 rpm dan torsi maksimum 11,8 Nm @5.000 rpm.

Terkait hal tersebut, meskipun nantinya skutik buatan Honda ini berada di kelas yang sama, PCX 125 dan Lexi kemungkinan tidak akan pernah bersaing langsung. Saat ini kondisinya Lexi ditujukan buat pasar Indonesia, sedangkan Honda belum memberikan tanda-tanda yang menunjukkan bahwa pihaknya mau menjual PCX 125 di dalam negeri.

Top