Suzuki Jamin Mesin All New Ertiga Sudah Standar Euro 4

Ertiga Pastikan Usung Mesin Berstandar Euro 4 – Sejak diluncurkan pada tahun 2018 ini, generasi ke dua Suzuki Ertiga memang mampu memikat para calon konsumen di Indonesia. Menariknya, Low MPV buatan Suzuki terbaru ini akan menggendong mesin baru, yaitu K15B yang mana sebelumnya masih memakai tipe K14B. Tak hanya itu saja, mesin baru yang dikembangkan di Indonesia oleh pihak Suzuki tersebut pun diklaim sudah memenuhi standar emisi Euro IV.

Ertiga Pastikan Usung Mesin Berstandar Euro 4

Dengan demikian maka apabila Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017, tentang aturan emisi Euro IV sudah diresmikan, tentu saja sudah tidak ada masalah menggunakan bahan bakar minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan. Dengan begitu maka pembekalan mesin tersebut merupakan keunggulan tersendiri bagi Suzuki Ertiga di saat mungkin model lain belum memenuhi standar emisi EURO 4.

“Sudah kami sesuaikan pada mesin terbaru ini, jadi untuk pasar domestik dan juga ekspor nantinya,” ujar Donny Saputra, Direktur Pemasaran PT Suzukli Indomobil Sales (SIS) belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat.

Di sisi lain, jika kita menelisik secara mendetail terkait dengan mesin tipe terbaru Suzuki tersebut tentu akan cukup menarik. Pasalnya, diketahui bahwa jantung pacu pada Low MPV itu memiliki spesifikasi empat silinder dengan 16 katup dan berkubikasi 1.462 cc. Tenaga maksimum yang dihasilkan, yaitu 103 tk pada 6.000 rom dan torsi maksimum 138 Nm pada 4.400 rpm.

“Mesin ini sudah sangat sesuai dengan kondisi di Indonesia, apalagai nanti ketika sudah Euro IV, kita sudah sangat siap sekali,” kata Donny.

Penggunaan mesin baru pada All New Ertiga tersebut dirasa sangat tepat mengingat penerapan standar emisi EURO IV akan diberlakukan di seluruh Indonesia. Kendaraan yang masih memiliki teknologi Standar Emisi Euro II tetap akan bisa menggunakan bahan bakar Standar Emisi Euro IV. Mobil bermesin bensin berlaku mulai September 2018, sementara diesel efektif pada 10 Maret 2021. Penerapan Euro IV bertujuan untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Top