Honda Klaim PCX Hybrid Jauh Lebih Irit

Honda PCX Hybrid Jauh Lebih Irit Bahan Bakar – Dobrak pasar otomotif di segmen skutik premium, AHM pun melakukan sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan skutik bermesin hybrid, yaitu All new Honda PCX Hybrid. Skutik buatan Honda ini resmi dipamerkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di sebuah ajang pamera bergengsi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu dan diklaim memiliki keunggulan lebih irit bahan bakar dibanding Honda PCX 150.

Honda PCX Hybrid Jauh Lebih Irit Bahan Bakar

Nah, berkaitan dengan klaim yang dinyatakan tersebut, dalam hal ini Endro Sutarno selaku Technical Service Training Instructor PT AHM pun juga turut mengatakan bahwa kendaraan hybrid sendiri menggabungkan efisiensi bahan bakar dan peningkatan performa akselerasi. Sehingga, tingkat efisiensi pun menjadi jauh lebih maksimal.

“Kalau dibandingkan dengan kendaraan yang sama, hybrid lebih ekonomis untuk dijalankan. Hybrid juga mendapat tenaga tambahan dari motor listrik untuk membuat performa yang semakin responsif dan meningkatkan akselerasi,” kata Endro di AHM Training Center, Sunter pada Rabu (16/5/2018).

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan Honda PCX Hybrid ini menurutnya memang dihadirkan dengan menonjolkan keiritan bahan bakar, tetapi hanya berbeda tiga persen dibanding Honda PCX konvensional atau yang berbahan bakar bensin.

“Hal pertama yang membuat motor ini bisa lebih irit ialah dari PGM FI ada perubahan,” ujar Endro.

Selain itu, Endro juga menjelaskan pula bahwa perubahan pada bagian rem yang kini lebih handal dan canggih pun diklaim juga memengaruhi konsumsi bahan bakar PCX Hybrid.

“Di bagian rem juga ada perubahan, lebih ringan. Engine juga berpengaruh, kita ada perubahan dari yang lama secara keseluruhan,” kata dia.

Sebagai informasi saja, perlu sedikit untuk diketahui bahwa sebenanrya mesin Honda PCX Hybrid ini dibantu oleh motor assist yang digerakkan melalui sebuah baterai lithium-ion berkekuatan 50,4 V- 4 Ah. Dengan kata lain, tenaga yang dihasilkan dari skutik premium buatan pabrik berlogo kepakan sayap ini mengadopsi sumber tambahan dari baterai lithium-ion yang bisa terisi ulang dari sistem AGC. Sehingga, wajar jika PCX Hybrid ini sanggup mengeluarkan tenaga maksimum 14,5 Tk pada 8.500 rpm serta torsi 13,2 Nm pada 6.500 rpm.

Sementara itu di sisi lain, untuk motor listriknya yang berupa ACG Starter mampu mengeluarkan tenaga 1,8 Tk pada 3.000 rpm serta torsi 4,3 Nm pada 3.000 rpm.

Top