Honda CBR250RR Masih Belum Bisa Diekspor

AHM Tunda Ekspor CBR250RR – Salah satu model motor sport full fairing 250 cc buatan Astra Honda Motor (AHM) CBR250RR tampaknya saat ini dinilai masih belum mampu mendongkrak kinerja ekspor. Bahkan, meskipun Indonesia sudah berstatus basis produksi, sampai saat ini pun motor sport fairing ini baru diekspor secara terurai (CKD) ke Jepang saja sejak tahun lalu.

AHM Tunda Ekspor CBR250RR

Di sisi lain, bisa dikatakan juga bahwa jumlah negeri tujuan ekspor masih belum bertambah alias baru ke Negeri Sakura saja sehingga sampai detik ini pun juga masih belum ada penambahan wilayah baru. Bukan hanya itu saja, pengiriman ekspor CBR250RR ini ke Negeri Bunga Sakura itu pun juga dalam kondisi terurai (CKD), di mana pada sepanjang 2017, mencapai 6.000 unit.

“Tempat lainnya kami sedang penjajakan, semestinya bisa. Jadi kita melalui Jepang, kemudian (dari Jepang) baru ekspor ke tempat-tempat lainnya,” ujar David Budiono selaku Production, Engineering, and Procurement Director AHM pada Senin (21/5/2018).

Sementara itu, ketika ditanyakan terkait dengan adanya kemungkinan ekspor dilakukan langsung dari Indonesia, tampaknya respon David pun cukup positif. Dimana, dalam hal ini David sendiri menjawab bahwa untuk sementara ini pihaknya butuh persiapan terlebih dahulu, misalnya terkait dengan penyesuaian standar emisi yang berlaku di negara tujuan.

“Buat sepeda motor itu ada emisi segala macem, jika ke Eropa misalnya yang sudah Euro 4. Bukannya kami tidak bisa buat, tetapi kalau kalau skala ekonominya kecil, investasinya kegedean,” ujar David.

Di samping itu, jika mendasarkan atas informasi yang disampaikan langsung oleh David, diketahui bahwa AHM tampaknya untuk saat saat ini masih mempelajari pasar ASEAN, sekaligus penetrasi pasar. Namun, kemungkinan besar pada 2019, mereka mulai bisa menambah negara tujuan ekspor baru di Asia Tenggara.

“Kami sedang studi, ASEAN dulu ya, Malaysia misalnya. Soal kapannya tergantung mereka, untuk tahun ini nampaknya tidak, tahun depan iya,” kata David.

Sedangkan informasi lain mengatakan bahwa berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), ekspor CBR250RR hanya satu unit pada Januari 2018, selebihnya kosong. Tentu, sebuah catatan yang masih perlu banyak dibenahi oleh pihak AHM.

Top