Mobil Konsep DN Multisix Bakal Gantikan Avanza-Xenia, Benarkah?

DN Multisix Bakal Jadi Saudara Avanza-Xenia – Mobil konsep DN Multisix memang menjadi sebuah rumor yang sampai detik ini menyimpan pertanyaan besar. Bahkan, ada juga yang mengaitkan bahwa mobil konsep tersebut akan menggantikan dominasi Avanza-Xenia di segmen Low MPV.

DN Multisix Bakal Jadi Saudara Avanza Xenia

Bahkan, ketika konsep baru DN Multisix diperkenalkan pada pameran otomotif yang diselenggarakan pada Agustus 2017 lalu, banyak pihak yang memprediksi bahwa model MPV itu adalah penerus Xenia atau Toyota Avanza. Namun, pada saat dikonfirmasi, nyatanya mobil konsep tersebut bukan lah model pengganti Avanza-Xenia.

“Seluruhnya tidak mirip, itu sudah pasti, kan beda,” kata Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto pada Senin (4/6/2018), saat ditanya seberapa mirip generasi baru Avanza dengan DN Multisix.

Sementara itu di satu sisi, apabila ditelisik dari konsep dasar, sesuai namanya, DN Multisix memiliki kapasitas berbeda, yaitu muat enam penumpang. Sedangkan seperti kita tahu selama ini Xenia-Avanza didesain untuk tujuh penumpang. Tak sampai di situ saja, perbedaan pada DN Multisix dengan Avanza-Xenia pun juga terletak pada roda penggeraknya. Dimana DN Multisix bergerak menggunakan roda depan sementara Avanza-Xenia roda belakang.

Sehingga, rumor yang berkembang tersebut menjadi lompatan besar bila Avanza-Xenia berubah seperti DN Multisix. Maka dari itu, tak heran jika kini sudah mulai beredar juga anggapan DN Multisix nantinya jadi produk MPV low baru, muat enam penumpang dan berpenggerak roda depan, yang mana nantinya dipastikan bakal berdampingan dengan Avanza-Xenia.

Di sisi lain, sayangnya Soerjopranoto sendiri tampaknya tidak mau memberikan detail soal generasi baru Avanza. Akan tetapi, hanya saja pihaknya sudah memberikan tanda-tanda yang berupa sinyal-sinyal penting. Dua poin yang diungkap dan mendasar bahwa Avanza tidak akan berubah jadi berpenggerak roda depan dan meluncur setelah Pemilihan Presiden 2019.

Terlepas dari itu semua, dominasi Avanza-Xenia yang kini tergeser oleh Xpander memang membuat para pengamat otomotif memiliki spekulasi bahwa TAM bakal menyiapkan penggantinya. Namun, sepertinya rumor itu masih belum cukup kuat mengingat pasar Avazna-Xenia juga terbilang masih tinggi.

Top