Ducati Recall Supersport dan Supersport S, Ada Apa Ya?

Beresiko Terbakar, Ducati Supersport Kena Recall – Recall kembali dilakukan oleh salah satu pabrikan asal Benua Biru, Italia, yaitu Ducati. Padahal, selama ini baik itu mobil dan motor Italia memiliki reputasi yang baik dalam hal desain dan rekayasa. Namun, ternyata hal tersebut juga bukan berarti pabrikan asal Italia bebas dari recall atau pemanggilan untuk perbaikan. Salah satunya yaitu Ducati Supersport Series.

Beresiko Terbakar, Ducati Supersport Kena Recall

Sementara itu, jika mendasarkan atas laporan yang dikutip dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Ducati dikabarkan telah melakukan recall sekitar 1.500 Ducati Supersport dan Supersport S model tahun 2017-2018 pada 5 Desember 2018. Motor yang terimbas adalah motor produksi antara Juli 2016 dan Mei 2018 dengan VIN (Vehicle Identification Number) ZDMVABDS0HB000160 hingga ZDMVABDSXJB006585.

Lalu, apa sebabnya Ducati melakukan recall pada dua motor sport tersebut?

Terkait atas penyebab, atas dasar data yang dilansir dari Rideapart, recall ini dilakukan mengingat ditemukan kasus bahwa airbox blow dan tangki bahan bakar pada Supersport yang terlalu dekat dengan pembuangan. Karena terlalu dekat, maka nantinya sangat dimungkinkan bahwa selang bisa meleleh.

Hal ini tentunya bisa menyebabkan bahan bakar tersemprot ke seluruh manifold dan menjadi penyebab kebakaran. Maka dari itu, pihak Ducati pun memperingatkan kepada para pengendara untuk selalu waspada terhadap asap saat idle atau bau karet terbakar yang berasal dari sekitar sisi kiri bawah fairing.

Selain itu, recall yang dilakukan Ducati ini juga berdasarkan atas kasus awal yang memicu hal ini terjadi pada Supersport pada awal Maret 2018. Sejak itu, perusahaan kemudian menerima dua laporan lain tentang kebakaran dalam waktu singkat. Salah satu laporan itu berasal dari Amerika Serikat. Kemudian Ducati mengambil langkah recall kepada seluruh Ducati di seluruh dunia.

Di sisi lain, pihak Ducati sendiri pun juga telah mengingatkan jaringan angkut dealer di Amerika Utara dan konsumen mereka melalui sebuah surat pemberitahuan pada Desember 2018. Konsumen pun hanya tinggal membawa kendaraannya ke dealer terdekat dan dilakukan pemeriksaan ulang tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Top