Siap Luncurkan Motor Listrik, AHM Belum Ajukan Sertifikasi Uji Tipe

AHM Akan Luncurkan Motor Listrik di Indonesia – AHM tampaknya memang telah bersiap untuk meluncurkan motor bertenaga listrik di Tanah Air. Namun, hanya saja pemimpin Astra Honda Motor (AHM), ternyata sampai detik ini masih menahan diri untuk ajukan model motor listriknya dilakukan diuji tipe. Tentu saja, hal ini mengundang pertanyaan, pertimbangan apa yang membuat AHM menunggu untuk melakukan uji tipe sertifikasi motor listrik?

AHM Akan Luncurkan Motor Listrik Di Indonesia

Padahal, di sisi lain David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM mengatakan bahwa pihaknya kini sudah mempersiapkan semuanya, mulai dari produksi sampai pelayanan pasca pembelian, atau aftersales service.

“Kami lagi persiapkan. Soal pengajuan kami belum lakukan. Kalau preparation sudah siap,” ujar David pada Jumat (29/6/2018).

Tak hanya itu aja, bahkan David pun juga turut merespon, saat disebutkan maksud preparation itu, ia menjelaskan bahwa persiapan yang dimaksud sudah kompleks. Bahkan, sudah mulai dari line produksi, Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga kerja, penjualan dan layanan setelah penjualannya.

Perlu diketahui bahwa Honda merupakan salah satu merek produsen kendaraan roda dua, yang menyebutkan bakal melahirkan produk kendaraan listriknya secara global, termasuk Indonesia. Tak sampai di situ saja, bahkan pabrikan bermakras di Jepang tersebut pun juga sempat terucap berniat dan menantang diri untuk turut memproduksinya di ketatnya pasar Tanah Air.

Sementara itu di satu sisi, kaitannya dengan uji tipe yang sampai detik ini masih menunggu waktu, memang regulasi baru soal uji tipe, yang sudah mencantumkan kategori kendaraan listrik, sudah resmi terbit lewal Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 33 tahun 2018 yang diundangkan 24 Aril 2018.

Jadi ini saatnya para Agen Pemegang Merek (APM) atau produsen otomotif, mengajukan produknya untuk mendapat Sertifikat Uji Tipe, tentu saja buat yang sudah punya model electric vehicle (EV) atau sejenisnya. Akan tetapi, AHM tampaknya masih mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan dengan model barunya tersebut.