Suzuki Rencanakan Bikin Motor Sendiri di Indonesia

Wacana Suzuki Produksi Motor Lokal Tengah Disiapkan – Pasar kendaraan bermotor roda dua di Indonesia memang sangat ketat. Apalagi, kini sudah banyak produk dari berbagai lini yang mengisi segmen pasar. Sehingga, membuat beberapa merk, khususnya pabrikan dari Jepang terus mengembangkan sayap bisnisnya di Tanah Air dengan berbagai inovasi dari setiap motor yang diproduksinya.

Wacana Suzuki Produksi Motor Lokal Tengah Disiapkan

Salah satunya yaitu pabrik Suzuki. Dimana, pabrikan asal Negeri Samurai yang satu ini memang menyadari jika posisinya di pasar otomotif Indonesia saat ini kurang menguntungkan. Oleh sebab alasan itu maka pabrikan berlambang huruf “S” itu tidak langsung merespons ketika para pesaingnya menghadirkan produk baru atau mendatangkan model anyar yang berasal dari pasar luar.

Padahal jika dilihat lebih luas, terutama secara fasilitas, Suzuki memiliki kemampuan untuk memproduksi produk barunya sendiri. Tentu saja hal ini akan sangat mendukung produksi motor secara lokal.

Selain itu, dalam hal ini Market Relation Section Head PT Suzuki Indomobil Sales Banggas FS Pardede pun juga turut mengatakan bahwa memang secara prinsip Indonesia itu pasar paling seksi, dan pabrik Suzuki di Indonesia juga siap jika memproduksi motor di Tanah Air.

“Jadi ketika kita inginkan harganya lebih kompetitif sebaiknya produksi di sini. Tapi kita harus mempunyai business plan untuk meyakinkan prinsipal agar produk baru langsung produksi lokal,” kata dia di kawasan Alam Sutera, Tangerang Selatan pada Selasa (10/7/2018).

Selain itu, menurut Banggas sendiri, pabrik Suzuki di Indonesia bisa bangun motor dari nol, seperti membuat mesin dan lain-lain. Namun, ia juga mengakui bahwa ada sedikit kesulitan untuk merealisasikan wacana tersebut.

“Tapi tidak mudah juga merealisasikan produk baru untuk produksi di sini, karena kita sudah bicarakan minimum quantity,” dia menjelaskan.

“Salah satu invesment terbesar ada pada alat cetaknya, kira-kira lebih efektif mana di satukan di Indonesia semua atau dipusatkan di Jepang semua untuk pasar Asia,” tutur Banggas.

Di sisi lain, memang secara persaingan, Suzuki masih berada di bawah Yamaha dan Honda yang diakui memiliki pasar motor luas di Tanah Air.

Top