Meski Pasar Global Menjanjikan, AHM Masih Enggan Ekspor PCX 150

PT AHM Masih Rakit PCX 150 untuk Pasar Domestik – Seperti yang sudah diketahui bahwa PT Astra Honda Motor (AHM) sudah resmi meluncurkan sekaligus menjual dua varian PCX generasi terbaru di Indonesia. Pertama, versi konvensional dan yang ke dua berupa PCX yang mengandalkan teknologi sistem gerak hibrida. Meski berbeda namun kedua skutik premium buatan Honda tersebut diklaim sama-sama dibekali mesin berkapasitas 150 cc.

PT AHM Masih Rakit PCX 150 Untuk Pasar Domestik

Kedua skutik pesaing Yamaha NMAX buatan Honda tersebut juga sudah dirakit secara lokal di pabrik AHM yang berada di Kawasan Industri Sunter, Jakarta Utara. Terkait dengan jumlah unitnya sendiri, untuk memulai langkah awal maka AHM kabarnya fokus dalam memenuhi pasar domestik terlebih dulu.

“Baik yang biasa atau yang hibrida kita belum melakukan ekspor. PCX ini merupakan model global yang diproduksi juga di negara lain selain di Indonesia,” ujar Shigeto Kimura, Direktur Pemasaran AHM di Jakarta pada Jumat (13/7/2018).

Sedangkan di satu sisi yang lain, Thomas Wijaya yang dalam hal ini selaku Direktur Pemasaran PT AHM juga memiliki pandangan yang tak terlalu berbeda jauh dengan Kimura. Menurut Thomas, negara yang juga memproduksi PCX ini ada di Thailand, dan beberapa negara lain. Sehingga, untuk ekspor sementara ini kemungkinan akan disupllai oleh beberapa negara tersebut.

“Ke depan tidak tahu, kalau kemungkinan bisa saja tetapi untuk sekarang kami masih fokus untuk pasar domestik dulu,” kata Thomas di tempat sama.

Di sisi lain, Thomas sendiri juga berkomentar bahwa kedua model itu juga sukses mendapatkan perhatian positif dari masyarakat Indonesia. Bahkan PCX 150 versi mesin bensin sudah terjual belasan ribu unit dan model hibrida telah dipesan lebih dari 100 unit.

Sementara itu, berkenaan dengan proses produksi, Thomas pun berucap bahwa untuk PCX Hybrid ditargetkan sekitar 2.000 unit per tahun sedangkan untuk varian PCX 150 mesin bensin, pihak AHM menargetkan sekitar 150.000 unit per tahun.

Top