Penjualan Meroket, Ignis Jadi City Car Terlaris di Semester I 2018

Suzuki Ignis Tak Terbendung, Rajai Semester I/2018 – Salah satu APM produk mobil Suzuki di Indonesia, yaitu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tampaknya masih terus mempertahankan prestasi penjualan atas beberapa unitnya. Salah satu posisi mobilnya sebagai yang terlaris, di segmen segmen city car andalannya, tak lain dan tak bukan yaitu Ignis.

Suzuki Ignis Tak Terbendung, Rajai Semester I Tahun 2018

Pasalnya, menurut fakta yang didasarkan atas data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dilaporkan bahwa city car yang bertajuk Suzuki Ignis tersebut menguasai 43,03 persen segmen mobil kota. Tak hanya penguasaan pasar, mobil perkotaan yang diimpor dari India itu juga sukses terjual sebanyak 7.659 unit.

tentu saja, dengan melihat angka tersebut maka secara tak langsung penjualan Ignis pun meroket dan meninggalkan kompetitor utama seperti Brio. Sebab, menurut berita yang dilaporkan, mobil kota milik Honda tersebut hanya terjual 5.887 unit saja.

Akan tetapi, walaupun secara status tak menduduki lagi takhta tertinggi, Brio masih bertahan dengan pangsa pasar 33,07 persen, atau berada di posisi ke dua membuntuti Ignis, yang baru saja meluncurkan varian barunya pada awal 2018.

Sementara itu di sisi lain, pada posisi ke tiga ada Cross yang total penjualan keseluruhannya pada semester I ini mencapai angka 2.248 unit. Angka besar tersebut lantaran pasokan ke dealer sempat digenjot pada Maret 2018 kemarin. Tetapi, pada bulan-bulan berikutnya, justru jumlah penjualannya mengalami penurunan yang cukup signifikan dan tajam. Lihat saja, pada April hanya terjual 13 unit, Mei 7 unit, dan Juni 5 unit.

Lalu berturut-turut pada tempat ke empat dan ke lima yaitu Nissan March sebanyak 979 unit (5,50 persen). Lalu, disusul oleh Daihatsu Sirion 590 unit (3,31 persen).

Terlepas dari itu, memang jika menengok kancah Ignis di segmen city car Indonesia memiliki pesona dan mampu menarik para konsumen. Sehingga, tak heran apabila mobil perkotaan buatan Suzuki yang satu ini menjadi salah satu mobil Low City Car yang cukup diunggulkan untuk bersaing dengan para kompetitornya.

Top