PCX Listrik Bakal Gunakan Baterai Panasonic

Honda PCX Bertenaga Listrik Pakai Baterai Panasonic – Kehadiran kendaraan skutik bertenaga listrik, secara tak langsung membuat Honda Motor Co., Ltd. dan Panasonic Corporation sepakat memulai kerjasama dalam pengembangan baterai untuk mobilitas listrik, termasuk sepeda motor listrik yang nantinya akan dipasarkan di Indonesia.

Honda PCX Bertenaga Listrik Pakai Baterai Panasonic

Kerjasama yang dilakukan oleh kedua belah pihak tersebut pun akan menghasilkan Honda Mobile Power Pack. Sebuah hasil kerjasama yang mana berbentuk paket baterai yang bisa dilepas untuk berbagai penggunaan. Penelitian sendiri mau dimulai pada Oktober 2019 di dua daerah, yaitu Bandung, Jawa Barat, dan Bali.

Di sisi lain, pada saat dimintai penjelasan mengenai hal ini, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya pun turut menjelaskan bahwa kerjasama tersebut disesuaikan dengan produk yang akan diluncurkan akhir tahun 2018.

“Kita memang sudah rencanakan itu, untuk tahap awal kita siapkan buat PCX EV (listrik),” ujar Thomas akhir pekan lalu di kawasan Jakarta Utara.

Tak sampai di situ saja, bahkan dalam pendapat lain pun Thomas sendiri mengungkapkan bahwa bukan hanya untuk PCX listrik saja tetapi ke depan bisa juga buat model lain yang menggunakan baterai.

“Jadi peran AHM dalam kerjasama ini untuk keperluan seperti itu di masa depan,” ucap dia.

Melihat kerjasama yang dilakukan kedua pihak tersebut maka secara tak langsung baterai ini menjadi salah satu jalan keluar, terutama untuk memudahkan konsumen di negara yang infrastruktur pengisiannya masih minim. Bisa dikatakan pula bahwa konsep yang dibangun ini tak berbeda jauh dengan konsep battery swap yang sudah berjalan di Taiwan oleh merek Gogoro.

Sehingga, nantinya akan membuat para pengguna motor listrik tak perlu lagi menunggu lama untuk mengisi baterai, tinggal tukar saja baterai yang kosong dengan yang terisi penuh. Sederhananya seperti membeli air galonan atau tabung gas 3 kg.