Demi Xpander, Mitsubishi Perluas Jaringan di Tanah Air

Mitsubishi Perkuat Jaringan Pasar di Indonesia – Xpander memang saat ini menjadi model Low MPV yang laris manis di pasar Indonesia. Sehingga, tak bisa dipungkiri juga bahwa kehadiran Mitsubishi Xpander menjadi berkah bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

Mitsubishi Perkuat Jaringan Pasar Di Indonesia

Bukan tanpa alasan mengingat jika kita melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2018, dilaporkan bahwa wholesales (penjualan pabrik ke dealer) Mitsubishi kini sudah mulai tembus 100.122 unit di periode Januari-Juni 2018. Total tersebut tentu merupakan sebuah kebanggaan mengingat mengalami kenaikan secara brutal hingga 88,8 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya yang hanya tembus 53.034 unit. Bahkan penjualan Mitsubishi secara total selama 2017 saja hanya tercatat 121.395 unit.

Tak sampai di situ saja, bahkan jika ditilik dari total penjualan selama enam bulan, Mitsubisi Xpander sendiri jadi model mobil paling laris termasuk secara nasional dengan torehan 39.948 unit. Tentu saja, angka tersebut bisa dibilang lebih tinggi dari penjualan sang rival utama yaitu Toyota Avanza yang laku 39.455 unit.

Menurut Head of Sales & Marketing PT MMKSI Imam Choeru Cahya, saat Xpander meluncur, kapasitas produksi mencapai 80 ribu dengan komposisi 60 ribu pasar domestik dan 20 ribu ekspor.

“Dengan demand cukup tinggi, saat ini kami jadi 70 ribu (pasar domestik) untuk fiskal year,” ungkap Imam saat ditemui di sela acara peresmian dealer Mitsubishi di Serang, Banten pada Selasa (17/7/2018).

Sementara itu di satu sisi, Director of Sales & Marketing PT MMKSI Irwan Kuncoro pun turut serta menyatakan apabila penjualan Xpander saat ini terus mengalami peningkatan mulai dari 5.000 unit menjadi 7.000 ribu unit per bulan.

“Ini diharapkan akan steady growth sehingga bisa 70 ribuan unit pertahun,” ucapnya.

Di samping itu, tampaknya dalam hal ini Irwan sendiri pun juga tak menampik jika penjualan pada Juni 2018, Mitsubishi mengalami penurunan. Sebaliknya kata dia di bulan keenam memiliki banyak waktu libur, termasuk hari raya.

“Itu bukan real demand atau market, karena Juni lebaran seasonal, hari kerja pendek, banyak libur, delivery juga terbatas untuk truk dan lainnya. Jadi itu sudah biasa, jadi setiap tahun lebaran turun 30-40 persen. Habis itu naik lagi,” kata Irwan.

Di sisi lain, terkait dengan perluasan jaringan, memang memasuki pertengahan 2018 ini PT MMKSI juga kembali dikabarkan telah meresmikan dealer baru di kawasan Serang, Banten. Dealer ke-118 ini merupakan hasil kerjasama dengan PT Setiawan Menara Motor.

Top