KIA Picanto Sulit Tembus Pasar Indonesia

Kurs Rupiah Melemah, KIA Pertimbangkan Jual Picanto Ke Indonesia – Dampak kurs Rupiah yang melemah terhadap Dollar AS tampaknya berimbas pada penentuan harga jual mobil dari beberapa produsen. Salah satunya yaitu pabrikan asal Korea Selatan, KIA. Lalu, apa dampak yang paling terlihat?

Kurs Rupiah Melemah, KIA Pertimbangkan Jual Picanto Ke Indonesia

Dari beberapa laporan disebutkan bahwa sejak tahun 2017 lalu, performa penjualan Kia Picanto secara wholesales (pabrik ke diler) sepanjang 2017 hanya terjual 111 unit. Bahkan sampai semester pertama 2018, merek asal Negeri K-Pop itu sama sekali tidak menjual mobil kota (city car) tersebut di pasar Tanah Air.

Padahal, seperti yang sudah diketahui bahwa model terbaru Picanto sudah cukup lama dijual di Korea Selatan dan beberapa negara lain. Sehingga, tak heran jika timbul pertanyaan dari beberapa kalangan kenapa belum juga dibawa ke Indonesia?

Berkenaan dengan fakta tersebut, menurut Ridjal Mulyadi yang mana dalam hal ini selaku General Manager Marketing PT KIA Mobil Indonesia (KMI), perusahaan memang belum membawanya lagi, sehingga dari awal tahun sampai pertengahan ini tidak ada aktivitas penjualan.

“Kita masih pikir-pikir, banyak faktor yang menjadi pertimbangan kita untuk menghadirkan Picanto terbaru,” ucap Ridjal pekan lalu di kawasan Pluit, Jakarta Utara.

Selain itu, pada saat bersamaan pun juga sempat ditanyakan kepada Theodorus Prawirodihardjo selaku GM Sales & Network Development PT KMI, jawabannya pun juga tak berbeda jauh. Akan tetapi, menurut dia, faktor utama yang paling berpengaruh yaitu permintaan pasar yang menurun serta kondisi nilai tukar mata uang.

“Pengaruh juga kepada dollar AS yang menguat terhadap rupiah, sehingga kita perlu mempertimbangkannya lagi. Tetapi bukan berarti kita tidak akan menjualnya lagi, lagi dipertimbangkan” ujar Theodorus di tempat sama.

Sementara itu, jika kita melihat pasar KIA di Indonesia memang tak semulus Toyota, Suzuki, dan Honda. Meski demikian, memang patut untuk diakui bahwa geliat KIA secara tak langsung juga mempengaruhi perkembangan industri otomotif di Tanah Air dengan ragam produk buatannya di berbagai segmen.