Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja H2R Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Kawasaki Ninja H2R – Setelah membahas spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja H2 yang merupakan sport bike terkencang di dunia dan bisa dipakai di jalanan umum pada review sebelumnya. Pada kesempatan review kali ini Mas Sena akan mengulas Kawasaki Ninja H2R yang merupakan motor super sport varian Ninja tertinggi buatan Kawasaki khusus untuk keperluan balap di sirkuit saja (Race Only). Produk terbaru dari Kawasaki tersebut dikenalkan pada ajang pameran otomotif internasional di Milan, Italia yakni EICMA pada bulan November 2014 lalu. Di mana Kawasaki Motor Corporation mengenalkan 2 produk terbaru mereka sekaligus yaitu Kawasaki Ninja H2R (versi sirkuit) dan Kawasaki Ninja H2 (versi jalanan) yang merupakan motor super sport kelas 1000 cc andalan mereka. Sedangkan untuk peluncuran Kawasaki Ninja H2R secara resmi ini dilaksanakan pada bulan Desember 2014 lalu. Lalu apakah yang membuat berbeda Kawasaki Ninja H2R dengan Kawasaki Ninja H2? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

kawasaki ninja h2r

Sesuai dengan informasi yang Mas Sena berikan di atas bahwa Kawasaki Ninja H2R dan Kawasaki Ninja H2 ini memiliki konsep atau fungsi yang berbeda. Di mana untuk Kawasaki Ninja H2R memiliki konsep sebagai motor khusus balap yang cocok dikendarai pada race track (sirkuit/lintasan balap). Maka dari itu motor Kawasaki ini tidak memiliki lampu, tidak memiliki kaca spion dan menggunakan ban khusus balap yang jauh berbeda dengan Kawasaki Ninja H2. Selain itu untuk proses produksinya pun sangat hati-hati, sangat detail dan menggunakan spesifikasi tinggi sehingga motor ini sangat jauh berbeda dengan Kawasaki Ninja H2. Karena dari itu Kawasaki Ninja H2R ini diklaim memiliki kemampuan yang lebih tinggi dan istimewa dibandingkan Kawasaki Ninja H2. Lalu apa sajakah yang keistimewaan dari Kawasaki Ninja H2R yang diproduksi masal ini? Marilah simak bersama ulasan Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Kawasaki Ninja H2R pada review di bawah ini.

motor kawasaki ninja h2r

Spesifikasi Kawasaki Ninja H2R

Sistem Aerodinamika Canggih

Di desain serupa dengan Kawasaki Ninja H2 namun tidak memiliki lampu dan spion karena khusus untuk keperluan balap (Race Only) membuat spesifikasi Kawasaki Ninja H2R ini tidak memiliki perbedaan yang begitu signifikan dengan sport bike Kawasaki versi jalanan tersebut. Kawasaki Motor Corporation menyerahkan desain kepada Kawasaki Heavy Industri (KHI) untuk membuat desain sport bike versi sirkuit ini dengan baik. Lihat saja hasilnya sistem aerodinamis Kawasaki Ninja H2R ini memiliki teknologi yang modern dan canggih. Di mana sistem aerodinamis yang berupa sayap bagian atas depan dan samping pada spesifikasi Kawasaki Ninja H2R tersebut akan otomatis berfungsi atau keluar pada kecepatan tinggi tertentu.

Frame Tralis dengan Desain Modern

Pada spesifikasi Kawasaki Ninja H2R ini yang menggunakan tipe rangka “Trellis” ternyata akan menghasilkan kestabilan tinggi pada saat melaju di kecepatan tinggi. Bahkan rangka jenis ini akan menghasilkan akselerasi dan top speed lebih mudah dan dapat diandalkan dibanding dengan tipe rangka “Twin Spar”. Pada desain fairing Kawasaki Ninja H2R berbahan dasar serat karbon yang memiliki cat berwarna silver mengkilap dengan sudut yang tajam pada sisi depan dan belakangnya membuat sport bike Kawasaki yang satu ini terlihat sangat modern, mewah, agresif dan sporty. Pada sisi depannya, spesifikasi Kawasaki Ninja H2R diketahui hanya memiliki 2 buah Intake Air System (lubang angin) yang merupakan ciri khas motor balap akan membelah angin dengan baik serta juga berfungsi sebagai pendingin mesin saat melaju pada kecepatan tinggi. Terlihat pada bagian samping, fairing tidak menutupi seluruh bagian motor yang menyisakan bagian blok mesin yang terlihat besar membuat kesan Kawasaki Ninja H2R ini semakin gahar dan bertenaga. Pada sisi belakangnya yang memiliki stop lamp dan sepatbor menggantung serta memiliki desain meruncing dengan sistem aerodinamis tambahan pada bagian belakangnya semakin menambah kesan sport bike kencang untuk versi sirkuit. Berbeda dengan versi jalanannya, versi sirkuit dari Kawasaki Ninja H2 ini memiliki knalpot racing berukuran sedang dengan dimensi yang pendek maka akan mempertegas bahwa sport bike Kawasaki ini akan ungggul untuk urusan akselerasi dan top speed. Dikarenakan khusus untuk keperluan balap maka Kawasaki Ninja H2R ini akan menghasilkan suara yang dapat memekakan telinga namun tetap merdu karena menggunakan mesin dengan 4 silinder.

spesifikasi kawasaki ninja h2r

Dimensi Besar, Performa Lebih Handal

Beralih ke ukuran dimensi dari spesifikasi Kawasaki Ninja H2R ini sedikit lebih kecil dibandingkan versi jalanan yaitu sebesar 2070 x 770 x 1160 mm dan memiliki berat lebih ringan yakni 216 kg. Dengan dimensi yang lebih ringan tersebut maka Kawasaki Ninja H2R ini akan lebih cepat untuk meraih top speed di lintasan balap. Namun juga memiliki kestabilan yang baik pada saat melaju pada kecepatan tinggi. Ukuran tangki yang disematkan pada spesifikasi Kawasaki Ninja H2R sanggup menampung bahan bakar maksimal berkapasitas 17 liter dirasa cukup banyak untuk mengitari puluhan lap pada sirkuit tertentu.

Kaki-Kaki yang Handal

Selanjutnya untuk kaki-kaki dari spesifikasi Kawasaki Ninja H2R ini menggunakan ban gambot berukuran besar namun lebih kecil dibandingkan Kawasaki Ninja H2 yaitu 120/60 pada roda depan dan 190/65 pada roda belakang dengan menggunakan velg berukuran 17 inci akan menghasilkan kestabilan pada saat melaju di kecepatan tinggi di lintasan balap. Untuk urusan handling atau bermanuver Kawasaki Ninja H2R ini sangat bisa diandalkan untuk melahap tikungan dengan kecepatan tinggi karena motor super sport Kawasaki ini menggunakan Swing Arm model mounting plate dan komponen suspensi yang sangat canggih yang dapat diatur sesuai dengan kondisi jalan atau keinginan pengendara. Pada bagian depannya, spesifikasi Kawasaki Ninja H2R menggunakan suspensi berjenis Fork Up Side Down berukuran 43 mm dan bagian belakangnya mengandalkan New Uni-Trak with Gas Charged Shock akan memantulkan goncangan yang tidak kencang sehingga menjaga kondisi yang stabil baik itu pada saat masuk atau keluar tikungan. Sedangkan untuk sistem pengeremannya, Kawasaki Ninja H2R menggunakan piringan cakram jenis dual disk brake semi floating berukuran 330 mm dengan 4 piston kaliber pada bagian depannya dan single disk brake berukuran 250 mm dengan 2 piston kaliber dapat mengurangi laju Kawasaki Ninja H2R dengan baik  dan stabil saat akan masuk tikungan tertentu yang membutuhkan pengereman.

Advertisement

spesifikasi motor kawasaki ninja h2r

Indikator Panel Canggih

Dengan tujuan menghasilkan performa tinggi maka panel-panel yang diberikan pada spesifikasi Kawasaki Ninja H2R ini akan sangat berguna untuk memudahkan pengendara dalam mendapatkan catatan waktu lap terbaik saat melahap lintasan balap. Panel indikator pada Kawasaki Ninja H2R tersebut misalnya penunjuk kecepatan, penunjuk posisi gear, penunjuk rotasi mesin, trip meter dan beberapa panel mesin lainnya. Dengan beberapa panel tersebut maka pengendara akan lebih mudah untuk mengetahui kondisi dan lebih mudah untuk mengontrol Kawasaki Ninja H2R ini melalui indikator panel digital yang canggih dan modern tersebut.

Dapur Pacu Khusus Balap

Beralih dapur pacu dari spesifikasi Kawasaki Ninja H2R ini memiliki ciri khas sport bike yang digunakan untuk keperluan balap. Di mana dengan mesin yang hampir sama dengan Kawasaki Ninja H2 (versi jalanan) yakni memiliki kapasitas mesin sebesar 998 cc DOHC 16 Valve dengan 4 buah silinder segaris diklaim dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 296 Hp dengan torsi maksimal lebih dari 150 Nm. Dengan tenaga tersebut maka Kawasaki Ninja H2R ini sangat mudah untuk berakselerasi mencapai kecepatan tinggi yang diklaim mencapai kecepatan 335 Km/jam. Tenaga tersebut akan disalurkan menggunakan transmisi manual 6 percepatan yang dapat menggerakan ban belakang sport bike Kawasaki yang satu ini. Tenaga tersebut tentunya juga tidak terlepas dari dukungan komponen tenaga tambahan yaitu “Kawasaki Supercharger” yang ditanamkan ke dalam Kawasaki Ninja H2R tersebut sehingga dapat mendongkrak tenaga lebih besar. Selain itu proses pembuatan yang sangat hati-hati, detail, memiliki spesifikasi material tinggi dan memiliki durability (ketahanan komponen) yang tinggi  pun mempengaruhi tenaga yang dihasilkan Kawasaki Ninja H2R khusus untuk balap ini. Menariknya spesifikasi Kawasaki Ninja H2R ini memiliki kompresi yang lebih rendah dibandingkan dengan Kawasaki Ninja H2 yaitu 8.3:1. Kompresi yang tergolong rendah untuk sport bike saat ini namun tetap menghasilkan performa yang agresif dan maksimal sehingga dipastikan untuk konsumsi bahan bakarnya tergolong boros.

Fitur Race yang Lengkap

Sedangkan untuk fitur dari spesifikasi Kawasaki Ninja H2R ini dirasa cukup lengkap untuk keperluan balap. Pertama yakni Fitur Traction Control yang merupakan fitur standar kewajiban pada saat melahap di lintasan balap. Fitur pada Kawasaki Ninja H2R tersebut akan memaksimalkan grip atau daya cengkram ban dengan memberikan tenaga yang pas pada saat masuk dan keluar tikungan sehingga akan meminimalisir terjadinya wobles (goyangan) dan slide (kehilangan traksi) yang dapat menimbulkan kecelakaan atau melambatkan laptime. Fitur Ram Air Intake pada spesifikasi Kawasaki Ninja H2R juga akan menambah pasokan udara ke dalam komponen supercharger sehingga menghasilkan tenaga dan sistem aerodinamika yang lebih tinggi. Penggunaan knalpot tipe racing yang tanpa memiliki saringan akan menghasilkan kinerja mesin yang lebih maksimal dan membantu untuk berakselerasi lebih cepat lagi.

Harga Kawasaki Ninja H2R

Nah sekarang kit memasuki segmen harga Kawasaki Ninja H2R setelah tadi Mas Sena memberikan ulasan lengkap mengenai motor sport dari Kawasaki ini yang merupakan sport bike andalan Kawasaki untuk keperluan sirkuit atau balap. Sebelum Mas Sena mengulas harga Kawasaki Ninja H2R terbaru, ada baiknya Mas Sena memberikan sedikit kesimpulan pada segmen terakhir ini. Dengan berbagai hal yang dihadirkan pada spesifikasi Kawasaki Ninja H2R rasanya tidak berlebihan untuk memberikan titel sport bike versi sirkuit terkencang yang diproduksi secara masal dan bebas diperjual belikan untuk seluruh konsumen yang menginginkan motor buatan Kawasaki ini. Apalagi dengan komponen penyuplai tenaga tambahan yaitu “Kawasaki Supercharged” yang kelihatannya baru pertama kali diaplikasikan ke dalam sport bike versi balap (Race Only). Tentu dengan hal tersebut Kawasaki Ninja H2R akan menghasilkan tenaga yang tinggi hampir setara dengan motor prototipe yang di khususkan untuk keperluan balap pada kelas yang yang sama yaitu 1000 cc. Lalu berapakah harga Kawasaki Ninja H2R terbaru yang dibanderol di Indonesia ini?

harga kawasaki ninja h2r

Dengan berbagai bahan materi yang berkualitas, pembuatan yang hati-hati, detail dan memiliki spesifikasi komponen yang tinggi maka Kawasaki Ninja H2R ini membutuhkan “Cost Production” atau biaya produksi yang tinggi. Harga Kawasaki Ninja H2R terbaru di wilayah benua Eropa dan Amerika berada pada kisaran Rp. 700-800 Jutaan. Sedangkan di Indonesia harganya akan sangat jauh melambung tinggi yaitu menjadi seharga Rp. 1 miliar lebih sedikit. Harga Kawasaki Ninja H2R yang sangat tinggi dan fantastis tersebut tak lepas dari pajak kendaraan mewah yang mencapai 1.5 kali lipat dari harga asli. Menurut Mas Sena harga tersebut cukup wajar karena calon pemilik tidak repot-repot untuk menciptakan motor balap dengan susah payah karena Kawasaki telah menyediakan sport bike kelas 1000 cc ini khusus untuk keperluan balap. Apalagi motor sport ini memang menawarkan performa luar biasa yang bisa jadi tidak akan anda temui pada motor sport yang lain. Bagaimana apakah anda berniat untuk membeli motor sport Kawasaki ini setelah mengetahui harga Kawasaki Ninja H2R terbaru?

harga kawasaki ninja h2r terbaru

Namun kembali Mas Sena mengingatkan apabila harga Kawasaki Ninja H2R yang Mas Sena utarakan diatas adalah harga On The Road DKI Jakarta saja. Bagi bro yang tinggal di daerah maka dapat mempersiapkan adanya kemungkinan harga jual yang sedikit lebih tinggi. Bro dapat mengunjungi dealer Kawasaki terdekat untuk menanyakan informasi kepastian mengenai Ninja H2R ini sekaligus cara distribusi ke tangan anda. Etis, tapi tunggu dulu karena Kawasaki Ninja H2R ini belum bisa dipesan secara langsung seperti Kawasaki Ninja H2. Hal tersebut dikarenakan fungsi dari sport bike ini yang khusus untuk keperluan balap menyebabkan prosedur kepemilikan dan perijinan yang lebih ketat dibandingkan Kawasaki Ninja H2. Maka dari itu anda harus menyiapkan budget yang sangat tinggi sebelum bisa mengendarai motor sport tersebut di sirkuit. Kawasaki dengan menciptakan Ninja H2R ini memang mengincar pangsa pasar yang sangat terbatas dengan harga Kawasaki Ninja H2R yang sangat mahal, apalagi motor tersebut tidak dapat dipergunakan di jalanan. Belum lagi jika kita berbicara mengenai biaya perawatan motor sport ini pastinya tidak akan murah dan menuntut biaya maintenance yang sedemikian tinggi. Tetapi bagi bro yang benar-benar menginginkan Kawasaki Ninja H2R dan siap untuk menanggung berbagai persyaratan sebelum dapat memilikinya bisa segera menghubungi Kawasaki supaya motor tersebut segera dapat diantar menuju garasi rumah anda. Baiklah bro semua, segmen kesimpulan dan harga Kawasaki Ninja H2R yang sekaligus menutup perjumpaan dengan Mas Sena pada sesi pembahasan kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Kawasaki Ninja H2 dan Kawasaki Ninja 250 Beet Performance.

Top