Demi Pengembangan Avanza, Toyota Tampung Masukan Konsumen

Toyota Lakukan Survey untuk Pengembangan Avanza – Salah satu Low MPV yang menjadi raja mobil keluarga di Indonesia, Toyota Avanza sampai detik ini terhitung sudah berumur 15 tahun. Semenjak pertama kali dirilis pada 2003, LMPV tersebut sampai sekarang masih menjadi pilihan utama bagi para konsumen Indonesia yang mencari mobil keluarga yang diandalkan.

Toyota Lakukan Survey Untuk Pengembangan Avanza

Namun, walaupun demikian, tampaknya juga masih ada juga yang tidak terlalu menyukai produk terpopuler buatan Toyota ini. Hal itu dibuktikan dengan banyak komentar minor terhadap performa, desain maupun feel berkendara yang ditawarkan oleh mobil keluarga tersebut.

Merespon berbagai tanggap yang muncul tersebut, dalam hal ini Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TM) Henry Tanoto pun turut memberikan penjelasan dimana beragam sudut pandang masyarakat tersebut menjadi bahan masukan bagi Toyota untuk menerapkan pengembangan produk mereka di masa depan.

“Begini, suara konsumen itu kami juga dengarkan secara serius. Semua masukan-masukan dari konsumen, siapapun juga,” ucap Henry saat ditemui beberapa waktu lalu. Henry juga tidak menutup pintu jika ada masukan dari kalangan media maupun influencer mengenai produk mereka.

Maka dari itu, demi menyesuaikan pembaruan Avanza yang sesuai dengan mayoritas konsumen di Indonesia, Henry pun turut berjanji bahwa semua masukan tersebut baik kritik maupun saran akan ditampung oleh Toyota.

“Kami terima, kami tampung. Nantinya akan kami pelajari dengan baik,” ucap Henry.

Di samping itu, walaupun masih ada juga beberapa pihak yang tidak gemar dengan Avanza, dari data Gaikindo, LMPV ini masih jadi produk yang dipilih. Bukan tanpa alasan jika kita melihat data penjualan semester pertama tahun 2018 ini saja distribusi Avanza mencapai 39.455 unit atau 30 persen dari total pasar LMPV.

Di sisi lain, meski masih memiliki pangsa pasar cukup tinggi namun dengan persaingan yang saat ini sangat ketat maka mau tak mau Toyota pun berusaha semaksimal mungkin untuk memanjakan para konsumennya dengan memberikan pembaruan pada Avanza atau memproduksi Low MPV baru. Apalagi, saat ini Xpander sebagai pesaing terkuat Avanza juga dikabarkan tengah mengalami sedikit penurunan penjualan. Tentu, masih ada kesempatan bagi Toyota.