Toyota dan Daihatsu Berkolaborasi Siap Luncurkan Model Baru

Toyota dan Daihatsu Segera Hadirkan Mobil Baru – Bukan rahasia lagi jika Toyota Motor Corporation (TMC) telah mengakuisisi 100 persen saham Daihatsu Motor Co (DMC). Kemudian, kedua pabrikan raksasa otomotif asal Jepang ini sepakat membentuk proyek Emerging-market Compact Car Company (ECCC).

Dimana, kolaborasi yang dilakukan antara Toyota dan Daihatsu tersebut dipastikan bakal meluncurkan kembali mobil kompak dengan harga terjangkau untuk pasar di beberapa negara berkembang. Menariknya, Indonesia dijadikan sebagai basis produksinya.

Toyota Dan Daihatsu Segera Hadirkan Mobil Baru

Namun, hanya saja setelah setahun berjalan proyek ini, memang belum ada informasi detail terkait informasi proyek besar ini.

Terkait hal tersebut, dalam hal ini Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto pun menjelaskan jika pengembangan tersebut tengah dalam proses. Bahkan, ia juga memberikan jaminan untuk ke depannya bakal ada banyak peluncuran model baru dari kolaborasi tersebut.

“Tapi sebetulnya, kita menyiapkan mobil baru yang belum terpikirkan dan belum ada. Seperti waktu 2004, belum ada yang kepikiran pasarnya Avanza, dan hanya fokus di pasar Innova, dan tiba-tiba Toyota main di segmen low MPV,” jelas Soerjo saat berbincang dengan wartawan di Bintaro, Tangerang Selatan, belum lama ini.

Selain itu, Soerjo sendiri juga mengungkapkan jika untuk saat ini Toyota dan Daihatsu tengah melakukan remapping kembali untuk pasarnya. Kemudian, setelah itu baru melakukan remapping untuk produknya.

“Intinya kita lagi remapping, kalau semua orang bicara produk yang sudah ada maka Toyota dan Daihatsu tidak, dan sedang meng-create market. Tapi apanya, saya belum bisa ngomong,” tegasnya.

Sementara itu di sisi lain, berkenaan dengan model atau market yang dijadikan tujuan, kolaborasi Toyota dan Daihatsu memang selalu fokus untuk bermain di segmen low alias mobil terjangkau. Hal tersebut, juga berlaku untuk Toyota Avanza-Daihatsu Xenia dan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

“Pastinya akan bermain di segmen antara MPV dan SUV, karena keduanya merupakan pasar terbesar. Untuk kapannya juga tidak bisa bilang pasti tiga atau empat tahun, bisa juga 1 atau 2 tahun. Perkembangan kolaborasi juga cukup baik,” pungkasnya.