Ayla Dirumorkan Pakai Mesin Turbo, Daihatsu pun Menampiknya

Daihatsu Tegaskan Ayla Tak Akan Gunakan Mesin Turbo – Dilaporkan bahwa salah satu produsen mobil, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) diketahui telah memamerkan mobil Ayla Turbo pada ajang tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan, 2-12 Oktober 2018.

Menariknya, kali ini mobil yang satu ini rumornya mendapat beberapa pembaruan. Bahkan, tak cukup hanya pada bagian mesin, tampilan bodi Ayla juga sedikit dipoles sehingga terlihat sporty.

Daihatsu Tegaskan Ayla Tak Akan Gunakan Mesin Turbo

Namun, dengan adanya kabar mengenai Ayla yang menggunakan mesin turbo ini sontak saja menimbulkan tanda tanya, apakah Daihatsu sedang bersiap memproduksinya, karena terkait rencana program Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar (KBH2) jilid dua?

Nah, merespon rumor tersebut, kali ini Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra angkat bicara. Amelia pun turut menjelaskan sekaligus menampik rumor yang kini tengah berkembang. Dimana, ia mengutarakan bahwa Daihatsu tak akan menerapkan mesin turbo untuk Ayla.

“Nanti harganya jadi mahal, turbo itu mahal ketimbang CVT. Sekalipun emisi bisa sama,” ujar Amel saat ditemui di acara GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang Selatan pada Kamis (9/8/2018).

Tak hanya cukup mengenai banderol harganya saja, bahkan soal penerapan turbocharger pada Ayla juga dianggap tidak dibutuhkan semua konsumen.

“Kalau yang anak muda demen, tapi kalau yang orang tua bilangnya ‘enggak usah turbo-turboan nanti malah celaka,” ucap Amel.

Sementara itu di sisi lain, masih terkait dengan hal tersebut, Amel sendiri menyatakan untuk soal modifikasi Ayla memang masih bisa dibenamkan turbo pada bagian jantung pacunya. Hanya saja, Amel menggarisbawahi bahwa untuk pemasangan turbo sangatlah mahal. Lain halnya jika turbo itu memang dijual mass production oleh pemegang merek, sudah tentu harganya lebih murah.

“Memang menggunakan turbo bisa lebih tinggi hitungannya tapi ada pertimbangannya juga,” tuturnya.

Tentu saja, dengan jawaban dari pihak PT ADM tersebut, rumor terkait Ayla yang akan menggunakan mesin turbo pun kini sudah muali terjawab.

Top