Transaksi Penjualan di GIIAS 2018 Masih Stagnan

Grafik Penjualan GIIAS 2018 Tak Berbeda dengan Tahun Lalu – Pameran otomotif tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 telah berakhir hari Minggu (12/8/2018). Akan tetapi, menurut laporan yang beredar diketahui bahwa hingga acara closing ceremony yang mana telah berlangsung pada Sabtu (11/8) malam, tampaknya jumlah pengunjung dan transaksi selama 10 hari gelaran masih belum diketahui.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua Penyelanggara GIIAS 2018, Rizwan Alamsyah pun memberikan penjelasan bahwa terjadi pergeseran pengunjung dari akhir pekan ke hari biasa. Dengan kata lain, dilaporkan bahwa pengunjung di akhir pekan ternyata lebih sepi apabila dibanding tahun 2017 lalu, namun hanya saja sekali lagi ini sudah sesuai target dari apa yang diharapkan pihak penyelenggara.

Grafik Penjualan GIIAS 2018 Tak Berbeda Dengan Tahun Lalu

“Sudah sesuai dengan apa yang kami harapkan, sehingga pencapaian pengunjung kurang lebih sama dengan tahun lalu,” jelas Rizwan di ICE, BSD City, Tangerang, Banten.

Sedangkan di satu sisi, untuk hasil rekap secara keseluruhan jumlah transaksi memang belum ada laporan yang muncul secara lebih rinci. Akan tetapi, seperti halnya pengunjung, panitia penyelenggara pun mengklaim nilai transaksi tahun ini sama seperti tahun lalu.

“Sesuai laporan APM, memang transaksi juga sama seperti tahun lalu,” tambahnya.

Di satu sisi, jika kita melihat flashback pada gelaran tahun 2017 lalu, dalam kurun waktu pameran selama 10 hari, nyatanya justru nilai transaksi selama 10 hari sudah 17 ribu unit. Sementara itu, untuk jumlah pengunjung dilaporkan ada sekitar 45 ribu orang.

Di sisi lain, sebagai tambahan informasi, ajang pameran otomotif GIIAS 2018 juga banyak pencapaian positif. Salah satunya, untuk pertama kali hajatan otomotif tahunan ini dibuka secara eksklusif oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Selain itu, tahun ini juga tempat peluncuran kendaraan pedesaan, hingga informasi mengenai penerapan standar emisi Euro 4,” pungkasnya.

Nah, untuk soal hasil transaksi penjualan yang ada pada ajang GIIAS 2018 ini memang bisa dikatakan masih stagnan. Dimana, hal tersebut dipicu oleh beberapa faktor yang salah satunya yaitu pada aspek daya beli konsumen yang kini mulai sedikit menurun dibanding tahun 2017 kemarin.

Top