Angka Penjualan Daihatsu Lesu di GIIAS 2018

Tak Ada Model Baru Berdampak pada Penjualan Daihatsu yang Lesu – Turut meramaikan ajang pameran otomotif di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, salah satu pabrikan asal Jepang, yakni PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memang turut hadir meski tanpa model baru.

Akan tetapi, satu hal yang menarik bahwa pada booth yang ditempati pabrikan asal Negeri Samurai Jepang ini, terpilih sebagai Favourite Booth Passenger Car Category 1000 –2000 Sqm.

Tak Ada Model Baru Berdampak Pada Penjualan Daihatsu Yang Lesu

Berbicara soal Booth yang dimiliki Daihatsu, tampaknya memang sengaja tampil dengan tema light you up dengan memamerkan berbagai kendaraan keren, seperti mobil konsep, Daihatsu Ayla turbo, dan juga Daihatsu Terios custom.

Tak cukup sampai di situ saja, bahkan terdapat juga ruangan Research and Development (RnD) Daihatsu yang mana memang menampilkan teknologi hybrid.

“Kami bersyukur untuk apresiasi pengunjung yang positif, walaupun capaian pemesanan kendaraan sedikit menurun apabila dibandingkan dengan GIIAS tahun lalu,” ujar Amelia Tjandra dimana selaku Direktur Pemasaran PT ADM.

Sedangkan di sisi lain, jika bertolak pada persoalan mengenai penurunan penjualan dibanding tahun 2017 lalu, memang terdapat selisih delapan persen.

Namun, hanya saja jika dihitung secara total keseluruahnnya Daihatsu meraih penjualan sebanyak 716 unit dengan empat kontributor utama. Terios menjadi penyumbang paling besar, hingga 36 persen, disusul Sigra sebanyak 18 persen, Xenia 13 persen, dan Ayla 13 persen.

Kemudian, di satu sisi tampaknya juga perlu diketahui bahwa untuk penjualan Daihatsu juga masih disumbang oleh Gran Max Mini Bus (MB), Sirion, GranMax Pick Up (PU), Luxio, dan Hi-Max dengan total 20 persen.

Terlepas dari itu, salah satu produknya, yaitu Daihatsu Ayla turbo terbilang menjadi salah satu magnet kuat. Bukan tanpa alasan mengingat dengan statusnya sebagai mobil murah ramah lingkungan (LCGC), mobil ini mampu dimodifikasi ekstrem, bahkan menyentuh sektor mesin.

“Kan kita setiap tahun melakukan namanya dress up challenge, jadi semua pemakai Daihatsu bisa memodifikasi mobilnya, dan ini salah satu contohnya,” jelas wanita yang akrab disapa Amel, saat ditemui di booth Daihatsu, GIIAS 2018 pada Jumat (3/8/2018).