Di GIIAS 2018, SPK Toyota Alami Penurunan Drastis

Penjualan Toyota Menurun di GIIAS 2018 – Meski masih memiliki pangsa pasar yang dominan di Indonesia, tapi tampaknya PT Toyota Astra Motor (TAM) menuai surat pemesanan kendaraan (SPK) dengan jumlah yang lebih sedikit pada GIIAS 2018, jika dibandingkan dengan pameran otomotif yang sama pada 2017 lalu.

Yang menjadi catatan bahwa untuk saat ini, penurunan yang dialami Toyota bahkan mencapai dua digit atau sebesar 15,61 persen menjadi 6.022 unit. Padahal pada tahun 2017 lalu perolehannya bisa mencapai 7.136 unit.

Penjualan Toyota Menurun Di GIIAS 2018

 

Nah, merespon data tersebut maka Fransiscus Soerjopranoto yang mana selaku Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor menganggap bahwa pameran GIIAS 2018 kali ini target utama tercapai, di mana apresiasi pengunjung pada eksibisi teknologi dan inspirasi sangat positif.

Akan tetapi di sisi lain, menurut Fransiscus sendiri bahwa faktor penurunan pengunjung dibanding tahun lalu disebut masih belum tentu bisa memberikan efek atau dampak langsung, pada pencapaian penjualan.  Karena, menurutnya bahwa soal itu faktor yang mempengaruhi tak hanya satu aspek saja melainkan sangat banyak.

“Menurut saya ada beberapa faktor yang berpengaruh pada nilai transaksi, yang tampak lebih rendah dibanding tahun lalu. Sebagai contoh, tahun lalu ada beberapa produk baru yang bermunculan di segmen besar, dan jadi pemicu juga pasarnya berkembang, dan dapat terlihat di transaksi yang bagus,” ujar Soerjopranoto pada Rabu (15/8/2018).

Selain itu, Soerjo sendiri juga menyatakan jika perubahan perilaku para konsumen di mana dalam hal ini para pengunjung datang ke sebuah pameran hanya sekedar window dressing dan bukan lagi menjadi tempat utama buat spending.

“Pasalnya dealer sudah semakin banyak dan mudah diakses,” kata Soerjopranoto.

Tak sampai di situ saja, bahkan dirinya pun juga turut menuturkan, yang harus dilihat apakah nantinya itu semua memberikan efek lebih positif pasca pameran GIIAS terutama.

“Artinya penyelenggaraan GIIAS kali ini lebih berhasil dari sisi pamerannya, pengunjung datang dan dapat terpuaskan. Mereka mendapat semua informasi baik produk dan teknologi saat ini, maupun yang masa mendatang, Tidak semata mata untuk bertransaksi,” ucap Soerjo.

Di satu sisi, meski penjualan di ajang pameran otomotif tahunan tersebut turun namun ia mengaku bangga kalau GIIAS 2018 setara dengan pameran otomotif di negara maju lain.

Top