Skutik Yamaha, Honda, dan TVS Alami Kenaikan Harga

Menginjak Oktober 2019, Harga Beberapa Skutik Naik – Tak berbeda jauh dengan segmen bebek, sejumlah tipe sepeda motor matik atau skutik beberapa pabrikan, seperti Yamaha juga mengalami kenaikan harga pada Oktober 2019. Namun, tampaknya memang Yamaha tak sendiri. Karena, di sisi lain, dua produsen yakni Honda dan TVS juga melakukan langkah serupa denganmenaikkan harga pada setiap tipenya.

Terkait hal tersebut, Yamaha sendiri memiliki beberapa skutik yang mengalami kenaikan harga. Hal itu terpantau terjadi pada Mio S dan Mio M3, All New Soul, New Fino Sporty dan Premium, tiga varian Aerox, dan NMAX. Besaran kenaikan Yamaha terpantau juga terbilang cukup bervariasi.

Menginjak Oktober 2019, Harga Beberapa Skutik Naik

Sedangkan untuk merk lain, sebut saja dalam hal ini untuk Honda, kenaikan harga terjadi pada Vario 125, Vario 150, Scoopy, dan PCX. Jika ditilik secara menyeluruh, tampaknya untuk jumlah besaran kenaikannya terbilang cukup sama, yakni Rp 100.000.

Sementara itu di sisi lain, untuk besaran kenaikan Rp 100.000 juga terjadi pada skutik TVS, Dazz. Hanya saja, untuk model seperti Suzuki yang terpantau tak menaikan harga skutiknya pada bulan Agustus di tahun 2018 ini.

Jika melihat kenaikan harga pada beberapa model skutik tersebut, tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya kurs dollar yang kini masih stagnan menguat di hadapan nilai rupiah. Di lain sisi, biaya pajak yang juga cukup tinggi menjadikan beberapa harga skutik alami kenaikan harga.

Terlepas dari itu, tampaknya di tahun 2018 ini, segmen skutik kedatangan satu pendatang baru pada Oktober 2019 ini. Produk tersebut adalah dari jajaran skutik premium seperti Honda Forza yang diluncuran pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIAS) pada 2-12 Agustus silam.

Tentu saja, kemunculan dari Forza menjadikannya saingan baru bagi Yamaha XMAX di kelas skutik 250. Di satu sisi, Honda Forza direncanakan dibanderol dengan harga sekitar Rp 70 jutaan.