Spesifikasi dan Harga Yamaha Jupiter Z1 Desember 2016

Spesifikasi dan Harga Yamaha Jupiter Z1 – Mengawali transisi teknologi barunya, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selain meluncurkan produk skuter matik Yamaha Mio M3 125 Blue Core yang sudah Mas Sena bahas sebelumnya, juga tak luput meluncurkan sepeda motor yang mengisi segmentasi moped (bebek) andalan mereka yakni Yamaha Jupiter Z1 terbaru. Produk terbaru YIMM yang merupakan pembaharuan dari Yamaha Jupiter Z1 generasi sebelumnya tersebut di rilis awal tahun kemarin tepatnya pada tanggal 21 Januari 2015. Bebek Sport Injeksi yang merupakan motor pendominasi dan pemenang di kejuaraan balap nasional yaitu Indoprix 2013 lalu ini akan menawarkan beberapa perubahan menjadi lebih maksimal, baik secara tampilan maupun performa. Nah apa sajakah perubahan Yamaha Jupiter Z1 dari versi sebelumnya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya Bro dan Sis!

yamaha jupiter z1

Sebenarnya untuk spesifikasi dan desain yang dimiliki oleh Yamaha Jupiter Z1 terbaru ini bisa dibilang sama persis yakni memiliki kubikasi ruang pembakaran yang berkapasitas 115 cc dengan teknologi andalan mereka yakni FI (Fuel Injection System) dan Forged Piston yang mereka unggulkan. Yang menjadi pembeda dengan generasi sebelumnya adalah penyegaran striping yang membuat lebih fresh dan tampil lebih sporty. Selain itu perbedaan lainnya yang menjadi keunggulan motor bebek andalan Yamaha Indonesia ini adalah emisi gas buangnya yang diklaim sudah memenuhi standar EURO 3 sehingga Yamaha Jupiter Z1 ini lebih ramah lingkungan. Selain itu juga masih banyak keunggulan lain pada motor Yamaha ini. Apa sajakah keunggulan tersebut? Simak ulasan lengkap yang Mas Sena berikan mengenai Yamaha Jupiter Z1 terbaru pada segmen-segmen di bawah ini!

motor yamaha jupiter z1

Spesifikasi Yamaha Jupiter Z1

Tampil Lebih Berwarna, Elegan dan Sporty

Dengan pembaharuan tampilan livery racing pada bebek tangguh andalan Yamaha yang memiliki 6 varian striping ini ternyata spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 terbaru ini tidak membuat perubahan desain yang begitu terasa. Dimana Yamaha Jupiter Z1 ini masih tampil dengan konsep desain sport bebek modern saat ini yakni memiliki sayap samping yang tegas dengan dual layer semakin menambah kesan sporty pada motor ini. Apalagi pada dada bagian depan yang memiliki bentuk seperti bebek sport mereka yakni Jupiter MX di mana memiliki lampu sein di sampingnya akan memberikan kesan motor bebek tangguh sekaligus memberikan sistem aerodinamis yang maksimal. Untuk headlamp dari spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 menggunakan 2 lampu utama yang terpisah membuat bebek andalan Yamaha ini semakin terlihat agresif dan maskulin. Sedangkan bagian belakang dari spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 yang meruncing dengan memiliki stop lamp yang menjadi satu dengan lampu sein semakin menambah kental nuansa sporty pada bebek Yamaha ini.

Dimensi Ramping yang Tangguh

Selanjutnya pada dimensi dari spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 ini juga masih sama seperti generasi sebelumnya yakni berukuran 1.935 x 680 x 1.065 mm dengan berat kosong 102 kg yang memiliki tipe rangka Steel Tube Underbone membuat motor bebek underbone Yamaha terbaru ini tetap terasa handal dan lincah untuk melaju di jalanan perkotaan. Bahkan untuk kemampuan balap motor bebek underbone Yamaha ini tidak perlu melakukan perubahan dimensi rangka yang begitu signifikan karena Yamaha Jupiter Z1 ini sangat potensial dalam berlaga di ajang balap nasional baik itu Indoprix maupun Motoprix. Di mana Yamaha Jupiter Z1 ini telah memenangkan ajang balap tersebut. Untuk kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 4,1 liter yang dirasa sudah cukup banyak untuk dapat menempuh perjalanan jauh.

spesifikasi yamaha jupiter z1

Panel Indikator Informatif

Memiliki konsep bentuk Diamond (Berlian) pada bagian speedometer dari spesifikasi Yamaha Jupiter Z1  membuat bebek underbone ini terlihat lebih elegan dan sporty. Di dalam panel speedometer Yamaha Jupiter Z1 tersebut memiliki beberapa indikator panel penunjuk yang lengkap diantarannya penunjuk kecepatan, trip meter, penunjuk posisi gigi, indikator bahan bakar yang tersedia, indikator lampu, indikator sein dan indikator mesin injeksi. Dengan beberapa indikator yang dihadirkan pada spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 ini maka akan menampilkan informasi yang mudah dibaca oleh pengendara saat mengendarai bebek underbone andalan Yamaha terbaru ini.

Kaki-Kaki yang Tangguh

Sedangkan untuk kaki-kaki dari spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 ini mengandalkan beberapa komponen yang tangguh dan dapat diandalkan. Pertama adalah ukuran ban yang sedang yakni berukuran 70/90 pada roda bagian depan dan ukuran 80/90 pada roda bagian belakang dengan mengaplikasikan velg berukuran 17 inci membuat Yamaha Jupiter Z1 ini terasa lincah dan stabil untuk melaju di jalanan umum. Selain itu suspensi yang memiliki jenis teleskopik pada bagian depan dan jenis shock breaker ganda pada sisi belakangnya akan membuat manuver dan handling pada Yamaha Jupiter Z1 lincah dan sangat mudah dikendalikan. Sedangkan untuk sistem pengereman yang mengandalkan piringan cakram dengan 1 kaliper piston tunggal pada bagian depan dan sistem tromol pada bagian belakangnya dirasa sudah cukup baik untuk mengurangi dan menghentikan laju kendaraan.

Advertisement

spesifikasi mesin yamaha jupiter z1

Dapur Pacu Tangguh, Gesit dan Irit

Pada ruang pembakaran dari spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 ini masih menggunakan mesin 4 langkah berkapasitas 113,7 cc dengan SOHC 2 valve berpendingin udara yang akan menghasilkan tenaga maksimal mencapai 10.06 PS dengan torsi maksimal mencapai 9.9 Nm tentu akan terasa sangat powerfull. Perlu diketahui bahwa dengan tenaga yang tangguh tersebut menempatkan Yamaha Jupiter Z1 pada posisi puncak pada motor bebek underbone dikelasnya. Ketangguhan tersebut sudah dibuktikan di ajang balap nasional yaitu Indoprix dan Motoprix. Di mana Yamaha Jupiter Z1 ini keluar sebagai juara pada beberapa musim balap belakangan ini. Dengan menggunakan teknologi penyuplai bahan bakar Fuel Injection System maka aliran bahan bakar akan semakin efisien dalam melakukan proses pembakaran bahan bakar. Apalagi dengan ditanamkan standar emisi gas buang EURO 3 pada model 2015 ini akan membuat bebek underbone ini ramah lingkungan. Untuk konsumsi bahan bakar dari Yamaha Jupiter Z1 tergolong sangat irit karena dengan 1 liter BBM dapat menempuh jarak hingga 69 km. Wow, sangat irit dan tangguh bukan bro dan sis?

Fitur Balap Penghasil Juara

Sedangkan untuk fitur pada spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 ini sangat berfokus ke bagian dapur pacu karena memiliki tujuan sebagai bebek underbone juara yang dapat diandalkan. Fitur tersebut adalah teknologi Forged Piston yang kuat, di mana sistem pembakaran dalam ruang bakar Yamaha Jupiter Z1 lebih awet dan ringan serta akan menghasilkan performa yang semakin maksimal. Dan teknologi Fuel Injection Yamaha yang akan menghasilkan performa dahsyat dengan meningkatkan performa dan konsumsi BBM yang mencapai 20% lebih baik. Jadi anda tidak perlu bolak-balik menuju pom bensin ketika menggunakan Yamaha Jupiter Z1 ini untuk melaju keseharian menemani anda bekerja karena motor ini tidak meminum bensin dalam jumlah yang banyak. Selanjutnya untuk urusan desain dari spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 memiliki fitur Sport-Strip Casting Wheel yang menghasilkan pionir velg dengan striping warna yang lebih sporty. New Furious Striping Desain juga bakal menampilkan striping dinamis bergaya refleksi racing dengan karakter motor kencang yang kental. Dan sistem Aerodinamic Air Flow System akan menawarkan fairing Yamaha Jupiter Z1 yang terinspirasi dari MotoGP dengan memberikan sirkulasi udara lebih besar sehingga suhu mesin akan tetap terjaga dalam kondisi yang stabil dalam performa tinggi. Anda tidak perlu takut lagi untuk memacu motor dalam kecepatan tinggi secara terus menerus ketika sedang berada dalam perjalanan yang jauh menggunakan Yamaha Jupiter Z1 karena memang sistem sirkulasi udara pada motor ini didesain dengan baik.

spesifikasi motor yamaha jupiter z1

Harga Yamaha Jupiter Z1

Ga terasa ya Bro dan Sis kita telah sampai pada segmen harga Yamaha Jupiter Z1 terbaru. Itulah dia ulasan lengkap mengenai motor bebek Yamaha dari semua sisinya. Bagaimana bro dan sis, motor bebek underbone andalan Yamaha terbaru ini sangat tangguh dan irit bukan? Menurut Mas Sena bebek underbone ini mempunyai performa yang sangat potensial untuk dimodifikasi karena spesifikasi yang ditawarkan tersebut. Sehingga Yamaha Jupiter Z1 ini sangat bisa diandalkan untuk keperluan sehari-hari maupun untuk keperluan balap kelas pemula. Meskipun berbekal mesin kecil berkapasitas 115 cc namun kemampuannya tidak bisa dipandang remeh. Apalagi untuk keperluan aktivitas harian Yamaha Jupiter Z1 ini akan menawarkan performa tangguh dan konsumsi bahan bakar yang irit. Lalu berapakah harga Yamaha Jupiter Z1 terbaru yang dipasarkan di Indonesia?

harga yamaha jupiter z1 terbaru

harga yamaha jupiter z1

Meskipun sudah mengaplikasikan standar gas buang EURO 3 ternyata banderol harga Yamaha Jupiter Z1 paling murah adalah Rp 15.250.000 saja per unitnya. Sedangkan untuk Bro dan Sis yang ingin tampilan lebih keren bisa menebus Yamaha Jupiter Z FI Furious yang dibanderol dengan harga Rp 16.050.000. Cukup kompetitif bukan motor bebek dari Yamaha ini? Konsep motor ini memang sangat keren dengan memadukan performa kuda besi yang dapat melaju dengan kecepatan tinggi dan bensin yang hemat konsumsinya. Apalagi harga Yamaha Jupiter Z1 yang ditawarkan termasuk murah lho kawan-kawan dengan mempertimbangkan spesifikasi motor yang dapat anda bawa pulang. Bagi bro yang selalu berada dalam kemacetan dikarenakan aktivitas kantor seharian yang mengharuskan bro untuk berpindah-pindah maka pilihan membeli motor ini adalah keputusan yang tepat. Selain itu bro yang hobi modifikasi serta balap dapat juga membeli Yamaha Jupiter Z1 karena motor ini tidak diragukan lagi performanya. Nah sekarang setelah mengetahui informasi lengkap mengenai spesifikasi serta harga Yamaha Jupiter Z1 terbaru apakah anda tertarik untuk membelinya?

Harga Yamaha Jupiter Z FI

Tipe Harga
Yamaha Jupiter Z CW FI Rp. 15.250.000,-
Yamaha Jupiter Z FI Furious Rp. 16.050.000,-

Perlu bro semua ketahui apabila kisaran harga Yamaha Jupiter Z1 terbaru yang Mas Sena sampaikan diatas adalah harga OTR (On The Road) wilayah Jakarta. Bro yang tinggal di luar DKI Jakarta bisa jadi akan mengalami sedikit pergeseran harga dari harga resmi yang ditawarkan. Bro yang sudah pensaran menjajal motor ini dapat mengunjungi distributor-distributor resmi Yamaha untuk menanyakan informasi lengkapnya mengenai harga Yamaha Jupiter Z1  yang berlaku di daerah anda. Menurut Mas Sena harga tersebut sangatlah sebanding dengan apa yang ditawarkan oleh bebek underbone terbaru dari Yamaha ini. Di mana selain mendapatkan performa yang tangguh dan irit bahan bakar anda juga mendapatkan motor yang memiliki emisi gas buang ramah lingkungan karena sudah mengaplikasikan standar Euro 3. Yamaha mengincar multi segmen ketika meluncurkan Yamaha Jupiter Z1 ini kepada publik penggiat otomotif. Pertama tentu saja adalah para karyawan kantor dan kelas pekerja yang membutuhkan sepeda motor dimana didalam mesinnya dibenamkan efisiensi yang tinggi dan dapat diandalkan dalam kondisi medan apapun. Lalu yang kedua adalah para penggemar balap yang hobi memodifikasi motor dan mengoprek dari kondisi aslinya karena memang kondisi Yamaha Jupiter Z1 ini sangat memadai untuk itu. Mas Sena sendiri berpendapat jika motor ini akan sukses di pasaran dengan performa yang mengagumkan serta harga jual yang tidak begitu tinggi. Tetapi semua itu kembali kepada keputusan anda untuk menentukan mana sepeda motor terbaik untuk anda beli setelah mengetahui sisi positif dan negatifnya. Segmen kesimpulan dan harga Yamaha Jupiter Z1 terbaru diatas sekaligus menjadi penanda berakhirnya ulasan lengkap Mas Sena dalam membahas pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Yamaha Jupiter MX dan Supra X 125 Injeksi FI.

Top