Nissan Siapkan MPV Berbasis Xpander

Platform Xpander Bakal Diadopsi oleh MPV Nissan – Memiliki kuasa saham sebesar 34 persen (terbesar) dari saham Mitsubishi, tentu saja membuat Nissan sebagai pemilik saham terbesar tersebut sudah cukup memiliki kuasa atas merek berlambang tiga berlian tersebut. Tentu saja, fakta ini juga membuatnya masih ke dalam lingkaran aliansi Renault-Nissan.

Nah, sebagai salah satu upaya guna menekan biaya riset dan produksi, anggota aliansi biasanya berbagi platform kendaraan. Namun, satu hal yang terbilang cukup menarik buat pasar dalam negeri adalah akan munculnya MPV Nissan yang mana nantinya akan memiliki basis sama dengan Xpander.

Platform Xpander Bakal Diadopsi Oleh MPV Nissan

Tak hanya itu, bahkan dari pihak prinsipal Jepang sendiri pun juga sempat menyebutkan pada 2019 nanti akan mulai diperkenalkan kembaran Xpander dari Nissan. Kemudian, beberapa awak media di Indonesia pun mulai membocorkan kabar produksi Nissan Xpander akan dilakukan awal 2019.

Sementara itu di satu sisi, pada saat diminati konfirmasi, pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) justru masih belum mau berkomentar.

“Kami tidak dapat berkomentar untuk hal ini karena menyangkut perusahaan lain,” ujar Prianto, HR & GA Director MMKI melalui surat elektronik pada Selasa (28/9/2018).

Dengan begitu maka sudah jelas jika nantinya kehadiran MPV Nissan dipastikan sanggup membuat persaingan di segmen MPV Sejuta umat semakin ramai. Akan tetapi, hanya saja saat ini pihak Nissan menyebut kalau produknya akan jauh berbeda, jadi tak sama seperti Avanva-Xenia.

“Soal investasi Kami memiliki kemungkinan untuk mempertimbangkan investasi tambahan dalam rangka penambahan fasilitas baru, bergantung kepada permintaan pasar domestik dan ekspor di masa yang akan datang,” Prianto.

Di satu sisi, sebagai tambahan informasi bahwa untuk jumlah kapasitas produksi pada saat ini di PT MMKI adalah 160.000 unit per tahun untuk semua model, ini maksimal. Ada kemungkinan untuk mempertimbangkan menaikkan kapasitas produksi, bergantung pada permintaan. Model yang diproduksi Xpander, Pajero Sport dan L300.

Top