Avanza Masih di Top of The Chart Penjualan Mobil di Indonesia

Mobil Terlaris di Indonesia – Anda pengguna mobil?  Kali ini kita berbincang soal mobil terlaris di Indonesia. Merk apa yang menurut anda jadi jawara kalau kita berbicara soal mobil terlaris di Indonesia?  Dari data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada tahun 2014 yang belum lama berakhir, kendaraan jenis multi guna tingkat bawah (Low MPV) memang masih paling laris. 29,9 persen dari total penjualan mobil di seluruh Indonesia dikuasai oleh jenis mobil ini. Presentase tersebut setara dengan 361.261 unit.

mobil terlaris di indonesia

Nah, dari penjualan mobil terlaris di Indonesia, ternyata top of the chart masih diduduki oleh “mobil sejuta umat”, yakni Avanza.  Meskipun, angka penjualannya anjlok 24 persen dari 213.458 unit menjadi 162.070 unit di tahun sebelumnya, mobil keluaran Toyota ini masih eksis untuk jadi yang terlaris di segmen mobil penumpang atau passanger car.

Sementara itu, posisi kedua dihuni oleh Mobilio. Honda sukses menjual tipe ini hingga  79.288 unit. Mobil yang tergolong new entry ini ternyata cukup memukau pasaran otomotif di tanah air. Hasil penjualan tersebut didapatkannya sejak pemasaran dilakukan September 2013 lalu.

Menyusul koleganya yang ada di posisi pertama, ada Toyota Agya di peringkat ketiga. Yang satu ini mewakili produk dari segmen LCGC atau mobil murah. Agya berhasil dijual sebanyak  67.074 unit. Innova pun tak mau ketinggalan dengan mengamankan posisinya di urutan kelima.  Tercatat ada 56.157 unit Innova yang terjual tahun 2014 lalu. Sementara itu, di peringkat berikutnya alias peringkat kelima, terdapat nama  Suzuki Ertiga dengan hasil 47.015 unit.

Jika sedari awal pembahasan peringkat mobil terlaris di Indonesia, kita belum menemukan nama Daihatsu, ternyata pabrikan ini berada di peringkat keenam. Adalah Xenia, yang berjasa memposisikan Daihatsu di tempat keenam dengan penjualan hingga 46.710 unit.

Beralih ke posisi tujuh, kita bertemu dengan Daihatsu Ayla.  Tipe ini mencatatkan penjualan hingga 40.775 unit. Anda yang menggunakan Toyota Rush, mobil andalan anda tersebut masuk ke urutan kedelapan dengan angka 29.609 unit. Brio Satya mencatatkan namanya di peringkat sembilan dengan 26.683 unit, dan Honda Jazz menutup daftar sepuluh besar mobil terlaris di Indonesia. Tahun 2014, tipe tersebut terjual sebanyak 22.329 unit.

Dari angka pernjualan yang tercatat, selisih jumlah antarperingkat memang tidak begitu terlalu banyak. Ini artinya memang ada persaingan yang cukup ketat. Kira-kira spesies baru apa yang akan membukukan namanya di tahun ini? Kita tunggu saja! baca juga Lamborghini Veneno Roadster dan Cadillac CTS-V 2016.

 

 

Top