Rupiah Melemah Terhadap Dollar, Harga Motor Kawasaki Masih Aman

Meski Rupiah Melemah, Harga Motor Kawasaki Masih Stabil –┬áSebagaimana kabar terakhir, di era rezim yang saat ini berlangsung, nilai rupiah memang tengah benar-benar melemah terhadap Dollar AS. Tentu saja, fakta ini sangat dikhawatirkan dapat memberikan dampak pada berbagai industri, salah satunya dari pemegang merek otomotif.

Khususnya, beberapa produsen yang sering membawa motor secara inden atau import dari luar negeri. Seperti Kawasaki yang mana termasuk dalam produsen roda dua yang banyak membawa masuk motor-motor sport, bisa jadi terpengaruh dengan nilai tukar saat ini.

Meski Rupiah Melemah, Harga Motor Kawasaki Masih Stabil

Namun, tampaknya spekulasi tersebut dibantah oleh Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Sucipto Wijono.

“Saya bisa bilang, dalam kondisi saat ini Kawasaki belum terpengaruh. Belum ada perubahan terkait kurs rupiah,” ucap Cipto saat dihubungi pada Rabu (5/9/2018).

Dalam hal ini, Cipto juga turut mengungkapkan jika hal yang mempengaruhi perubahan harga bukan pada nilai tukar mata uang. Soal harga, perubahan terpengaruh dari harga bahan pokok yang naik.

“Bahan pokok di sini adalah material untuk memproduksi unit. Selama itu belum naik kita masih belum ubah apa-apa,” ujar Cipto.

Tak sampai di situ saja, Cipto sendiri juga mengingatkan yang paling berdampak pada harga jual langsung ke konsumen adalah kebijakan pajak serta bea balik nama (BBn). Jika kedua faktor tersebut belum berubah maka dari segi harga belum akan berubah.

“Jadi sejauh ini aman. Kawasaki sendiri sedikit berbeda dengan ATPM lain, kita mengkonversi kurs untuk masalah pembiayaan. Tapi ya kita tetap hati-hati karena pasti akan berpengaruh ke daya beli,” ucap Cipto.

Sebagaimana publik mengenal, memang pabrikan asal Jepang yang satu ini selain dikenal dengan motor-motor sport bermesin besar, juga menguatkan produk mereka di motor-motor bermesin kecil. Menurut Cipto ini jadi salah satu strategi menghadapi kondisi saat ini.

“Varian kita cukup aman untuk mengejar segmen bawah. Jadi cukup tenang, meski tetap kita wajib berhati-hati,” ucap Cipto.

Top