Meski Rupiah Melemah, Harga Mobil BMW Tak Terpengaruh

BMW Indonesia Tak Terpengaruh Menguatnya Dollar – Seperti diketahui bahwa saat ini tukar rupiah terhadap dolar AS masih melemah hingga mendekati Rp 15.000. Tentu saja, dengan penguatan nilai mata uang Dollar AS pada rupiah tersebut dipastikan bakal mengancam sejumlah sektor bisnis termasuk otomotif sangat dikhawatirkan. Tak sedikit pula membuat sejumlah perusahaan bakal menaikkan harga.

Di sektor otomotif, pengaruh kenaikan dolar dianggap sangat meresahkan. Meskipun demikian adanya, namun ternyata tak semua pabrikan mobil merasakan pengaruhnya. Dimana, hal itu dialami pada merek mobil premium asal Jerman, yang tak lain dan tak bukan yakni BMW.

BMW Indonesia Tak Terpengaruh Menguatnya Dollar

Berdasarkan beberapa sumber, salah satunya yaitu Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia Jodie O’tania mengatakan bahwa untuk keseluruhan bisnis BMW Group di Indonesia sebagian besar masih mengacu pada mata uang euro, bukan dolar. Sehingga, menurut Jodie, melemahnya nilai tukar rupiah ini tak berpengaruh pada harga mobil BMW.

“Namun kalau bicara soal impact dolar pasti ada, namun BMW akan melakukan berbagai strategi untuk meminimalisir impact tersebut,” jelas Jodie saat ditemui di pabrik perakitan BMW di PT Gaya Motor, Sunter, Jakarta pada Kamis (6/9/2018).

Sementara itu di sisi lain, Jodie juga mempertegas bahwa mata uang rupiah terhadap Euro masih menguat. Oleh sebab alasan itu maka kenaikan nilai tukar dolar tak membuat harga BMW akan ikut terkerek melesat naik.

Selain itu, sebagaimana yang sudah diketahui, memang saat ini beberapa model BMW yang dipasarkan di Indonesia sudah dirakit di Tanah Air atau completely knock down (CKD). Beberapa di antaranya seperti sedan Seri 3, Seri 5, Seri 7, hingga Sports Activity Vehicle (SAV) X1, X3, dan X5.

Sedangkan di satu sisi, ada juga beberapa model BMW lain yang berstatus impor atau completely built up ( CBU) dari Jerman antara lain Seri 1, Seri 2, Seri 4, Seri 6, X4, dan BMW M Series.

Tak hanya itu saja, sebagai tambahan informasi saja bahwa belum lama ini pun, BMW Group juga telah merakit mobil mungil asal Inggris, MINI Countryman untuk pasar domestik.

Top