SOIB Racer 400, Moge Terjangkau Rasa Premium

Mengenal SOIB Racer 400 yang Dibanderol dengan Harga Bersahabat – Pasar motor modern bergaya classic di pasar Tanah Air memang bisa dibilang cukup berkembang dan menjanjikan. Bahkan, hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya peminat moge klasik yang bertebaran di Indonesia, seperti yang kebanyakan didominasi oleh Kawasaki W-series. Selain itu, pemain di segmen ini adalah Benelli Motobi-series, Viar Vintech-series, dan Royal Enfield, Kawasaki Z900RS, serta Triumph di kelas motor gede (moge).

Nah, tampaknya ada 1 moge lagi yang bisa dibilang masih jarang diketahui masyarakat, yaitu SOIB Racer 400. Motor ini adalah produk dari SOIB Motorcycle yang sebenarnya sudah dirilis sejak tahun 2015 lalu.

Mengenal SOIB Racer 400 Yang Dibanderol Dengan Harga Bersahabat

Akan tetapi, hanya saja untuk namanya sendiri terdengar sedikit asing mengingat memang tidak terlalu terkenal sebagaimana pabrikan Eropa lainnya, atau bahkan Jepang.

Padahal, jika kita melihat dari sektor konsep desain, SOIB Racer 400 hadir dengan tampilan yang kental dengan nuansa retro elegan khas motor era 1970-an. Tak hanya itu saja, bahkan aura tersebut sukses ditampilkan melalui sektor tangki, lampu-lampu, sepatbor, dan speedometer yang membulat.

Selain itu, untuk sektor kaki-kaki, SOIB Racer 400 mengandalkan suspensi depan teleskopik dan berpadu dengan pelek jari-jari (spoke wheel) dan ban berukuran 90/90-19.

Sementara itu, sektor belakang ditopang suspensi dual-shock dan ban 110/80-18 atau tersedia juga pilihan 130/80-18. Sayangnya, roda belakang hanya dikawal oleh rem tromol (drum brake).

Menginjak pada bagian permesinannnya, SOIB Racer 400 kabarnya memang dibekali mesin 400 cc, tepatnya 397,2 cc, bertenaga 26 Tk dengan torsi 30 Nm. Menariknya, meski hanya terdiri dari 1-silinder, dapur pacu ini memiliki 2 lubang header knalpot atau sering disebut dual-port. Sayangnya, motor tersebut masih mengandalkan sistem pengabutan karburator.

Sedangkan di sisi lain, berkenaan dengan soal harga, saat ini, SOIB Racer 400 hanya dipatok sekitar Rp80-90 juta. Tentu saja, banderol tersebut terbilang murah untuk sebuah moge 400 cc. Sebagai perbandingan, dengan rentang tersebut, ada Kawasaki Ninja 300 yang dibanderol Rp87 jutaan.