Harga Agya Kian Mahal, Ini Alasan Toyota Indonesia

Harga Toyota Agya Capai 150 Jutaan – Dalam jajaran mobil murah ramah lingkungan (LCGC), sebagaimana kita tahu bahwa PT Toyota Astra Motor (TAM) memiliki dua produk andalan, yaitu Toyota Agya dan Calya. Akan tetapi, berita terbaru menyebut jika harga untuk mobil murah pertama raksasa asal Jepang ini semakin mahal hingga tembus lebih dari Rp 150 juta, khususnya model Agya.

Bukan tanpa alasan mengingat berdasar atas laporan yang tertulis di website resmi Toyota Indonesia, untuk varian termurah Toyota Agya 1.0 G M/T saja dibanderol Rp 133,55 juta. Kemudian, disusul tipe 1.2 G M/T Rp 136,650 juta, 1.2 M/T TRD Rp 140,85 juta, 1.2 G A/T Rp 149,65 juta, dan 1.2 A/T TRD 153,95 juta.

Harga Toyota Agya Capai 150 Jutaan

Sementara itu, ketika ditanyakan kepada pihak Toyota terkait dengan harga Agya yang semakin mahal, Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto pun turut menjelaskan.

“Enggak, harga lebih dari Rp 150 juta kan karena TRD. Kalau tidak ada kan tidak sampai Rp 150 juta,” ujar pria yang akrab disapa Soerjo saat ditemui, beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, Soerjo sendiri juga mengatakan jika varian TRD untuk Toyota Agya ini muncul mengingat untuk mengimbangi power yang semakin membaik. Jadi, dengan tenaga yang lebih besar, tampilan kembaran Daihatsu Ayla ini diubah lebih keren dengan konsep TRD.

“Spesifikasi saja, basis juga sama. Kita juga mesti lapor ke Menteri Perindustrian (kenaikan harga mobil murah), karena kalau tidak (lapor) ya tidak bisa,” tegasnya.

Sedangkan di lain sisi, untuk harga mobil murah memang bisa terbantu dengan mengikuti inflasi, dan penembahan teknologi. Namun hanya saja, hal tersebut juga tidak bisa dilakukan sembarangan mengingat harus sesuai dengan peraturan.

“Sekarang kan tidak mau pakai LCGC lagi, jadi kementerian perindustrian menggunakan KBH2 (Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau),” pungkasnya.