Toyota Avanza Masih Andalkan Penggerak Roda Belakang

Penggerak Roda Belakang Jadi Sistem Permanen Avanza – Memasuki beberapa akhir tahun ini, industri otomotif Tanah Air memang sudah banyak kedatangan produk low multi purpose vehicle (LMPV) dengan berbagai macam model. Namun, satu yang sama bahwa kebanyakan yang hadir sudah menggunakan model sistem penggerak roda depan. Namun, bagi mobil sejuta umat, Toyota Avanza sampai detik ini dibilang masih cukup setia dengan penggerak roda belakang.

Sementara itu di satu sisi, memang kini sudah mulai beredar juga sebuah rumor yang menyebut jika nantinya model baru Toyota Avanza tengah dipersiapkan dengan sistem penggerak roda depan. Akan tetapi, bagi PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek (APM) Toyota di Indonesia masih mempertahankan penggerak roda belakang.

Penggerak Roda Belakang Jadi Sistem Permanen Avanza

Menanggapi beberapa respon tersebut, Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto pun memberikan penjelasan bahwa untuk penggerak roda di kendaraan tergantung kebutuhan infrastruktur di masing-masing negara.

“Kalau negara sudah maju, kondisi jalannya mulus penggerak roda depan bisa dijadikan pilihan. Tapi di Indonesia, secara infrastruktur yang sedang dikembangkan, kita tunggu waktu kendaraan bicara penggerak roda depan,” jelas pria yang akrab disapa Soerjo saat ditemui di Singapura beberapa waktu lalu.

Soerjo sendiri juga turut mencontohkan, seperti di Palembang, di daerah Tulang Bawang dan Tanjung Api-Api penggerak roda depan ada kerugiannya. Hanya saja, baik penggerak depan maupun belakang masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

“Penggerak roda depan MPV di Toyota juga ada Sienta. Semua ada kemungkinan, dan kita pelajari termasuk spesifikasi, power engine, FWD, RWD, semua kita studi,” pungkasnya ketika ditanya kemungkinan FWD disematkan di model Toyota.

Terlepas dari itu, rumor mengenai kehadiran Avanza facelift yang tak kunjung nongol, membuat beberapa konsumen kecewa. Bahkan, sempat dikabarkan jika kini para peminat Avanza mulai berpindah haluan ke model Rush terbaru. Tentu, sudah sepantasnya hal ini menjadi pertimbangan bagi Toyota Indonesia jika ingin mempertahankan dominasi Avanza yang masih itu-itu saja.