Tahun 2019, Nissan Bakal Ambil Alih Xpander

Mitsubishi Mulai Suplai Xpander Ke Nissan – Sejak rumor mencuat terkait Xpander yang akan diproduksi Nissan, kini akhirnya pihak Mitsubishi mulai buka suara soal kembaran Xpander. Mobil bergaya SUV Multi Guna Bawah (low multi purpose vehicle/LMPV) yang juga menjadi jagoan Mitsubishi itu akan disuplai pada awal tahun 2019 depan ke Nissan.

Kabar terkait dengan suplai Xpander ke Nissan tersebut disampaikan langsung oleh Osamu Masuko yang mana CEO Mitsubishi Motors di hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan pada Rabu (3/10/2018).

Mitsubishi Mulai Suplai Xpander Ke Nissan

“Peningkatan kapasitas produksi ini juga termasuk untuk suplai Xpander ke Nissan,” ucap Masuko kepada media.

Selain itu, Masuko sendiri pun juga turut menjelaskan jika secara jumlah unit yang akan disuplai belum tahu. Pasalnya, menurut Masuko sendiri, semua nantinya tergantung dari permintaan Nissan. Tak hanya itu saja, bahkan mulai tahun 2020 juga Nissan akan memproduksi mesin Xpander. Hanya saja, hal tersebut bukan termasuk dari bagian pengembangan investasi Mitsubishi.

“Kami tidak tahu ke depan Nisaan menjualnya berapa banyak. Soal investasi Nissan juga membuat keputusan sendiri,” kata pria berkebangsaan Jepang itu.

Sementara itu di satu sisi, Masuko sendiri juga menambahkan bahwa pada tahun fiskal 2020 kapasitas produksi tahunan akan ditingkatkan dari 160.000 unit menjadi 220.000 unit. Bahkan, untuk proses produksi, berupa perakitan Xpander sendiri pun nantinya juga sudah pasti meningkat dari 115.000 unit per tahun menjadi 160.000 unit per tahun pada tahun fiskal 2020.

Berbicara mengenai aliansi, sebagai tambahan informasi saja bahwa secara global Nissan menguasai 34 persen saham Mitsubishi. Oleh sebab itu, maka untuk memperkecil biaya riset dan produksi, antara anggota bisa berbagi platform kendaraan, salah satunya Xpander ini.

Di sisi lain, gairah Xpander yang begitu memuncaki klasemen penjualan di segmen Low MPV tampaknya juga akan sedikit terganggu dengan rumor kemunculan generasi baru Avanza-Xenia yang kabarnya siap dirilis dalam waktu dekat ini.

Top